FIFA Ballon d'Or 2015, Nurdin Pilih Messi

Dia satu-satunya pemilik hak suara asal Indonesia di acara FIFA Ballon d'Or 2015.

oleh Windi Wicaksono diperbarui 12 Jan 2016, 11:09 WIB
Diterbitkan 12 Jan 2016, 11:09 WIB
20160111-Wajah Berseri Lionel Messi Saat Terima Trofi FIFA Ballon d`Or -
Pemain Barcelona, Lionel Messi (kanan) mendapat ucapan selamat dari pemain Barcelona lainnya, Neymar setelah memenangkan pemain terbaik dunia FIFA Ballon d'Or 2015 di Kongresshaus, Zurich, Senin ( 11/1). (AFP PHOTO/FABRICE COFFRINI)

Liputan6.com, Zurich Penyerang Barcelona, Lionel Messi, akhirnya terpilih untuk mendapatkan penghargaan FIFA Ballon d’Or 2015. Messi total memperoleh 41,33 persen suara, sedangkan sang rival, Cristiano Ronaldo, mendapatkan 27,76 persen.

Kapten dan Pelatih Timnas Indonesia yang biasa berpartisipasi dalam pemilihan FIFA Ballon d’Or, kali ini tidak bisa memberikan suara. Penyebabnya, Indonesia masih terkena sanksi FIFA bersama Kuwait sehingga tidak memiliki hak suara.

Baca Juga

  • Ballon d'Or 2015 Bukan yang Terakhir Bagi Messi
  • Bikin Heboh Liga Inggris, Guardiola Minta Maaf
  • Ini Alasan Italia Tak Memilih di FIFA Ballon d'Or 2015

Hanya jurnalis Indonesia, Saleh Nurdin yang masih bisa memilih peraih Ballon d'Or 2015. Saleh menjatuhkan pilihan pada Messi, Ronaldo dan Neymar. Persis dengan hasil akhir pemilihan FIFA Ballon d’Or, di mana Neymar berada di peringkat ketiga dengan 7,86 persen suara.

Penentuan pemenang Ballon d'Or berdasarkan voting yang dilakukan kapten dan pelatih tim nasional negara anggota FIFA serta jurnalis dari berbagai penjuru dunia yang telah dipilih oleh FIFA. Hanya Nurdin Saleh satu-satunya jurnalis Indonesia yang memiliki hak suara di FIFA Ballon d’Or.  

Setiap pemilik hak suara yang memiliki suara harus memilih tiga pemain. Pemain pilihan pertama akan mendapat poin 5, kedua memperoleh poin 3, dan pilihan ketiga yang diganjar 1 poin.  



Kebetulan ketiga finalis sama-sama merupakan kapten timnas negaranya masing-masing sehingga mereka berhak ikut memilih. Baik Messi, Ronaldo maupun Neymar kompak memilih rekan setimnya di klub.

Messi menjatuhkan pilihan pada Luis Suarez, Neymar, dan Andres Iniesta. Sementara Neymar memilih Messi, Suarez, dan Ivan Rakitic. Adapun Ronaldo menempatkan Karim Benzema di pilihan pertama disusul James Rodriguez dan Gareth Bale.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya