Gara-Gara Miliarder Ini, MU Terancam Gagal Berlaga di Liga Europa 2024

Kehadiran miliarder Sir Jim Ratcliffe di Manchester United rupanya bukan hanya membawa angin segar dengan kucuran dananya, tetapi juga membuat MU terancam batal bermain di kompetisi Liga Europa 2024.

oleh Septian Deny diperbarui 29 Mei 2024, 17:00 WIB
Diterbitkan 29 Mei 2024, 17:00 WIB
Foto: Derby Manchester Terwujud, MU Lolos ke Final Piala FA setelah Atasi Perlawanan Pantang Menyerah Coventry hingga Adu Penalti
Selebrasi para pemain Manchester United merayakan gol pertama ke gawang Coventry City yang dicetak Scott McTominay (tengah) pada laga semifinal Piala FA 2023/2024 di Wembley Stadium, London, Minggu (21/4/2024). (AP Photo/Alastair Grant)

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran miliarder Sir Jim Ratcliffe di Manchester United rupanya bukan hanya membawa angin segar dengan kucuran dananya, tetapi juga membuat MU terancam batal bermain di kompetisi Liga Europa 2024.

Dikutip dari kanal Bola Liputan6.com, akar permasalahan muncul di mana UEFA memiliki aturan ketat mengenai kepemilikan multi-klub, yang dirancang untuk mencegah dua klub dimiliki oleh organisasi yang sama berkompetisi di turnamen yang sama seperti Liga Europa.

Seperti diketahui, Sir Jim Ratcliffe merupakan salah satu pemilik Setan Merah. Namun kepemilikan saham di Setan Merah justru mengancam harapan United untuk bersaing di Eropa musim depan.

Punya Saham Selain di MU

Pasalnya, selain memiliki saham di Manchester United, miliarder asal Inggris itu juga memiliki klub Ligue 1 Nice, yang lolos ke Liga Europa 2024/2025 usai finis kelima di kompetisi papan atas Prancis musim ini.

Sebagaimana diketahui, Manchester United nyaris melewatkan kompetisi Eropa setelah hanya mampu finis di posisi 8 klasemen Liga Inggris 2023/2024. Namun, prestasi Setan Merah terselamatkan usai tim asuhan Erik ten Hag meraih kemenangan mengejutkan 2-1 atas Manchester City di final Piala FA pada Sabtu lalu.

Tapi, kabar buruk datang lagi, karena MU masih berpotensi tersingkir dari kompetisi Liga Europa musim depan meski jadi juara Piala FA. Ada masalah teknis yang masih bisa menghalangi mereka berpartisipasi di kompetisi klub terbesar kedua Eropa itu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Profil Sir Jim Ratcliffe

Foto: Sir Jim Ratcliffe, Miliarder Inggris yang Dikabarkan Tertarik Beli Manchester United
Sir Jim Ratcliffe (tengah) sendiri merupakan miliarder Inggris yang lahir di Failsworth, Manchester. Ia mengungkapkan bahwa sejak kecil dirinya memang merupakan penggemear MU. (AFP/Valery Hache)

Menurut The Sun, dia merupakan pemilik Ineos, perusahaan petrokimia bernilai miliaran pound dengan sejarah memiliki dan mengelola tim olahraga. Perusahaan saat ini memiliki klub Prancis Nice dan klub Swiss Lausanne, serta saham ketiga di tim Formula Satu Mercedes. 

Pengalaman dalam bisnis olahraga dan rekam jejak kesuksesan yang terbukti dapat memberinya keuntungan dalam upayanya untuk mengambil alih Man Utd.

Jim Ratcliffe dibesarkan di gedung dewan di Failsworth, Lancashire. Dia bersekolah di Beverley Grammar School dan University of Birmingham, di mana dia memperoleh gelar di bidang teknik kimia.

Sosok kelahiran 18 Oktober 1952 tersebut kemudian belajar akuntansi manajemen di London Business School. Dia memulai kariernya di Esso sebelum pindah ke Advent International pada 1989.

Pada usia 40 tahun, Sir Jim Ratcliffe ikut mendirikan INSPEC dan pada 1998 dia membentuk Ineos, membeli mitra-mitranya. Ineos sekarang bernilai 35 miliar pound dan memiliki omset 45 miliar pound pada 2018.

Ratcliffe disebut sebagai orang terkaya di Inggris. Dia memiliki kekayaan 15 miliar pound atau sekitar Rp 280 triliun dan telah pindah ke Monaco untuk menghindari pajak.

Dia memiliki banyak properti di Chelsea dan Hampshire sebelum pindah ke Monaco, di mana sekarang telah menghemat pajak hingga 4 miliar pound. Pria berusia 70 tahun itu juga memiliki kapal pesiar super, termasuk Hampshire II, yang harganya sekitar £130 juta.

Karena sifatnya yang tertutup, Ratcliffe diberi nama panggilan oleh anggota stafnya dan saingan di industri tersebut. Julukan yang melekat pada miliarder itu adalah Dr. No, penjahat dalam film James Bond.


Pembeli potensial

Foto: Sir Jim Ratcliffe, Miliarder Inggris yang Dikabarkan Tertarik Beli Manchester United
Ketertarikan miliarder kaya raya asal Inggris, Sir Jim Ratcliffe terhadap MU tampaknya juga harus mendapat persaingan. Perusahaan Amerikas Serikat, Apollo dikabarkan juga memiliki ketertarikan untuk membeli sejumlah saham Manchester United. Bahkan, diskusi awal antara Apollo dan Glazer dikabarkan sudah terjadi. (AFP/Valery Hache)

Menurut The Sun, minat Sir Jim Ratcliffe untuk membeli Manchester United pertama kali dilaporkan di musim panas 2021. Dia kemudian mengajukan tawaran ke Chelsea pada April 2022 setelah berdiskusi dengan mantan ketua Bruce Buck.

Ini karena sanksi yang diberikan kepada Roman Abramovich yang mengakibatkan penjualan paksa. Namun, tawaran untuk Chelsea tidak berhasil.

Berbicara setelah penjualan Chelsea, Ratcliffe berkata tentang MU (via The Sun): "Jika itu dijual di musim panas, ya, kami mungkin akan mencobanya, mengikuti dari Chelsea. Tetapi, kami tidak bisa duduk berharap suatu hari nanti United akan tersedia."

Sekarang Man Utd telah tersedia, juru bicara Ratcliffe berkata (melalui The Sun): "Jika klub tersebut dijual, Jim jelas merupakan pembeli potensial. Jika hal seperti ini memungkinkan, kami akan tertarik untuk membicarakan kepemilikan jangka panjang."

Pemilik baru akan benar-benar menandai awal baru bagi Setan Merah. Ini mengingat mereka baru saja menunjuk Erik ten Hag sebagai manajer.

Infografis transfer MU - November 2021
Infografis transfer MU. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya