Dorong Transformasi Digital Berbasis AI, IBM Kenalkan watsonx ke Perusahaan Indonesia

IBM menggelar acara Think Experience and Tech Summit 2023, dalam langkah mendorong pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan untuk bisnis yang siap pakai dan platform data, yaitu watsonx.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 11 Agu 2023, 23:16 WIB
Diterbitkan 10 Agu 2023, 20:45 WIB
IBM
IBM menggelar acara Think Experience and Tech Summit 2023, dalam langkah mendorong pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan untuk bisnis yang siap pakai dan platform data, yaitu watsonx.

Liputan6.com, Jakarta IBM menggelar acara Think Experience and Tech Summit 2023, dalam langkah mendorong pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan untuk bisnis yang siap pakai dan platform data, yaitu watsonx.

Acara ini mempertemukan para pakar industri, pemimpin bisnis, dan perwakilan dari Pemerintah untuk mengeksplorasi kemajuan terbaru dalam AI dan bagaimana hal tersebut dapat membantu organisasi-organisasi di Indonesia untuk mempercepat pertumbuhannya.

Presiden Direktur IBM, Indonesia, Roy Kosasih menyoroti langkah Pemerintah Indonesia yang telah merumuskan peta jalan untuk mencapai dan memungkinkan transformasi digital secara menyeluruh dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Untuk mendukung visi ini, saya melihat bahwa infrastruktur digital yang kuat dan adopsi teknologi digital, seperti otomatisasi dan analitik, akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Saya percaya organisasi perlu mempertimbangkan secara mendalam untuk menerapkan AI di seluruh alur kerja, proses bisnis, dan operasional mereka," kata Roy Kosasih dalam sambutannya, Kamis (10/8/2023).

"Kita harus berkembang di era baru AI ini dengan kepercayaan dan transparansi sebagai fondasi. IBM berusaha keras untuk memberdayakan pemerintah dan bisnis dengan platform AI watsonx yang canggih untuk mendorong pertumbuhan dan daya saing di masa yang penuh perubahan ini," lanjut Roy.

Studi CEO global2 IBM Institute for Business Value (IBV) menunjukkan, sebanyak 75 persen CEO yang disurvei percaya bahwa perusahaan yang dilengkapi dengan AI generatif termutakhir akan menghasilkan keuntungan yang signifikan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Keputusan Strategis

President Director IBM Indonesia, Roy Kosasih
President Director IBM Indonesia, Roy Kosasih. Sektor teknologi di berbagai negara di dunia tengah diramaikan oleh kehadiran teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Di dunia internet, khususnya media sosial, Generative AI pun menjadi salah satu jenis AI yang marak digunakan dan menarik perhatian banyak kalangan.

Sementara itu, sejumlah besar CEO (43 persen) telah menerapkan AI generatif untuk menginformasikan keputusan strategis, adapun 36 persen yang menggunakannya untuk keputusan operasional dan 50 persen memadukannya ke dalam produk dan layanan mereka.

Saah satu BUMN yang telah memanfaatkan teknologi AI adalah PLN Icon Plus, anak perusahaan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Perusahaan itu memanfaatkan IBM Maximo Application, memanfaatkan solusi AI yang inovatif karena percaya bahwa solusi ini akan menjadi kunci dalam meningkatkan keandalan operasinya, untuk mendukung komitmen mereka untuk dapat bertanggung jawab terhadap lingkungan.

"Kami merangkul kekuatan transformatif AI untuk meningkatkan sistem pembangkit dan distribusi listrik, sambil tetap berkomitmen pada tujuan keberlanjutan kami. Kami yakin pemanfaatan AI akan mendukung kami dalam mendorong perubahan positif, sebagai bagian dari fokus kami terhadap praktik keberlanjutan untuk masa depan yang lebih cerah," tutur Ari Rahmat Indra Cahyadi, CEO, PLN Icon Plus.

 


Watsonx Milik IBM

Logo IBM di kantor IBM, Jakarta (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Logo IBM di terpajang kantor IBM, Jakarta (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Sebagai informasi, platform watsonx terdiri dari studio watsonx.ai untuk model fondasi baru, AI generatif, dan machine learning (tersedia sekarang ); penyimpanan data watsonx.data, yang dibangun di atas arsitektur lakehouse terbuka (tersedia sekarang ), dan perangkat watsonx.governance untuk membantu memungkinkan alur kerja AI dibangun dengan tanggung jawab, transparansi, dan kejelasan (segera hadir).

watsonx dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip etika yang menjadi komitmen IBM, menyediakan akses layanan mandiri dan semua yang dibutuhkan bisnis seperti, perangkat, teknologi, infrastruktur, dan pakar konsultasi dalam skala besar di satu tempat. watsonx hadir dengan kontrol kualitas yang dibangun untuk memastikan keterpercayaan, bersama dengan perangkat-perangkat yang memungkinkan bisnis untuk menggunakan data mereka sendiri dengan aman yang secara bersamaan dapat beradaptasi secara fleksibel dengan lingkungan hukum dan peraturan yang terus berubah.

Model-model dalam watsonx memastikan akurasi dan mencegah pembuatan informasi palsu.

Selain itu, fitur keamanan dan otomatisasi watsonx juga memungkinkan para data scientists dan pengembang untuk menggunakan data perusahaan yang diatur untuk melatih model fondasi sekaligus menangani kepatuhan dan keamanan di seluruh ekosistem data.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya