Pembalap Non Unggulan Berjaya di Albert Park

Rookie McLaren-Mercedes. Kavin Magnussen menempati podium 3.

oleh Rejdo Prahananda diperbarui 16 Mar 2014, 16:26 WIB
Diterbitkan 16 Mar 2014, 16:26 WIB
Nico Rosberg (WILLIAM WEST / AFP)
Nico Rosberg (WILLIAM WEST / AFP)

Liputan6.com, Melbourne Balapan F1 seri pertama musim 2014 di sirkuit Albert Park, Australia menyisakan banyak kejutan. Pemabalap unggulan bertumbangan di lap-lap awal lomba yang berlangsung Minggu, (16/3/2014).

Peraih pole-position, Lewis Hamilton harus rela meninggalkan balapan lebih cepat setelah di lap kedua, mobilnya mengalami kerusakan. Sebaliknya, rekan satu tim Hamilton, Nico Rosberg justru tampil gemilang. Pembalap asal Jerman itu mampu mempertahankan posisi terdepan hingga balapan usai.

Atas pencapaian itu, Rosberg tidak ingin cepat berpuas diri. Menurut dia, kemenangan di sirkuit Albert Park tidak bisa dijadikan tolak ukur, bisa tampil konsisten di seri-seri selanjutnya.“Kami masih melakukan evaluasi. Perjalanan masih panjang. Lawan kami tidak peranh tidur dan akan mempersiapkan diri dengan matang untuk menghadapi GP Malaysia,” kata Rosberg usai lomba dilansir dari Autosport.

Rosberg tampil garang sepanjang 57 putaran. Pembalap Jerman ini mampu mengatasi tekanan dari para pesaingnya hingga dia mengunci gelar juara seri pembuka musim 2014. Tampil sebagai juara di seri pembuka, Rosberg seakan memberikan sinyal kuat, bisa mematahkan dominasi Sebastian Vettel.

Posisi dua dan tiga masing-masing ditempati pembalap Red Bull Renault. Daniel Ricciardo yang menyentuh garis finis di peringkat dua. Sedangkan, podium tiga ditempati pembalap debutan Kevin Magnussen yang membela McLaren-Mercedes. Sukses dua pembalap itu merebut podium sebelumnya tidak pernah diprediksi.

“Saya bahkan tidak percaya dengan keberhasil ini. Saya memang tidak juara, tapi momen ini seperti kemenangan,” seru Magnussen dikutip dari Autosport. “Sungguh, ini pengalaman luar biasa buat saya sebagai rookie,” sambungnya. Suksesor Sergio Perez itu menyatakan, kerja keras tim membangun mobil mulai menampakkan hasil.

Di lain pihak, Ricciardo tidak menyangka bisa mendapatkan hasil gemilang dalam balapan ini. Mantan pembalap Scuderia Toro Rosso itu tidak pernah memprediksi bisa finis di podium dua mengingat persiapan mobil yang belum optimal.

“Melihat persiapan kami ke belakang, tiga pekan lalu, kami belum memperlihatkan bisa melalui balapan dengan baik sampai hari ini. Jadi, saya tidak memiliki kepercayaan diri bisa melewati bendera kotak-kotak di posisi podium,” tutur Ricciardo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya