BRI Bikin Bank Terapung Demi Layani Pulau-pulau Kecil

Kapal ini nantinya akan singgah di pulau-pulau kecil setidaknya selama 3 hari per pulau.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 23 Okt 2013, 19:53 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2013, 19:53 WIB
atm-bri-2-130513b.jpg
PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) merencanakan akan meluncurkan bank terapung untuk melayani nasabah-nasabah di beberapa pulau-pulau terpencil.

Direktur Utama BRI Sofyan Basir mengatakan untuk saat ini BRI mengaku sedang mendesain kapal tersebut, dan rencananya akan mulai pembangunan di tahun 2014.

"Banyak masyarakat itu di pulau-pulau kecil terutama di Indonesia timur itu ingin ada bank, untuk itu kami sedang desain kapal itu, tahun depan kita buat," ungkapnya di Gedung BRI, Jakarta, Rabu (23/10/2013).

Kapal ini nantinya akan singgah di pulau-pulau kecil setidaknya selama 3 hari per pulau dan kemudian setelah itu melanjutkan perjalanan kembali ke kota besar untuk pengisian uang tunai dan bahan bakar.

"Dia (kapal) online pakai satelit, nanti dia keliling ke pulau-pulau kecil itu nanti kalau sudah ngetemnya di kota besar," tegasnya.

Kapal yang di desain dengan panjang 16 meter dengan lebar 6 meter-7 meter ini akan mampu mengangkut setidaknya 6 orang, yang diantaranya untuk pelayanan layaknya kantor perbankan melalui Teller, Custemer service dan pelayanan lainnya.

Tahun 2014 rencanya BRI akan membuat dua buah kapal dan pada tahun itu juga ditargetkan mampu membuat setidaknya 6 kapal.

Namun sayangnya saat dikonfirmasi nilai investasi mengenai pembuatan kapal itu, Sofyan enggan mengungkapkannya.

"Ada, sedang dihitung, tergantung mewah atau tidak," tutupnya. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya