Finis Urutan Kelima HWC, Timnas Indonesia Perbaiki Rapor

Di HWC 2016, timnas Indonesia hanya mampu menempati peringkat ketujuh.

oleh Ahmad Fawwaz Usman diperbarui 07 Sep 2017, 12:50 WIB
Diterbitkan 07 Sep 2017, 12:50 WIB
Homeless World Cup
Skuat Timnas Indonesia finis peringkat kelima Homeless World Cup (HWC) 2017. (Liputan6.com/Kukuh Saokani)

Liputan6.com, Oslo - Timnas Indonesia mampu memperbaiki catatan pada ajang Homeless World Cup (HWC) 2017 di Oslo, Norwegia dengan menempati peringkat lima.

Tim suhan Sabrun Hanapi tersebut mencapai posisi tersebut setelah mengalahkan Portugal, Selasa (5/9/2017). Target Timnas Indonesia pada HWC 2017 adalah tiga besar.

Melawan Portugal, kedua tim sempat bermain sengit hingga skor sama kuat 5-5. Namun, saat laga tersisa 90 detik, Gian Sopian tampil sebagai pahlawan. Ia menjadi penentu kemenangan usai memanfaatkan bola liar sepakan Rinaldi Zainal.

Sebelumnya, timnas memiliki peluang untuk memperebutkan tiket perempat final usai menang atas Bosnia Herzegovina 4-3. Sayang, mereka harus mengakui keunggulan Meksiko dalam laga penentuan ke semifinal. Beruntung timnas kemudian sukses menumbangkan Portugal. 

Bagi Timnas Indonesia, catatan ini merupakan peningkatan ketimbang tahun lalu. Kala itu, tim Merah Putih hanya mampu finis di peringkat ketujuh. Secara keseluruhan, ini adalah hasil terbaik kedua selain finis di posisi empat pada ajang 2012.

HWC sendiri adalah ajang yang dikhususnya untuk memerangi berbagai masalah yang berkaitan dengan ketunawismaan. Pertama kali ajang tersebut digelar pada 2003 di Graz, Austria. Hingga kini, timnas Indonesia belum pernah tampil sebagai juara.



Meski begitu, nama Indonesia sempat menjadi perbincangan di ajang tersebut. Itu karena Eman Sulaeman dinobatkan sebagai Kiper Terbaik HWC 2016. Eman sendiri adalah penyandang disabilitas.

Ia terlahir dengan dua kaki yang tidak lengkap. Kaki kanannya hanya sampai betis. Sedangkan kaki kirinya hanya sebatas paha. Itu yang membuat posisi berdirinya hanya berlutut. Berkat kesuksesan itulah, ia didaulat sebagai salah satu peraih Liputan6 Awards pada Mei 2017.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya