5 Kerugian Telat Bayar Tagihan, Sepele Tapi Bisa Bikin Drama

Hidup di era digital yang berkembang pesat seperti saat ini membuat setiap orang tidak bisa lepas dari kewajiban membayar tagihan.

oleh Gilar Ramdhani pada 14 Jan 2023, 00:00 WIB
Diperbarui 12 Jan 2023, 14:35 WIB
5 Kerugian Telat Bayar Tagihan, Sepele Tapi Bisa Bikin Drama
Ilustrasi wanita sedang pusing melihat layar smartphone. (Shutterstock/fizkes)

Liputan6.com, Jakarta Drama-drama tak hanya terjadi dalam dunia seni peran dan perfilman, tetapi juga ada di dalam kehidupan nyata. Salah satu contohnya adalah drama saat bayar tagihan.

Hidup di era digital yang berkembang pesat seperti saat ini membuat setiap orang tidak bisa lepas dari kewajiban membayar tagihan. Bukan hanya mereka yang berkeluarga dan masih lajang, para pelajar yang sudah aktif berselancar internet dan bermedia sosial juga tak luput dari pengeluaran tagihan bulanan.

Meski sudah banyak teknologi yang memfasilitasi pembayaran tagihan bulanan secara otomatis, masih banyak orang-orang yang melakukan pembayaran secara manual dan juga pembayaran di menit-menit akhir atau injury time. Padahal kita tahu kalau terlambat atau melewati jatuh tempo banyak kerugian yang dialami.

Berikut 5 kerugian telat bayar tagihan, sepele sih tapi bikin drama-drama bermunculan.

1. Denda, Bisa Senilai Harga Pulsa

Setiap jenis tagihan memiliki batas maksimal waktu pembayaran, sehari terlambat membayar maka sudah langsung dihitung. Misalnya tagihan listrik, untuk batas daya 450 dan 900 Volt Ampere dikenakan Rp3 ribu per bulan, semakin tinggi daya semakin besar dendanya. Batas daya 3.500 - 5.500 Volt Ampere dikenakan denda Rp50 ribu, bisa senilai harga pulsa yang bisa digunakan internetan selama sebulan. Dan masih banyak jenis tagihan lain yang bahkan dendanya bisa lebih besar dan berlipat-lipat. Seperti bayar cicilan, pajak, dan lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Diskoneksi, Internet Putus dan Sedot Pulsa

5 Kerugian Telat Bayar Tagihan, Sepele Tapi Bisa Bikin Drama
Ilustrasi wanita terkejut melihat layar smartphone. (Shutterstock/9nong)

Gara-gara terlambat melakukan pembayaran listrik dan internet, kamu bisa mengalami diskoneksi. Hal itu tentu mengganggu aktivitas kamu tidak bisa menyalakan perlengkapan listrik dan juga tidak bisa online karena WiFi mati. Bila paket data di smartphone kamu habis, malahan dapat menyedot pulsa yang ada, kerugiannya sudah double aja.

3. Pengeluaran Jadi Membengkak

Terbiasa membayar tagihan tepat waktu atau bahkan lebih awal akan membantu kamu mengontrol dan mengamankan keuangan. Sebaliknya bila terlambat, kena denda dan diskoneksi, maka akan membuat pengeluaran bisa membengkak serta mengganggu alokasi keuangannya lainnya.

4. Perasaan Tidak Tenang dan Cemas

Bayar tagihan itu bagian dari kewajiban, bila tidak melaksanakan kewajiban pasti akan muncul perasaan tidak tenang dan cemas. Lagi asik liburan ke luar kota, tiba-tiba kepikiran listrik dan air di rumah pasti gak asik lagi. Kemana-mana jadi merasa cemas.

5. Melewatkan Promo atau Cashback

Bukan hanya harus bayar denda dan keluar uang lebih, kamu juga bisa melewatkan promo atau cashback yang biasa ditawarkan oleh penyedia layanan pembayaran. 

Nah, biar gak mengalami kerugian dan bisa merasakan banyak keuntungan dari pembayaran tagihan yang on time, buruan pakai DANA. Setelah itu, aktifkan Subscription di fitur My Bills di aplikasi DANA. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, sekaligus bikin kamu Bebas Cemas.

Mulai dari pembayaran tagihan yang otomatis tiap bulannya, ada notifikasi yang mengingatkanmu akan tagihan sehari sebelum pembayaran, ada penarikan tagihan otomatis maksimal 3 kali jika pembayaran gagal, dan semua transaksinya bisa kamu cek di menu Riwayat di DANA.

Aktifin Subscription di My Bills
Aktifin Subscription di My Bills.

Cara aktifkan Subscription mudah sekali, tidak butuh waktu lama. Pertama, tap Saya di DANA, lalu pilih My Bills. Kemudian pilih Subscription dan tap Add New Bill, lalu pilih tipe tagihan yang kamu mau. Masukan info tagihan & pilih aktifin/matiin Bayar Tagihan Otomatis sesukamu. Dengan aktifin fitur Subscription ini, dijamin bisa membantu kamu agar tidak telat bayar tagihan.

Yuk, download DANA dan aktifkan Subscription di fitur My Bills di DANA untuk bayar tagihan tepat waktu dan transaksi keuangan #BebasDrama.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya