Contoh Soal Tes Psikotes Gratis dan Jawabannya, Penasaran?

Psikotes adalah prosedur pemeriksaan yang telah mengalami pembakuan, yang dimaksudkan untuk menyelidiki dan menetapkan sifat-sifat psikis khusus individu, pengujian mental.

oleh Liputan6.com diperbarui 07 Mar 2022, 07:00 WIB
Diterbitkan 07 Mar 2022, 07:00 WIB
Mau Sukses Hadapi Tes Psikotes Menggambar? Pelajari Kiat Berikut
Mau Sukses Hadapi Tes Psikotes Menggambar? Pelajari Kiat Berikut

Liputan6.com, Jakarta Dalam proses melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, biasanya pelamar diminta untuk melakukan sejumlah tes psikotes.

Psikotes adalah prosedur pemeriksaan yang telah mengalami pembakuan, yang dimaksudkan untuk menyelidiki dan menetapkan sifat-sifat psikis khusus individu, pengujian mental.

Fungsi dari psikotes adalah mengetahui sifat, kepribadian, karakter, potensi, dan kemampuan seseorang. Melakukan psikotes adalah harus dilakukan dan didampingi oleh ahli, artinya tidak boleh hanya dengan mengandalkan sembarangan orang.

Kini, tes psikologi atau tes psikotes sudah menjadi salah satu syarat wajib untuk melamar kerja. Oleh karena itu, kamu harus sering-sering latihan dengan tes psikotes gratis.

Bahkan, di era digital ini kamu bisa mengakses tes psikotes online yang gratis, lho! Dan kamu memiliki akses untuk tes psikotes gratis.

Lantas apa saja contoh soal psikotes yang biasanya muncul? Simak ulasannya dikutip dari laman KitaLulus.com

Tes psikologi atau lebih sering disebut dengan psikotes, merupakan salah satu syarat wajib untuk melamar kerja. Psikotes memiliki arti sebagai bentuk evaluasi atau tes tertulis, visual atau verbal yang dilakukan oleh psikolog untuk menilai fungsi kognitif dan emosional seseorang.

Pada umumnya, tes psikotes dilakukan oleh perusahaan untuk mengetahui karakter dan kepribadian kamu. Hal ini karena perusahaan ingin mencari kandidat yang sesuai dan sejalan dengan visi misi perusahaan.

Masing-masing perusahaan tentunya memiliki tes psikotes yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Tes psikologi membutuhkan pemeriksa yang ahli dan terlatih serta tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang.

Kini ada banyak tes psikotes gratis yang bisa kamu akses di internet. Perlu diketahui, tes psikotes ini akan menilai berbagai kemampuan dan atribut mental, pencapaian dan kemampuan, kepribadian, dan fungsi neurologis seseorang.

Tes psikotes online yang diakses secara gratis bisa mengobservasi tingkah laku seseorang dan hasilnya akan digambarkan melalui skala angka atau berdasarkan kategori. Bahkan hingga karakter yang bisa membantu memetakan potensi dan kemampuan seseorang.

Lalu bagaimana persiapan menghadapi tes psikotes ini? Simak tips-tipsnya 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tips Persiapan Menghadapi Tes Psikotes

Agar kamu bisa menjawab tes psikotes dengan baik, benar, dan lancar, sebaiknya persiapkan dirimu. Ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk persiapan menghadapi tes psikotes. Di antaranya adalah:

1. Siapkan Mental dan Fisik

Sebelum menjawab tes psikotes gratis atau dari perusahaan, sebaiknya siapkan mental dan fisik kamu. Hal ini akan berpengaruh pada fokus dan konsentrasi kamu saat menjawab soal tes psikologi.

Sama halnya dengan fisikmu. Pastikan kamu dalam keadaan sehat dan siap. Hal ini karena tes psikotes gratis, tes psikotes online, atau tes psikotes dari perusahaan, membutuhkan waktu lama untuk menjawabnya. Dan pastikan kamu harus menyelesaikan semua soalnya, ya!

2. Pelajari Tes Psikotes dan Soal-soalnya

Di internet, ada sekali banyak contoh soal psikotes yang bisa kamu jadikan bahan persiapan. Bahkan kamu bisa latihan dengan menggunakan soal-soal dari tes psikotes gratis yang bisa diakses secara online.

Nah, biasanya pada contoh soal psikotes dari tes psikotes gratis ada penjelasan mengenai cara menjawab soalnya. Sebaiknya kamu juga mempelajari hal itu agar bisa dengan mudah menjawab tes psikotes dari perusahaan, ya!

3. Persiapkan Gadget dan Jaringan yang Stabil dan Cari Tempat Nyaman

Jika kamu ingin mencoba tes psikologi online, ada baiknya kamu menyiapkan ponsel dengan baterai penuh dan jaringan internet yang stabil. Beberapa tes psikotes gratis di internet membutuhkan performa gadget yang memadai.

Setelah semua persiapan sudah selesai, sekarang kamu tinggal mencari tempat nyaman dan aman untuk mengerjakan tes psikotes gratis. Pastikan kamu tidak terganggu atau terdistraksi selama mengerjakan contoh soal psikotes, ya!

 

Ilustrasi Melamar atau Wawancara Kerja. Foto: Unsplash/Gabrielle Henderson
Ilustrasi Melamar atau Wawancara Kerja. Foto: Unsplash/Gabrielle Henderson

Situs Tes Psikologi Online

Melamar Kerja Secara Online? Perhatikan Hal Ini
Ikuti tips berikut ini agar lamaran kerja online Anda menjadi efektif dan terasa manfaatnya.

Bagi kamu yang ingin mencoba tes psikotes online, bisa akses beberapa situs di bawah ini.

1. propfros.com

Situs propfos.com menyajikan berbagai macam contoh soal tes psikotes gratis yang bisa kamu kerjakan. Situs ini memiliki lebih dari 40 pilihan bahasa dan tentunya banyak fitur menarik yang bisa kamu coba.

Jika kamu ingin mencoba tes psikotes gratis, kamu bisa langsung klik pada kolom ‘Quizzes’ lalu pilih bahasa yang ingin digunakna, dan pilih ‘Latihan Tes Psikotes’. Kamu bisa langsung mulai mengerjakan tes psikotes online ini.

2. psikotesyuk.com

Selanjutnya ada situs psikotesyuk.com yang memberikan tes psikotes gratis. Namun, kamu perlu membuat akun sebelum menikmati tes psikotes online ini. Ada beberapa macam contoh soal tes psikotes yang bisa kamu kerjakan.

Tes psikotes gratis ini terdiri dari tes ketelitian, tes bangun ruang, tes aritmatika dasar, dan tes verbal. Dengan akun, kamu bisa melihat hasil tes psikotes online yang kamu kerjakan tadi. Situs ini juga menyediakan beberapa modul contoh soal psikotes yang bisa kamu unduh, lho.

3. latihanpsikotes.com

Situs latihanpsikotes.com lebih menyajikan contoh soal psikotes yang digunakan oleh perusahaan. Tidak hanya menyajikan tes psikotes online, kamu juga bisa mengunduh tes psikotes gratis.

Selain itu, contoh soal tes psikotes tersebut disertai dengan pembahasan dan jawabannya. Jadi kamu bisa menikmati latihan dengan tes psikotes gratis dimanapun dan kapanpun.

4. tipscv.com

Satu lagi situs yang menyediakan tes psikotes online, tipscv.com. Tidak hanya menyajikan tes psikotes gratis, situs ini juga memberikan tips seputar dunia kerja. Kelebihan dari situs ini adalah kamu bisa memilih contoh soal psikotes dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Selain itu, kamu juga bisa mengunduh tes psikotes gratis beserta pembahasan dan jawabannya tanpa harus membuat akun terlebih dulu. Sehingga kamu bisa lebih bebas dalam menyelesaikan tes psikologi ini.

5. golife.id/psikotes/

Pada situs golife.id/psikotes/ kamu bisa menemukan simulasi tes psikotes gratis. Contoh soal psikotes yang disajikan bisa digunakan untuk kebutuhan asesmen diri, tingkat intelegensi, kepribadian, dan kebutuhan tes penilaian kerja.

Selain itu, tes psikotes online ini dirancang bagi kamu untuk mengeksplorasi diri agar bisa mengetahui karakter dan potensi diri kamu. Hasil dari tes psikotes gratis ini akan terlihat ketika kamu menyelesaikan contoh soal psikotes yang diberikan.

 


Contoh Soal Psikotes

Berikut beberapa contoh soal psikotes yang sering dijumpai. Di antaranya adalah:

1. Tes Psikotes Verbal

Tes psikotes verbal meliputi sinonim (persamaan kata) dan antonim (lawan kata), analogi dan korelasi makna.

Contoh soal tes psikotes sinonim

a. INSOMNIA =

- CEMAS

- SEDIH

- TIDAK BISA TIDUR

- REALITA

Jawabannya adalah: TIDAK BISA TIDUR

Contoh soal tes psikotes antonim

b. RETRO =

- BARU

- MODERN

- CANGGIH

- LAWAS

Jawabannya adalah: MODERN

Contoh soal tes psikotes analogi kata

c. … : WISUDA = PERTUNANGAN : …

- TOGA-CINCIN

- GELAR-PELAMINAN

- BERHASIL-CINTA

- KULIAH-PERNIKAHAN

Jawabannya adalah: KULIAH-PERNIKAHAN. Sebab tujuan akhir dari kuliah adalah wisuda, dan tujuan akhir dari pertunangan adalah pernikahan.

2. Tes Psikotes Wartegg

Tes psikotes wartegg merupakan penemuan dari Ehrig Wartegg, seorang psikolog asal Jerman. Tes ini berguna untuk mengetahui karakter yang ada di dalam diri kamu. Tes ini biasa kamu jumpai dengan persegi panjang yang dibagi menjadi delapan kotak, dan kamu diminta untuk menggambar.

Selain itu, tujuan dari tes ini adalah untuk melihat kemampuan kamu dalam menyelesaikan masalah, keuletan, cara beradaptasi, kemauan, dan lainnya.

Untuk menyelesaikan tes psikotes ini, jika kamu mengerjakannya secara berurutan dari kiri ke kanan, maka kamu akan dianggap sebagai orang yang kaku atau konservatif. Namun jika kamu mengerjakannya secara acak, maka kamu akan dianggap sebagai orang yang kreatif dan inovatif.

Bagi kamu yang berjenis kelamin pria, sebaiknya hindari menggambar kotak ke-5 (di bawah kotak atas pertama dari kiri). Hal ini bisa membuat para penguji menilai bahwa kamu memiliki kelainan pada orientasi seksual. Coba untuk menggambar benda hidup pada garis lengkung, dan benda mati untuk garis lurus.

3. Tes Psikotes Aritmatika

Tes psikotes aritmatika akan kamu jumpai jika kamu melamar pekerjaan yang berkaitan dengan angka dan hitung-hitungan. Seperti staf keuangan, data analyst, atau software engineer. Untuk mengerjakannya, dibutuhkan konsentrasi dan fokus penuh.

Nilai 260% dari 1 ¾ adalah …

- 2,45

- 4,35

- 4,55

- 24,5

- 455

Jawabannya adalah: 4,55

1, 6, 4, 11, 9, 16, 16, 21, …

- 25

- 26

- 27

- 29

- 28

Jawabannya adalah: 25

 


Contoh Tes Berikutnya

4. Tes Psikotes Menggambar Orang atau Pohon

Pada tes ini, kamu diminta untuk menggambar orang atau pohon. Kamu juga tidak diperbolehkan untuk menggambar pohon kelapa atau pohon berukuran kecil. Kamu harus menggambar pohon yang memiliki ranting.

Sama halnya jika kamu ingin menggambar orang. Kamu diharuskan menggambar manusia dengan anggota tubuh lengkap dan komposisi wajah yang seimbang. Pada tes psikotes ini, keindahan gambar tidak akan menjadi bahan penilaian oleh penguji.

5. Tes Psikotes Pengelompokan Kata

Pada tes psikotes kali ini, kamu diminta untuk memilih satu kata yang tidak sesuai dengan yang lainnya. contoh soal psikotesnya adalah:

- EFEKTIF

- EFFEKTIF

- EFEKTIP

- EPEKTIP

- EVEKTIF

Jawabannya adalah EFEKTIF. Sebab kata lainnya merupakan kumpulan kata yang tidak baku.

- BELA SUNGKAWA

- HALAL BIHALAL

- MATAHARI

- BEA SISWA

- DITEMUKAN

Jawabannya adalah: MATAHARI. Sebab kata lainnya ditulis secara salah.

6. Tes Psikotes Kraepelin/Pauli (Koran)

Satu lagi contoh soal psikotes yang sering kamu jumpai. Tes psikotes koran ini berisikan soal perhitungan sederhana. Tugas kamu adalah menjumlahkan deretan angka-angka dari mulai 0-9 yang tersusun secara vertikal.

Kamu harus mempersiapkan fisik untuk mengerjakan contoh soal tes psikotes ini. Sebab, tes psikotes ini membutuhkan konsentrasi tinggi dan cukup melelahkan yang diakibatkan dari menghitung banyaknya jumlah angka yang berderet.

 Nah itulah beberapa contoh soal psikotes yang bisa kamu kerjakan. Selain itu kamu bisa mengakses tes psikotes gratis dan tes psikotes online di situs-situs yang sudah disebutkan di atas.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya