MotoGP: Ada Andil Rossi di Balik Rapor Gemilang Folger

Folger hanya butuh sembilan balapan untuk meraih podium perdananya di MotoGP.

oleh Ahmad Fawwaz Usman diperbarui 20 Jul 2017, 13:00 WIB
Diterbitkan 20 Jul 2017, 13:00 WIB
Jonas Folger, MotoGP
Selebrasi pembalap Yamaha Tech 3, Jonas Folger saat naik podium kedua MotoGP Jerman 2017. (ROBERT MICHAEL / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Jonas Folger adalah salah satu pembalap debutan yang tampil mengejutkan di MotoGP 2017. Pembalap Yamaha Tech 3 itu mampu meraih podium perdananya sebelum paruh pertama musim ini berakhir.

MotoGP 2017 tak jauh berbeda dengan musim 2016. Meski baru sembilan balapan, sudah tercipta banyak kejutan di beberapa seri. Salah satunya adalah performa ciamik dari para pembalap tim satelit.

Folger adalah salah satunya. Setelah menjadi satu-satunya pembalap yang selalu mencapai garis finis dalam tujuh balapan pertama, kejutan kembali ia ciptakan pada MotoGP Jerman 2017 di Sirkuit Sachsenring.

Di hadapan para pendukungnya sendiri, pembalap berusia 23 tahun itu sukses merebut podium kedua. Sukses itu membawa Folger duduk di urutan ketujuh klasemen pembalap dengan raihan 71 poin, terpaut 32 poin dari Dani Pedrosa yang menghuni lima besar.

Ternyata, sukses Folger di MotoGP 2017 tak lepas dari kontribusi Valentino Rossi, pembalap Movistar. Folger sendiri yang mengakui adanya andil Rossi di balik performa impresifnya.



"Saya selalu mengambil data dari Valentino, dan juga Maverick (Vinales). Ini sangat penting pada hari Kamis ketika datang ke sirkuit baru," kata Folger, dilansir Tuttomotoriweb. *

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gaya Balap

Dari data tersebut, Folger pun menjadi lebih paham soal gaya balap yang harus ia gunakan di setiap lintasan. Tak kalah penting adalah mendapatkan informasi saat harus melewati sebuah tikungan.

Sambutan yang didapat pembalap Yamaha Tech 3, Jonas Folger usai finis kedua MotoGP Jerman 2017. (ROBERT MICHAEL / AFP)

"Jadi saya memahami gaya balap yang harus saya lakukan, bagaimana saya harus melaju dan kapan harus melambat dan sebagainya. Ini membuat saya sibuk dalam waktu yang cukup lama untuk mengetahui lintasan dengan baik," tegas Folger.

Di musim ini, Tech 3 menjadi tim yang sangat berani mengambil risiko. Itu karena mereka mengandalkan dua pembalap berstatus rookie. Hebatnya, Folger dan Johann Zarco mampu mengharumkan nama Tech 3 sejauh ini. *

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya