Puncak Arus Mudik, Penumpang di 35 Bandara InJourney Airports Melonjak 21%

Sebanyak 35 bandara yang dikelola InJourney Airports juga melayani sebanyak 4.157 pergerakan pesawat, atau tumbuh sebesar 13 persen.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 08 Apr 2024, 10:40 WIB
Diterbitkan 08 Apr 2024, 10:40 WIB
Puncak Arus Mudik, Penumpang di 35 Bandara InJourney Airports Melonjak 21%
PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) mencatat sebanyak 577.496 pergerakan penumpang pada puncak arus mudik Lebaran 2024. (Foto: Liputan6.com/Pramita T)

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) mencatat sebanyak 577.496 pergerakan penumpang pada puncak arus mudik Lebaran 2024, yang terjadi pada Sabtu, 6 April (H-4 Lebaran). 

Jumlah ini lebih tinggi 21 persen dibandingkan dengan trafik pada periode yang sama di tahun lalu yang mencapai 476.851 pergerakan penumpang.

"Kami mencatat terdapat kenaikan yang cukup signifikan untuk pergerkan penumpang pada puncak arus mudik Lebaran tahun ini. Semoga para penumpang dapat bermudik dengan tenang dan aman," ujar Direktur Utama InJourney Airports Faik Fahmi dalam keterangan tertulis, Senin (8/4/2024).

Sebanyak 35 bandara yang dikelola InJourney Airports juga melayani sebanyak 4.157 pergerakan pesawat, atau tumbuh sebesar 13 persen.

InJourney Airports mencatat bandara dengan jumlah pergerakan penumpang tertinggi pada puncak arus mudik Lebaran, yakni Bandara Soekarno-Hatta Jakarta dengan 187.750 pergerakan penumpang.

Disusul oleh Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan 34.315 pergerakan penumpang, dan Bandara Juanda Surabaya dengan 23.087 pergerakan penumpang.

"Di tengah tingginya tren trafik, InJourney Airports melalui 35 bandara yang dikelola berkomitmen untuk dapat menghadirkan pelayanan terbaik, serta tentunya untuk mewujudkan operasional penerbangan dan bandara yang selamat, aman, dan nyaman," ujar Faik Fahmi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Puncak Arus Mudik Lebaran di Bandara Soetta Bakal Sentuh 188.795 Penumpang

Pekan Terakhir Jelang Lebaran, Bandara Soetta Mulai Dipadati Pemudik
Sejumlah calon penumpang membawa barang mereka menunggu keberangkatan di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Banten, Jakarta (9/6). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 188.795 penumpang diprediksi memenuhi Bandara Internasional Soekarno Hatta atau Bandara Soetta pada saat puncak arus mudik Lebaran 2024 pada 6 April 2024. Jika jumlah prediksi itu benar, pergerakan penumpang pada 2024 sudah menyamai sebelum pandemi COVID-19 pada 2019.

EGM Bandara Soekarno Hatta, Dwi Ananda Wicaksana mengungkapkan, perkiraan trafik tertinggi penumpang pada arus mudik Lebaran 2024 tersebut, akan terjadi pada H-4 Lebaran atau sekitar 6 April 2024. Pada saat itu, pergerakan penumpang di dalam satu hari penuh, aka nada 188.795 pax.

"Itu artinya naik 7 sampai 8 persen bila dibandingkan tahun lalu, atau kalau proyeksi 2024 ini benar, yakni pergerakan penumpang mencapai 188 ribu lebih pax, maka hampir 100 persen dibandingkan tahun 2019 atau sebelum pandemi. Jadi itu cukup bagus,”ungkap Dwi Ananda.

Bukan hanya pada saat puncak arus mudik, Bandara Soekarno Hatta (Bandara Soetta) juga masih akan dipenuhi penumpang pada saat arus balik terjadi. Puncaknya, diprediksi terjadi pada H+4 atau pada 15 April 2024. "Jumlah prediksinya lebih tinggi lagi dibanding arus mudik Lebaran, yakni sebanyak 192.054 pax,” ujar dia.

Meski prediksi pergerakan penumpang meningkat bahkan bisa disamai dengan 2019 atau sebelum pandemi COVID-19 melanda, pergerakan pesawat dirasa tidak terlalu signifikan. Hanya saja, tingkat keterisian atau okupansinya yang sudah lebih baik.

"Pada saat puncak arus mudik Lebaran diperkirakan ada pergerakan 1.212 penerbangan pesawat. Sementara puncak arus baliknya, mencapai 1.117 pergerakan pesawat,”ungkap Dwi Ananda.


Operasikan Tiga Runway

Jadi Puncak Arus Mudik, Petugas Siaga 4 Jam Sebelum Terjadi Antrean di Bandara Soetta
Sebanyak 188 ribu penumpang, diprediksi memadati Bandara Internasional Soekarno Hatta pada hari ini, Sabtu (6/4/2024). Hari ini menjadi puncak arus mudik Lebaran 2024 di bandara tersebut.

Sementara, untuk memperlancar pergerakan pesawat, APII memastikan, tiga runway sudah dioperasikan selama 24 jam. Artinya, bisa mengurai kepadatan pesawat, terutama di jam-jam sibuk.

"Runway 3 semula atau tahun lalu hanya beroperasi 12 jam, kini semua sudah siaga beroperasi 24 jam," ujar dia.

Meski begitu, Dwi Ananda mengimbau agar para maskapai untuk lebih koperatif, terutama bekerjasama dengan ground handling. Misalnya saja, delay akibat cuaca atau rotasi pesawat, diharapkan airlines juga menginformasikan secepatnya kepada penumpang.

"Segera informasikan ke penumpang, sehingga mungkin kita juga bisa berikan informasi lebih awal ke penumpang. Lalu beri kompensasi, makanan atau minuman, tentu kita kasih hiburan juga di terminal," tutur dia.==

 


Puncak Arus Mudik Hari Ini, Petugas Bandara Soetta Siaga 4 Jam Sebelum Antrean Panjang

Pekan Terakhir Jelang Lebaran, Bandara Soetta Mulai Dipadati Pemudik
Sejumlah calon penumpang membawa barang mereka di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Banten, Jakarta (9/6). Dengan rincian keberangkatan 84.945 domestik dan 129 internasional. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 188 ribu penumpang, diprediksi memadati Bandara Internasional Soekarno Hatta pada hari ini, Sabtu (6/4/2024). Hari ini menjadi puncak arus mudik Lebaran 2024 di bandara tersebut.

"Hari ini menjadi puncak arus mudik. Kita prediksi hari ini ada 1.200 penerbangan, lalu dengan total penumpanh 188 ribu penumpang,"ungkap EGM Bandara Soekarno Hatta, Dwi Ananda Wicaksana, Sabtu (6/4/2024).

Dwi Ananda pun mengungkapkan, kepadatan sudah terjadi, terutama pada pukul 08.45 Wib, sudah terjadi di area Check In Pelita Air dan Garuda Indonesia. Dengan begitu, dipastikan terjadi lonjakan penumpang dan diharapkan mencapai angka prediksi yang sudah ditetapkan.

Untuk itu, sejumlah langkah antisipasi untuk mengurai kepadatan itu terus dilakukan, baik dilakukan Angkasa Pura II maupun oleh pihak maskapai. Misalnya saja, dengan membentuk tim yang dikepalai sesuai dengan job desk masing-masing. 

"Sehingga, 4 jam sebelum terjadi kepadatan mereka sudah di posisi masing-masing. Jadi tadi kita lihat, tidak ada keterlambatan petugas di posisinya,"ungkap Dwi Ananda.

Kepadatan penumpang di Bandara Soekarno Hatta pun diprediksi bukan hanya pada pagi hari, melainkan akan terjadi secara bergelombang. Misalnya saja, di Terminal 1 dan 2 terjadi kepadatan di pukul 05.00 sampai 08.00 pagi, lalu di Terminal 3 mulai dari jam 07.00 pagi, lalu 10.00 pagi.

"Sore nanti agak landai, nanti malam padat lagi untuk Indonesia bagian timur. Lalu disusul penerbangan internasional pada sore hingga malam hari,"katanya.

Seperti diketahui, pada pagi ini ratusan ribu penumpang padati Terminal 1, 2 dan 3 Bandara Soekarno Hatta di hari puncak arus mudik Lebaran 2024. Sejumlah petugas turun tangan lembantu mengurai kepadatan antrean di area check in maskapai.

 

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya