Barcelona Mencoba Bangkit, Namun Masih Dibayangi Utang

Presiden Barcelona Joan Laporta mengumumkan kebangkitan klub sepak bolanya, namun bagaimana dengan utang yang masih membayangi?

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 04 Jan 2022, 16:00 WIB
Diterbitkan 04 Jan 2022, 16:00 WIB
Barcelona Resmi Perkenalkan Xavi Hernandez Sebagai Pelatih Baru
Pelatih baru FC Barcelona Xavi Hernandez (kanan) berpose di samping presiden Joan Laporta selama presentasi resminya di stadion Camp Nou di Barcelona, Spanyol, Senin (8/11/2021). (AP Photo/Joan Monfort)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Barcelona Joan Laporta mengumumkan kebangkitan klub sepak bolanya. Laporta bahkan yakin, Barcelona masih mampu menarik minat pesepak bola ternama.

"Kami sedang memproses bursa transfer musim panas. Semuanya mungkin kalau dilakukan dengan baik. Saya yakin banyak hal akan berjalan lancar. Setiap pemain itu mempertimbangkan kemungkinan datang ke sini," kata Laporta, dari laman ESPN, Selasa (4/1/2022).

"Kami juga masih punya pamor di bursa transfer. Setiap orang bisa bersiap-siap karena Barca sudah kembali; kedatangan Ferran menunjukkannya. Itu merupakan sebuah rujukan. Kebangkitan Barca adalah sebuah kenyataan dan dunia sepak bola telah menyadarinya," tambahnya. 

Barca sebelumnya membiarkan Lionel Messi dan Antoine Griezmann meninggalkan klub tersebut sebelum musim dimulai karena masalah keuangan, tetapi presiden klub Catalan itu kini telah memperingatkan rivalnya bahwa Barca siap menggelontarkan banyak dana untuk kembali ke puncak.

Setelah mengumumkan kebangkitannya, berapa harga pasar klub Barcelona? 

Dilansir dari transfermarkt.com, Barcelona kini memiliki harga pasar sebesar atau Rp 10,3 triliun.

Di antara para pemain, harga pasar tertinggi dikantongi oleh Pedri sebagai Central Midfield, sebesar 80 juta euro atau Rp 1,2 triliun.

Di sisi lain, optimisme Laporta atas bursa transfer berbanding terbalik dengan situasi di Camp Nou.

Utang Barcelona kini mencapai lebih dari 1 miliar euro atau Rp 16,1 triliun dan batas pengeluaran LaLiga mereka untuk musim ini hanya sebesar 97 juta euro.

Klub tersebut hanya dapat mengeluarkan 25 persen dari dana apa pun yang mereka simpan.

Oleh karena itu, Barca, yang berposisi di urutan kelima di LaLiga dan tergeser dari Liga Champions di babak grup, tidak dapat mendaftarkan Ferran Torres ke liga Spanyol.


Barcelona Tegaskan Tetap Daftarkan Ferran Torres

Foto: Tinggalkan Manchester City, Ferran Torres Resmi Diperkenalkan Barcelona
Sayangnya, Torres masih belum dapat didaftarkan ke skuat Barcelona karena terganjal regulasi pengeluaran gaji pemain di Liga Spanyol. (AFP/Pau Barrena)

Namun, direktur sepak bola Mateu Alemany, yang duduk di samping Laporta menjelaskan "Kenyataannya adalah ketika kami mengontraknya, kami tahu kami tidak memiliki batasan gaji".

“Sejak itu, kami telah bekerja keras dan kami yakin kami akan dapat mendaftarkannya (Torres) sebelum hari Minggu. Kami ingin dia tersedia untuk pelatih (Xavi Hernandez) sesegera mungkin," ujarnya.

Setelah menyelesaikan penerimaan Ferran Torres, yang pindah dari Manchester City dengan transfer 55 juta euro pekan lalu, Barca sangat dikaitkan dengan kepindahan striker Borussia Dortmund, Erling Haaland.

Laporta juga tidak menutup kemungkinan Barca akan mencoba menggaet pemain asal Norwegia itu di masa depan.

"Izinkan saya tidak membicarakan individual karena itu tidak menguntungkan siapapun," kata Laporta, ketika ditanya apakah Barcelona bisa mendatangkan Erling Haaland. 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya