Sandiaga Uno: Pulihkan Ekonomi, BUMD Harus Berinovasi dan Tancap Gas

Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil bangkit dari pandemi Covid-19. Hal ini dilihat dari pemulihan ekonomi RI yang terus berjalan.

oleh Liputan6.com diperbarui 22 Apr 2022, 04:53 WIB
Diterbitkan 22 Apr 2022, 04:53 WIB
Sandiaga Uno
Sandiaga Uno menjelaskan kerja dari Bali (Work From Bali) akan mengikutsertakan ASN sebanyak 25 persen (Liputan6.com/Komarudin)

Liputan6.com, Jakarta Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil bangkit dari pandemi Covid-19. Hal ini dilihat dari pemulihan ekonomi RI yang terus berjalan.

Keberhasilan ini, dikatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, mengatakan bahwa kini penanganan Covid-19 di Indonesia, membaik.

“Walhasil, kita kini di tatanan ekonomi baru,” kata dia dalam TOP BUMD Awards 2022, ditulis Jumat (22/4/2022)

Sandiaga Uno menyebutkan, demi mendongkrak ekonomi lagi, dirinya kemudian meminta BUMD se-Indonesia untuk jangan cepat puas diri. “Teruslah inovasi, menaikkan kinerja, dan tancap gas,” kata Menteri Sandiaga Uno.

Di kesempatan yang sama, Kepala BPSDM Kementerian Dalam Negeri RI, Sugeng Hariyono, mengatakan bahwa dunia termasuk RI, berjuang untuk pulih dari Covid-19. Di situ, pemerintah daerah dan BUMD perlu memetakan portofolio usaha. “Petakan, mana yang perlu bertahan, perlu didorong lebih cepat, dan lain-lain,” kata Sugeng.

Membacakan sambutan dari Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian, Sugeng juga mengatakan bahwa untuk memajukan BUMD, perlu langkah integratif dan sinergi.

Sinergi tersebut bisa bagus. Misalnya, kini ada 26 BPD dengan aset Rp796,45 triliun. Kredit disalurkan di Rp473 triliun. “Dengan aset besar tentu BPD bisa dorong ekonomi,” kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Selanjutnya

Pertumbuhan Ekonomi 2022 Akan Meningkat
TOP BUMD Awards 2022 atau penghargaan BUMD yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia, telah diselenggarakan di Hotel Raffles Jakarta. Acara yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business ini, dihadiri oleh lebih dari 650 orang, dan dilaksanakan sesuai Protokol Kesehatan Covid-19. Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2022, M. Lutfi Handayani, mengatakan bahwa ajang tersebut merupakan kelanjutan dari tahun-tahun sebelumnya. Lebih lanjut, Lutfi menjelaskan, tema yang diangkat tahun ini adalah “Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD yang Berkelanjutan”. “Kita berharap, agar Manajemen BUMD tidak hanya mengejar kinerja bisnis tahunan atau dalam jangka pendek saja, tapi juga melakukan investasi agar bisnis BUMD dapat tumbuh berkelanjutan dalam jangka panjang,” pungkas Lutfi.

BI Pangkas Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Jadi 4,5-5,3 Persen

FOTO: Bank Dunia Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
Pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi akan mencapai 5 persen pada 2022

Bank Indonesia (BI) memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi domestik tahun 2022 menjadi 4,5 sampai 5,3 persen. Angka ini sedikit lebih rendah dari proyeksi awal sebesar 4,7 hingga 5,5 persen.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menjelaskan, revisi ini sejalan dengan terhambatnya laju pertumbuhan ekonomi global akibat ketegangan politik antara Rusia dan Ukraina.

"Bank Indonesia merevisi prakiraan pertumbuhan ekonomi global pada 2022 menjadi 3,5 persen dari sebelumnya sebesar 4,4 persen," ujarnya dalam video konferensi Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bulanan BI - April 2022, Selasa (19/4).

Perry menyampaikan, berlanjutnya ketegangan geopolitik Rusia-Ukraina berdampak pada pelemahan transaksi perdagangan, kenaikan harga komoditas, dan ketidakpastian pasar keuangan global

Akibatnya, tren perbaikan permintaan domestik ke depan juga akan terganggu. Hal ini karena tertahannya volume ekspor maupun kenaikan harga energi dan pangan global.

"Dengan perkembangan tersebut, untuk keseluruhan tahun 2022 Bank Indonesia memprakirakan pertumbuhan ekonomi akan mencapai 4,5-5,3 persen, lebih rendah dari proyeksi awal sebesar 4,7-5,5 persen," tekannya


Perbaikan Ekonomi

Proyeksi Ekonomi Indonesia 2022
Proyeksi Ekonomi Indonesia 2022

Meski begitu, perbaikan ekonomi domestik diprakirakan tetap berlangsung seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat. Hingga triwulan I 2022, perbaikan ekonomi terus berlanjut didukung oleh peningkatan konsumsi, investasi nonbangunan, dan kinerja ekspor sejalan dengan mobilitas penduduk dan aktivitas ekonomi yang membaik.

Hal ini tercermin dari sejumlah indikator dini pada Maret 2022, seperti penjualan eceran, ekspektasi konsumen, dan PMI manufaktur mengindikasikan terus berlangsungnya pemulihan ekonomi domestik.

Pertumbuhan ekonomi juga ditopang kinerja positif berbagai lapangan usaha, seperti industri pengolahan, perdagangan, transportasi dan pergudangan, serta informasi dan komunikasi.

Secara spasial, perbaikan ekonomi ditopang terutama oleh akselerasi pertumbuhan ekonomi Jawa dan Balinusra, disertai tetap baiknya kinerja ekonomi Sulawesi-Maluku-Papua (Sulampua), Sumatera, dan Kalimantan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya