Mahalnya Tiket Pesawat Jadi Berkah Buat Angkutan Darat

Mahalnya tarif pesawat ternyata membuat sebagian masyarakat kembali beralih menggunakan moda transportasi lain.

oleh Liputan6.com diperbarui 26 Feb 2019, 16:30 WIB
Diterbitkan 26 Feb 2019, 16:30 WIB
Tarif Tol
Sejumlah kendaraan melintasi tol dalam kota di kawasan Semanggi, Jakarta, Rabu (13/2). PT Jasa Marga Tbk (persero), mengumumkan akan melakukan penyesuaian tarif untuk 15 ruas jalan tol tahun 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Mahalnya tarif pesawat ternyata membuat sebagian masyarakat kembali beralih menggunakan moda transportasi lain. Salah satunya transportasi darat yaitu bus.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi menyebutkan fenomena tingginya harga pesawat menjadi momentum kebangkitan transportasi darat.

"Ini momentum bagi transportasi darat khususnya moda transportasi bus," kata Dirjen Budi saat ditemui di kawasan Harmoni, Jakarta Pusat, Selasa (26/2/2019).

Dia mengungkapkan salah satu bukti adanya peralihan tersebut terlihat pada rute Jakarta - Solo. Dimana jumlah penumpangnya mengalami peningkatan sejak tarif pesawat menjadi mahal.

"Sekarang kita lihat masyarakat mulai banyak gunakan transportasi bus. Misal Jakarta ke Solo tadinya memilih pesawat sekarang sudah banyak yang menggunakan bus," ujarnya.

Kendati demikian dia mengaku belum memperolah angka pasti jumlah kenaikkan penumpang bus. "Saya dapat ini sedang saya lakukan perhitungan berapa persen kenaikannya karena kemarin dari beberapa operator mengatakan sudah ada peningkatan yang sangat signifikan terhadap persepsi atau kepercayaan masyarakat untuk menggunakan bus kembali," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Daya Tarik Tol

Tarif Tol
Sejumlah kendaraan melintasi tol dalam kota di kawasan Semanggi, Jakarta, Rabu (13/2). PT Jasa Marga Tbk (persero), mengumumkan akan melakukan penyesuaian tarif untuk 15 ruas jalan tol tahun 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selain itu dia menegaskan banyaknya ruas jalan tol baru akan menjadi daya tarik tersendiri untuk memikat para pengguna bus. Terutama yang melalui tol Trans Jawa.

Oleh karena itu, dia meminta para operator bus untuk lebih meningkatkan kualitas layanannya pada penumpang.

"Saya sudah dapat opini dari masyarakat, harapan mereka, ekspektasi mereka bus tol trans jawa ini seperti apa harapannya, busnya kaya apa, layanannya kaya apa, tarifnya seperti apa dan waktu seperti apa. Minggu depan akan dipaparkan badan litbang mengenai masalah opini masyarakat setelah itu baru eksekusi," tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya