MotoGP: Rossi Belum Temukan Grip yang Bagus

Rossi hanya mampu menduduki posisi ke-10 di MotoGP Spanyol.

oleh Liputan6 diperbarui 08 Mei 2017, 15:45 WIB
Diterbitkan 08 Mei 2017, 15:45 WIB
Valentino Rossi
Pembalap MotoGP Valentino Rossi (AFP/Pierre Phillipe Marcou)

Liputan6.com, Jerez - Ketakutan tim Movistar Yamaha tentang kondisi trek kering di Sirkuit Jerez MotoGP Spanyol, jadi kenyataan. Duo pembalap mereka: Valentino Rossi dan Maverick Vinales gagal meraih podium pada balapan seri Eropa, akhir pekan kemarin.

Rossi menyentuh garis finis di urutan ke-10 setelah mencatatkan waktu 46 menit 5.509 detik. Sementara Vinales sedikit lebih baik dari rekan setimnya dengan berada di peringkat keenam dengan 45 menit 51.383 detik.

Rossi menjelaskan, kegagalannya meraih podium pada balapan seri keempat MotoGP 2017. Menurutnya, perubahan set-up yang dilakukan usai menjalani sesi pemanasan tidak berjalan sesuai rencana.

Hal ini terjadi lantaran ban mengalami selip sepanjang balapan. Itulah yang membuat juara dunia MotoGP sembilan kali ini gagal tampil kompetitif.

"Sepertinya motor kami mengalami masalah terutama pada bagian ban akhir pekan kemarin. Intinya, kami belum menemukan grip yang bagus, jadi semuanya menjadi sangat sulit," ujar Rossi seperti dikutip dari Speedweek, Senin (8/5/2017).

Meski gagal meraih podium, Rossi masih menjadi penguasa MotoGP musim ini. Tambahan delapan poin di MotoGP Spanyol tetap mempertahankan posisinya di peringkat pertama klasemen sementara dengan raihan 62 poin atau unggul dua angka dari Vinales.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tes Ban Michelin

Sekarang Rossi mencoba untuk mengesampingkan hasil buruk yang dialaminya di Jerez. Pasalnya, produsen ban Michelin bakal menggelar uji coba di sirkuit yang sama pada hari ini.

Disinggung apakah Rossi bakal menggunakan motor YZR-M1 2016, setelah kalah bertarung dengan pembalap debutan MotoGP, Johann Zarco, dia berkata tidak.

"Saya tidak akan mengendarai motor tahun sebelumnya. Semua motor tua kami berada di museum di Jepang. Tentunya, motor 2016 telah bekerja di jalur ini sedikit lebih baik dari mesin 2017," ujar Rossi.

(David Permana)

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya