Ter Stegen: Real Madrid Tetap Kuat Tanpa Ronaldo

Pada laga El Clasico musim ini, Ter Stegen memang tidak akan menghadapi Ronaldo lagi.

oleh Liputan6.com diperbarui 03 Agu 2018, 09:00 WIB
Diterbitkan 03 Agu 2018, 09:00 WIB
Marc-Andre ter Stegen
Kiper Barcelona Marc-Andre ter Stegen enggan meremehkan Real Madrid (doc. Barcelona)

Liputan6.com, Barcelona - Kiper Barcelona, Marc-Andre Ter Stegen menyebut Real Madrid tetap jadi lawan yang tangguh musim 2018/19, meskipun Los Blancos sudah ditinggal Cristiano Ronaldo.

Pada laga El Clasico musim ini, Ter Stegen memang tidak akan menghadapi Ronaldo lagi. Pasalnya, pemain berusia 33 tahun memilih untuk pindah dari Real Madrid dan menerima pinangan Juventus. Ronaldo dikontrak empat musim oleh Juve.

Kehilangan tentu saja bakal mereduksi kekuatan Real Madrid. Sebab, selama bergabung dengan klub asal ibukota Spanyol, Ronaldo selalu jadi faktor pembeda di setiap musim. Kehadiran eks Sporting CP jadi jaminan gol untuk kubu Madrid.

Tapi, Ter Stegen tak melihat Madrid dengan sebelah mata meski sudah tak lagi diperkuat Ronaldo. Sebagai sebuah tim, Madrid tetap akan jadi rival yang kuat.

Ter Stegen tak menampik jika Ronaldo adalah faktor kunci permainan Madrid. Tapi, penjaga gawang asal Jerman juga menilai sepakbola Madrid dimainkan secara kolektif. Kualitas Madrid pun tak akan mengalami penurunan.

"Saya rasa mereka punya tim yang luar biasa. Seperti tahun sebelumnya, sama halnya dengan Barca. Melawan Madrid dengan atau tanpa Ronaldo akan sama sulitnya," kata Ter Stegen.

Setelah ditinggal Ronaldo, Madrid masih belum melakukan gebrakan di bursa transfer musim panas 2018. Belum ada nama besar yang didatangkan, meski beberapa pemain bintang diisukan bakal merapat.

Sejauh ini, Vinicius Junior, pemuda Brasil berusia 18 tahun, kerap disebut sebagai calon pewaris tahta Ronaldo di masa depan.

 


Fokus Pada Skuat Barca

Ter Stegen tak memusingkan apakah Madrid akan bermain dengan atau tanpa Ronaldo. Baginya, lebih penting adalah fokus pada skuat yang dimiliki oleh Barcelona.

"Ronaldo adalah pemain yang membuat perbedaan di banyak pertandingan, tapi kami lebih fokus pada permainan kami sendiri, jika kami percaya, maka kami punya kesempatan meraih semua gelar," tandas Ter Stegen.

Sumber: bola.net

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya