Populasi Menurun jadi Risiko Hambatan Kinerja Ekonomi China

Menurut pengamat, menaikkan usia pensiun kini menjadi salah satu dari sedikit pilihan untuk keseimbangan fiskal jangka panjang di China.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 05 Jul 2024, 07:00 WIB
Diterbitkan 05 Jul 2024, 07:00 WIB
Populasi Menurun jadi Risiko Hambatan Kinerja Ekonomi China
Penurunan pada populasi China menimbulkan kekhawatiran terkait dampak terhadap perekonomian negara itu (Xinhua/Mao Siqian)

Liputan6.com, Jakarta - Penurunan pada populasi China menimbulkan kekhawatiran terkait dampak terhadap perekonomian negara itu, yang berisiko mengurangi angkatan kerja, dan memberikan tekanan pada kebijakan fiskal.

"Populasi usia kerja (di China) akan turun begitu cepat dalam dekade berikutnya, sehingga perekonomian China harus menghadapi hambatan sebesar 1% dalam pertumbuhan PDB per tahun selama 10 tahun ke depan," ungkap Darren Tay, kepala risiko negara Asia di BMI Country Risk & Industry Analysis, dikutip dari CNBC International, Jumat (5/7/2024).

"Ketegangan fiskal akibat penuaan adalah hal yang mendesak dan mengkhawatirkan," kata Economist Intelligence Unit.

Menurut EIU, menaikkan usia pensiun kini menjadi salah satu dari sedikit pilihan untuk menjaga keseimbangan fiskal jangka panjang di China.

"Perhitungan kami menunjukkan bahwa jika usia pensiun dinaikkan menjadi 65 tahun pada tahun 2035, kekurangan anggaran pensiun dapat dikurangi sebesar 20% dan pensiun bersih yang diterima dapat ditingkatkan sebesar 30%, yang berarti meringankan beban pemerintah dan rumah tangga," ujar dia.

Populasi China telah menurun selama dua tahun berturut-turut pada 2023 menjadi 1,409 miliar orang, turun 2,08 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya, menurut data dari Biro Statistik Nasional negara itu.

Jumlah tersebut lebih besar dari penurunan populasi sekitar 850.000 pada 2022, tahun pertama jumlah kematian melebihi jumlah kelahiran di negara tersebut sejak awal tahun 1960an selama krisis Kelaparan Besar.

"Ini adalah konsekuensi dari kebijakan satu anak yang diterapkan pada tahun 1980an," ujar Erica Tay, direktur penelitian makro di Maybank.

Populasi China diperkirakan akan menyusut menjadi 1,317 miliar pada tahun 2050, dan turun hampir setengahnya menjadi 732 juta  pada tahun 2100.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tingkat Kesuburan China Menurun Lebih Cepat Dibanding Korea dan Jepang

Serunya Keliling Kota Shenzhen dengan Bus Wisata
Seorang jurnalis mengambil foto di dalam sebuah bus wisata di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China (22/10/2020). Shenzhen pada Kamis (22/10) meluncurkan tiga jalur bus wisata bagi wisatawan, yang masing-masing menampilkan budaya, teknologi, dan pemandangan malam kota tersebut. (Xinhua/Mao Siqian)

Ekonom senior di The Economist Intelligence Unit (EIU) menyoroti tingkat kesuburan di China menurun lebih cepat dibandingkan negara-negara lain di kawasan Asia Timur seperti Korea Selatan dan Jepang

Dia mengatakan ketiga negara tersebut terkena dampak besar dari populasi yang menua dengan cepat, yang sebagian besar disebabkan oleh peningkatan standar hidup, yang memiliki "hubungan terbalik yang sangat kuat dengan tingkat kesuburan.:

Menyusutnya tenaga kerja

Penurunan tingkat kesuburan memberikan tekanan pada perekonomian dan masyarakat secara luas seiring dengan menyusutnya populasi pekerja.

"Tingkat kelahiran di suatu negara akan berdampak pada pertumbuhan populasi usia kerja, sekitar dua dekade ke depan," kata Tay dari Maybank.

 


Generasi Muda Akan Terbebani

FOTO: Shanghai Akan Kembali Dibuka
Para komuter yang mengenakan masker menunggu di persimpangan kawasan pusat bisnis di Beijing, China, Selasa (31/5/2022). Otoritas Shanghai mengatakan mereka akan mengambil beberapa langkah besar pada Rabu untuk membuka kembali kota terbesar di China setelah dua bulan penguncian COVID-19. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Selain itu, penurunan tingkat kesuburan dapat berdampak pada rasio lansia yang membutuhkan dukungan dari generasi muda, yang dapat memberikan beban berlebihan pada sistem layanan kesehatan dan pensiun suatu negara, kata Tay dari Maybank.

Pada akhirnya, beban generasi muda akan bertambah karena mereka tidak hanya perlu merawat anak-anak mereka sendiri, tetapi juga orang tua mereka yang sudah lanjut usia.

Pergeseran demografis di beberapa wilayah Asia merupakan masalah struktural yang memerlukan upaya pemerintah yang penuh tekad dan holistik, baik dalam kebijakan fiskal maupun moneter, jelas dia.


Produksi Kendaraan Listrik di China Diprediksi Tembus 10 Juta Unit

BYD
Berada di Kawasan Pusat Bisnis Sudirman, Jakarta, dealer flagship BYD Harmony Sudirman 4S dekat dengan jalan utama kota dan memiliki akses transportasi yang nyaman,

Sebelumnya, pada acara Summer Davos WEF 2024 di Dalian, Kamis (26/6/2024), Wan Gang, Ketua Asosiasi Sains dan Teknologi Tiongkok memperkirakan bahwa produksi kendaraan listrik China akan melebihi 10 juta unit pada 2024. Berdasarkan data 2023, perkiraan jumlah ini akan meningkat hampir 30 persen dari tahun ke tahun.

Meskipun begitu, disitat dari ThePaper, dari Carnewschinana, Wan mengakui industri kendaraan listrik Negeri Tirai Bambu tengah menghadapi beberapa tantangan.

Dirinya mencontohkan, isi-isu seperti pemasangan tiang pengisian daya di komunitas pemukiman lama, dan penyelesaian masalah pengisian daya di jalan raya, terutama selama musim turis menjadi beberapa masalah terkait perkembangan kendaraan listrik China.

Selain itu, Wan menyatakan, industri juga perlu meningkatkan digitalisasi untuk memberikan informasi kepada pengemudi mengenai waktu dan lokasi pengisian daya, sehingga pemilik mobil listrik tidak perlu khawatir mencari tempat untuk mengisi baterai.

Mengenai kegilaan yang terlihat di industri kendaraan listrik China, Wan menunjukkan bahwa ini adalah semacam kecemasan transformasi.

Ia menjelaskan, persaingan pasar otomotif selama ini sangat ketat, namun harus tetap sehat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang beragam.

Namun saat ini, perusahaan kendaraan listrik Tiongkok terlalu bersemangat dan ingin meraih pangsa pasar yang lebih besar.

Wan percaya bahwa produsen mobil Tiongkok harus lebih fokus untuk menjangkau target pelanggan, dan menekankan kualitas kendaraan listrik, daripada hanya bersaing dengan harga rendah.

 

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya