Tahun Penuh Prestasi, Ini Komentar Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Piala Dunia Antarklub 2016.

oleh Ahmad Fawwaz Usman diperbarui 19 Des 2016, 06:00 WIB
Diterbitkan 19 Des 2016, 06:00 WIB
Cristiano Ronaldo
Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, saat meraih penghargaan Club World Cup Golden Ball 2016, di Stadion Yokohama, Minggu (18/12/2016). Ronaldo menjadi top scorer dengan total empat gol dalam turnamen Piala Dunia Antarklub. (AFP/Behrouz Mehri).

Liputan6.com, Yokohama - Ya, 2016 mungkin akan menjadi tahun yang tak terlupakan bagi Cristiano Ronaldo. Begitu banyak kesuksesan yang diraih mesin gol andalan Real Madrid itu. Terkini, ia meraih gelar Piala Dunia Antarklub 2016.

Cristiano Ronaldo yang menjadi kunci di balik kesuksesan Madrid. Berkat hattrick-nya, Madrid menaklukkan Kashima Antlers 4-2 final yang digelar di Nissan Stadium, Minggu (18/12/2016) tersebut. Bagi Ronaldo, itu adalah gelar kelimanya sepanjang 2016.

"Kami banyak berjuang, tapi untuk memenangkan sesuatu Anda harus berjuang. Kami mengakhiri tahun dengan cara terbaik. Ini adalah pekan yang penuh sukacita, dengan Ballon d'Or dan gelar ini, tahun penuh mimpi. Saya ingin berterima kasih kepada rekan-rekan. Tanpa mereka, Cristiano tak bisa memenangkan gelar individu," kata Ronaldo seperti dikutip Goal.

Sebelumnya, ia membawa Los Blancos memenangkan gelar Liga Champions 2015/2016 dan Piala Super Eropa 2016. Lalu, ia juga sukses membawa Portugal meraih trofi Piala Super Eropa 2016. Itu adalah gelar pertama yang pernah dinikmati Portugal.

Berkat kesuksesan tersebut, Cristiano Ronaldo pun dinobatkan sebagai peraih penghargaan Ballon d'Or 2016. Ia memenangkan persaingan dengan rival abadinya, Lionel Messi, dan penyerang Atletico Madrid, Antoine Griezmann.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bungkam Kritik



Di antara banyak gelar tersebut, Ronaldo menilai Piala Eropa 2016 bersama Portugal menjadi sesuatu yang sedikit lebih istimewa. Pasalnya, sukses itu dicapai Portugal setelah bersusah payah hingga mampu menaklukkan tuan rumah Prancis di final.

"Ini adalah tahun yang tak akan terlupakan. Memilih salah satunya cukup sulit, tapi Piala Eropa sedikit lebih spesial. Sebab, itu adalah pertama kalinya," ucap Ronaldo.

Ia juga bicara soal kritik yang menerpanya belakangan ini. Banyak pihak yang mulai meragukan ketajaman pemain berusia 31 tahun tersebut karena baru mencetak 10 gol dan 11 laga Liga Spanyol.

"Anda selalu mengharapkan yang lebih dari Cristiano. Ketika saya tak bisa berbuat banyak, itu karena memang saya tidak bisa. Saya sudah terlatih dengan kritik, saya selalu membuktikan kualitas saya di lapangan," tegas Ronaldo.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya