Jadi Tuan Rumah, Timnas Indonesia Harus Cetak Banyak Gol

Timnas akan gantian melawat ke markas Vietnam pada 7 Desember 2016.

oleh Ahmad Fawwaz Usman diperbarui 30 Nov 2016, 13:30 WIB
Diterbitkan 30 Nov 2016, 13:30 WIB

Liputan6.com, Bogor - Hasil pada leg pertama semifinal Piala AFF 2016 melawan Vietnam di Stadion Pakansari, Sabtu (3/12/2016), akan menjadi modal penting bagi timnas Indonesia untuk lolos ke final. Pasalnya, timnas akan menghadapi ujian yang jauh lebih berat saat melawat ke markas Vietnam.

Persiapan intensif pun sudah dilakukan timnas sejak Selasa (29/11/2016) sore di Pakansari. Itu adalah latihan perdana mereka setelah skuat sempat diliburkan dua hari usai menyelesaikan tiga laga di Grup A.

Dengan format kandang dan tandang, jumlah gol dan kebobolan akan menjadi hal yang sangat penting. Karenanya, fokus Alfred Riedl pada sesi latihan adalah mengasah kemampuan finishing dan bertahan timnya. Riedl tak ingin rapor buruk kebobolan tujuh gol dari tiga laga Grup A timnas berlanjut di semifinal.

"Vietnam adalah tim yang bagus. Tapi kami akan bekerja keras untuk memenangkan pertandingan ini. Dan karena ini laga kandang, kami harus memanfaatkannya dengan mencetak banyak gol," ujar Abduh Lestaluhu, bek kiri andalan tim Merah Putih.

Seperti yang dikatakan Abduh, laju Vietnam sepanjang penyisihan Grup B memang tak terbendung. Mereka menyapu bersih tiga laga dengan kemenangan. Status juara Grup B disandang Vietnam setelah menang 2-1 atas Myanmar, 1-0 atas Malaysia, dan 2-1 atas Kamboja.

Namun, bukan berarti timnas tak memiliki peluang untuk mengejutkan The Golden Stars. Pasalnya, timnas sudah sedikit banyak mengetahui kekuatan Vietnam. Itu karena timnas sempat menjajal Vietnam pada dua kali laga uji coba jelang Piala AFF 2016.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya