Membedah Maskawin Thariq Halilintar-Aaliyah Massaid Rp 26.072.024, Ada Makna Rahasia

Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid resmi menikah dengan maskawin berupa uang tunai sebesar Rp26.072.024. Apa maknanya?

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 26 Jul 2024, 18:00 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 18:00 WIB
Pernikahan Thariq Halilintar dan Aaliyah
Potret Akad Nikah Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid (Sumber: Youtube/Thariq Halilintar)

Liputan6.com, Jakarta Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid kini resmi menjadi suami istri setelah melangsungkan ijab kabul di Hotel Raffles, Jakarta Selatan, pada Jumat pagi. Momen sakral Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid ini dihadiri oleh keluarga dan kerabat dekat.

Thariq Halilintar menikahi Aaliyah Massaid dengan maskawin berupa uang tunai sebesar Rp26.072.024. Jumlah ini dipilih sebagai simbolis dari tanggal pernikahan mereka, yaitu 26 Juli 2024.

"Ananda Muhammad Thariq Attamimi bin Halilintar, saya nikahkan dan kawinkan anak dari almarhum kakak saya, Aaliyah Annisa Jeffar Massaid binti Adji Massaid kepada engkau dengan maskawin uang tunai Rp26.072.024," ujar Tjandra Mudji Massaid, wali nikah, saat prosesi ijab kabul.

Thariq dengan mantap menjawab, "Saya terima nikah dan kawinnya Aaliyah Annisa Jeffar Massaid binti Adji Massaid dengan maskawin tersebut tunai," yang kemudian diikuti oleh pernyataan sah dari para saksi.

Uang maskawin lebih dari Rp26 juta itu dipamerkan dalam sebuah bingkai yang indah, dengan inisial nama pengantin "AT" (Aaliyah dan Thariq) di atasnya. Pemandangan ini menjadi sorotan usai prosesi ijab kabul.

Setelah ijab kabul, Thariq dan Aaliyah menandatangani buku nikah sebagai tanda resmi pernikahan mereka. Acara kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan nasihat pernikahan dari Habib Husein Jafar, yang memberikan wejangan tentang kehidupan berumah tangga.

Makna di Balik Maskawin

Berbeda dengan ekspektasi banyak orang, maskawin yang diberikan Thariq Halilintar kepada Aaliyah Massaid bukanlah permintaan khusus dari sang istri.

Justru, Thariq-lah yang secara inisiatif memilih angka tersebut. Dalam konferensi pers, Thariq menjelaskan bahwa Aaliyah tidak memiliki permintaan khusus terkait maskawin.

"Aal tidak meminta apa-apa, jadi saya sempat bingung," ungkap Thariq.

Akhirnya, ia memutuskan untuk memberikan angka Rp 26.072.024 yang memiliki makna mendalam bagi keduanya.

Angka ini tidak hanya merepresentasikan tanggal pernikahan mereka, tetapi juga memiliki kesamaan dengan maskawin yang pernah diberikan oleh ibunya kepada almarhum ayahnya.

Dengan memberikan maskawin Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid ini, Thariq berharap dapat memberikan kenangan indah dan bermakna bagi Aaliyah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Thariq Halilintar Deg-degan Saat Ijab Kabul, Khawatir soal Nama Aaliyah yang Panjang

Presiden Jokowi di pernikahan Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid (YouTube/Thariq Halilintar)
Presiden Jokowi di pernikahan Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid (YouTube/Thariq Halilintar)

 Thariq Halilintar mengungkap pengalaman melakukan prosesi ijab kabul di hadapan Mudji Massaid, yang menjadi wali nikah Aaliyah Massaid. Diakui Thariq, momen itu yang paling menegangkan mengingat nama Aaliyah yang cukup panjang.

Thariq Halilintar harus mengingat nama lengkap Aaliyah beserta nasabnya, yakni Aaliyah Annisa Jeffar Massaid binti Raden Pandji Chandra Pratomo Samiadji Massaid. Meski begitu, ia bersyukur dapat melalui momen ijab kabul dengan lancar dan sangat lantang.

"Jujur itu deg-degan banget sih, karena nama kamu cukup panjang ya," aku Thariq Halilintar usai akad nikah di Raffles Hotel, Jakarta Selatan, Jumat (26/7/2024).

"Tapi alhamdulillah (lancar). Tadi nggak satu tarikan nafas sayang, jadi pada saat aku ngomong langsung aja. Makanya cepat banget," sambung Thariq Halilintar.


Berlatih

Aaliyah yang berkebaya putih dan kain batik kecokelatan memesona dengan riasan pengantin Jawa Solo.
Aaliyah Massaid yang berkebaya putih dan kain batik kecokelatan memesona dengan riasan pengantin Jawa Solo. Penampilannya itu menjadi perdebatan warganet yang merasa riasan wajahnya tidak membuat orang lain pangling. (Dok: YouTube Thariq Halilintar)

Thariq mengaku sempat berlatih melafalkan ijab kabul sehari sebelum proses itu digelar. Ia sudah memprediksi, momen itu akan membuat dadanya berdegup kencang.

"Aku menghafalnya semalem dong. Karena pasti di meja itu deg-degan luar biasa. Satu komitmen sepanjang masa. Dunia bahkan akhirat, bener-bener rasanya tuh huh," ujarnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya