Arti Resesi, Penyebab hingga Dampak buat Masyarakat

Resesi yang dialami Indonesia merupakan dampak keberadaan pandemi Covid-19.

oleh Tira Santia diperbarui 05 Nov 2020, 14:24 WIB
Diterbitkan 05 Nov 2020, 12:00 WIB
Indonesia Bersiap Alami Resesi
Pejalan kaki menanti angkutan umum di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (23//9/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan ekonomi nasional resesi pada kuartal III-2020. Kondisi ini akan berdampak pada pelemahan daya beli masyarakat hingga PHK. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta Indonesia akhirnya masuk resesi. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2020 terkontraksi minus 3,49 persen.

Artinya, Indonesia mengalami resesi setelah dua kuartal berturut-turut mengalami pertumbuhan negatif. Di mana pada kuartal II-2020 sudah tercatat minus 5,32 persen.

Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan, pertumbuhan sebesar minus 3,49 persen tersebut terjadi secara year on year. Sementara secara kumulatif pertumbuhan ekonomi selama Januari-September tercatat mengalami kontraksi sebesar 2,03 persen.

Resesi yang dialami Indonesia merupakan dampak keberadaan pandemi Covid-19 yang menghantam segala aspek kehidupan manusia termasuk sektor ekonomi. Hal serupa terjadi pada negara lain di dunia. Sebut saja Singapura, Amerika,dan lainnya.

Lantas apa yang dimaksud resesi?

Liputan6.com merangkum pengertian resesi dari beberapa sumber. Menurut Forbes, Kamis (5/11/2020), resesi adalah penurunan aktivitas ekonomi yang signifikan yang berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Para ahli menyatakan resesi terjadi ketika ekonomi suatu negara mengalami produk domestik bruto (PDB) negatif, meningkatnya tingkat pengangguran, terjadi penurunan penjualan ritel, dan terdapat kontraksi pendapatan dan manufaktur untuk jangka waktu yang lama.

Resesi dianggap sebagai bagian yang tidak dapat dihindari dari siklus bisnis — atau irama ekspansi dan kontraksi reguler yang terjadi dalam ekonomi suatu negara.

Dikatakan jika selama resesi, ekonomi berjuang, orang kehilangan pekerjaan, perusahaan menghasilkan lebih sedikit penjualan dan output ekonomi negara secara keseluruhan menurun. Titik di mana perekonomian secara resmi jatuh ke dalam resesi bergantung pada berbagai faktor.

Pada tahun 1974, ekonom Julius Shiskin membuat beberapa aturan praktis untuk mendefinisikan resesi.

Menurut dia, hal paling populer adalah penurunan PDB selama dua kuartal berturut-turut. "Perekonomian yang sehat berkembang dari waktu ke waktu, jadi dua perempat produksi yang menyusut menunjukkan ada masalah mendasar yang serius," menurut Shiskin.

Definisi resesi ini menjadi standar umum selama bertahun-tahun.

Sementara itu, Biro Riset Ekonomi Nasional (NBER) yang secara umum diakui sebagai otoritas yang menentukan tanggal mulai dan akhir resesi di Amerika Serikat (AS) memiliki definisi sendiri tentang resesi.

"Penurunan signifikan dalam aktivitas ekonomi yang tersebar di seluruh ekonomi, berlangsung lebih dari beberapa bulan, biasanya terlihat dalam PDB riil, pendapatan riil, lapangan kerja, produksi industri, dan penjualan grosir-eceran,” menurut penjelasan NBER.

Definisi NBER lebih fleksibel daripada aturan Shiskin untuk menentukan apa itu resesi. Misalnya, virus korona berpotensi menciptakan resesi berbentuk W, di mana ekonomi jatuh seperempat, mulai tumbuh, lalu turun lagi di masa depan. Ini tidak akan menjadi resesi menurut aturan Shiskin tetapi bisa berada di bawah definisi NBER.

Apa Penyebab Resesi?

Ada lebih dari satu cara untuk memulai resesi, dari guncangan ekonomi yang tiba-tiba hingga dampak inflasi yang tidak terkendali. Fenomena ini adalah beberapa pendorong utama resesi:

- Guncangan ekonomi yang tiba-tiba

Guncangan ekonomi adalah masalah kejutan yang menimbulkan kerusakan finansial yang serius. Sebagai contoh, pada 1970-an, OPEC memutus pasokan minyak ke AS tanpa peringatan, menyebabkan resesi, belum lagi antrean yang tak ada habisnya di pompa bensin.

Wabah virus korona, yang mematikan ekonomi di seluruh dunia, adalah contoh terbaru dari guncangan ekonomi yang tiba-tiba.

- Utang yang berlebihan:

Ketika individu atau bisnis memiliki terlalu banyak hutang, biaya untuk membayar hutang dapat meningkat ke titik di mana mereka tidak dapat membayar tagihan mereka.

Meningkatnya utang tak terbayar dan kebangkrutan kemudian membalikkan perekonomian. Gelembung perumahan yang menyebabkan Resesi Hebat adalah contoh utama dari utang yang berlebihan yang menyebabkan resesi.

- Gelembung aset:

Ketika keputusan investasi didorong oleh emosi, hasil ekonomi yang buruk akan segera terjadi. Investor bisa menjadi terlalu optimis selama ekonomi kuat.

- Terlalu banyak inflasi:

Inflasi adalah tren harga yang stabil dan naik dari waktu ke waktu. Inflasi sebenarnya bukanlah hal yang buruk, tetapi inflasi yang berlebihan adalah fenomena yang berbahaya.

Bank sentral mengendalikan inflasi dengan menaikkan suku bunga, dan suku bunga yang lebih tinggi menekan aktivitas ekonomi.

Inflasi yang tidak terkendali adalah masalah yang terus berlanjut di AS pada tahun 1970-an. Untuk memutus siklus tersebut, Federal Reserve dengan cepat menaikkan suku bunga, yang menyebabkan resesi.

- Terlalu banyak deflasi:

Meskipun inflasi yang tak terkendali dapat menyebabkan resesi, deflasi bisa menjadi lebih buruk. Deflasi adalah saat harga turun dari waktu ke waktu, yang menyebabkan upah menyusut, yang selanjutnya menekan harga.

Ketika lingkaran umpan balik deflasi lepas kendali, orang dan bisnis berhenti berbelanja, yang merusak ekonomi.

- Perubahan teknologi:

Penemuan baru meningkatkan produktivitas dan membantu perekonomian dalam jangka panjang, tetapi mungkin ada periode penyesuaian jangka pendek untuk terobosan teknologi.

Pada abad ke-19, ada gelombang peningkatan teknologi hemat tenaga kerja. Revolusi Industri membuat seluruh profesi menjadi usang, memicu resesi dan masa-masa sulit. Saat ini, beberapa ekonom khawatir bahwa AI dan robot dapat menyebabkan resesi dengan menghilangkan seluruh kategori pekerjaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Tonton Video Ini


Dampak Resesi

Ilustrasi Resesi Ekonomi di Indonesia (Liputan6.com / Abdillah)
Ilustrasi Resesi Ekonomi di Indonesia (Liputan6.com / Abdillah)

Bagaimana Resesi Mempengaruhi Masyarakat?

Anda mungkin kehilangan pekerjaan selama resesi, karena tingkat pengangguran meningkat. Tidak hanya kehilangan pekerjaan, juga menjadi jauh lebih sulit untuk mencari pengganti pekerjaan karena lebih banyak orang yang menganggur.

Orang-orang yang masih bekerja juga mungkin akan mendapatkan pemotongan gaji dan tunjangan, dan berjuang untuk menegosiasikan kenaikan gaji di masa depan.

Investasi dalam saham, obligasi, real estat, dan aset lainnya juga bisa hilang saat resesi, mengurangi tabungan dan mengganggu rencana pensiun.

Lebih buruk lagi, jika Anda tidak dapat membayar tagihan karena kehilangan pekerjaan, Anda mungkin menghadapi kemungkinan kehilangan rumah dan properti lainnya.

Pemilik bisnis menghasilkan lebih sedikit penjualan selama resesi, dan bahkan mungkin bisa jadi bangkrut.

Meski demikian, resesi itu tidak berlangsung selamanya. Seperti Depresi Hebat yang pernah terjadi dunia, pada akhirnya berakhir, dan ketika itu terjadi, itu diikuti periode pertumbuhan ekonomi terkuat dalam sejarah AS.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya