Susunan Pemain Terbaik yang Pernah Ditangani Carlo Ancelotti, Ronaldo Duet Bareng Zidane

Carlo Ancelotti bahkan menjadi satu-satunya manajer dalam sejarah Liga Champions, yang berhasil membawa enam klub dari liga berbeda hingga ke fase gugur.

oleh Hesti Puji Lestari diperbarui 18 Des 2019, 18:50 WIB
Diterbitkan 18 Des 2019, 18:50 WIB
Pelatih Top Dunia
6. Carlo Ancelotti- Mantan pelatih AC Milan ini merupakan salah satu contoh pesepak bola yang sukses sebagai pemain dan pelatih. Dia berhasil meraih gelar Liga Champions sebanyak 5 kali, 2 saat sebagai pemain dan 3 sebagai pelatih. (AFP/Ian Kington)

London - Carlo Ancelotti merupakan salah satu pelatih terbaik dunia. Walaupun musim ini ia baru saja dipecat oleh Napoli.

Rumor pemecatan allenatore asal Italia itu tak mengejutkan. Namun, keputusan manajemen Napoli yang memutuskan memecat Carlo Ancelotti setelah menghajar Genk dengan skor telak itu cukup menyita perhatian.

Melansir dari Give Me Sport, Selasa (17/12/2019), ada masalah internal antara Ancelotti dan manajemen Napoli yang tidak bisa diselesaikan. Selain itu, Ancelotti juga dianggap gagal menukangi Napoli.

Klub asal Naples itu hanya finis 11 poin di bawah Juventus pada perhelatan Serie A musim 2018-2019. Ancelotti juga gagal membawa Napoli bersinar di Liga Champions setelah kandas di penyisihan grup kala itu.

Namun tak butuh waktu lama bagi Carlo Ancelotti untuk menemukan calon klub baru. Beberapa klub elite Eropa disebut tertarik mendatangkan pelatih berusia 60 tahun tersebut.

Arsenal menjadi salah satu klub yang tertarik memboyong Ancelotti. Terbaru, mantan pelatih Bayern Munchen itu tengah dalam negosiasi dengan klub asal Inggris, Everton.

Pantas saja jika Carlo Ancelotti menjadi incaran sejumlah klub besar. Pengalamannya sebagai pelatih tak diragukan lagi. Ancelotti bahkan menjadi satu-satunya manajer dalam sejarah Liga Champions, yang berhasil membawa enam klub dari liga berbeda hingga ke fase gugur.

Lima klub tersebut adalah Chelsea, PSG, Real Madrid, AC Milan, Bayern Munchen, dan Napoli. Selain itu, sejumlah bintang sepak bola Eropa juga pernah dilatih oleh Carlo Ancelotti.

Berikut ini starting XI yang berisi pemain-pemain terbaik yang pernah ditangani Carlo Ancelotti. Siapa saja mereka? 

Saksikan video pilihan berikut ini


Kiper: Petr Cech

Pesepak Bola yang Memutuskan Pensiun
Petr Cech - Penjaga gawang asal Republik Ceko ini merupakan salah satu kiper terbaik di Premier League. Sederet prestasi dan gelar juara pernah ia persembahkan bagi dua klub asal London yaitu Chelsea dan Arsenal. (AFP/Odd Andersen)

Petr Cech adalah pilihan yang sulit jika pesaingnya Gianluigi Buffon, Dida, Manuel Neuer, dan Iker Casillas. Namun, Ancelotti menangani para kiper tersebut sebagain besar ketika sudah melewati performa terbaiknya. 

Cech agak berbeda. Dia tampil mengesankan di bawah mistar gawang Chelsea selama dua tahun Carlo Ancelotti bertualang di klub London Barat itu. 

 


Bek Kiri: Cafu

img_marcos_cafu.jpg
Cafu saat memperkuat AC Milan. ( AFP/ Paco Serinelli)

Satu tahun sebelum mengkapteni Timnas Brasil untuk meraih gelar kelima di ajang Piala Dunia, Cafu menyuguhkan permainan kelas dunia di AC Milan uang saat itu diarsiteki Ancelotti. 


Bek Tengah: Alessandro Nesta

10 Kebodohan Pesepakbola Hingga Alami Cedera
Alessandro Nesta - Mantan bek AC Milan tersebut terpaksa absen satu pekan akibat cedera jari yang dialaminya usai keseringan bermain Playstation. (AFP/Filippo Monteforte)

Tak terlalu sulit memilih bek tengah terbaik yang pernah ditangani Ancelotti. Salah satu pilihannya adalah Alessandro Nesta yang bekerja sama dengan Ancelotti di AC Milan. 

Saat itu Nesta menjelma menjadi bek terbaik di liga. Total, Nesta tampil dalam 235 pertandingan di era Ancelotti. 

 


Bek Tengah: Sergio Ramos

Sergio Ramos pernah bekerja sama dengan Carlo Ancelotti ketika masih sama-sama berada di Real Madrid. Ramos membantu skuat racikan Ancelotti menjuarai Liga Champions pada 2014.

Sergio Ramos menambah panjang daftar pemain bintang yang pernah dilatih mantan menajer Napoli tersebut. Mengacu pada hal itu, tak heran jika Carlo Ancelotti cukup diminati klub-klub besar setelah dipecat Napoli.


Bek Kiri: Paolo Maldini

Nomor Punggung Dipensiunkan, Diego Maradonna, Javier Zanetti
Paolo Maldini (AC Milan) - Saat sang legenda memutuskan untuk pensiun, saat itu pula nomor tiga diistirahatkan. Persembahan 26 trofi untuk klub kota Milan itu membuat I Rossoneri layak memberikan penghormatan tinggi untuknya. (AFP/Emilio Andreoli)

Tak sulit memilih bek kiri terbaik yang pernah bekerja sama dengan Carlo Ancelotti. Siapa lagi kalau bukan Paolo Maldini? 

Maldini menjadi kapten AC Milan era Ancelotti, yang meraih gelar Liga Champions pada 2003 dan 2007. Bahkan, Maldini pernah mencetak gol pada salah satu final Liga Champions ketika AC Milan gagal menang. 

 


Gelandang Kanan: Ricardo Kaka

Ricardo Kaka
Legenda AC Milan Ricardo Kaka. (twitter.com/acmilan)

Mantan pemain AC Milan, Kaka, juga pernah bekerja sama dengan Carlo Ancelotti tepatnya sejak 2001 hingga 2009. Di bawah asuhan Ancelotti, Kaka menjelma menjadi pemain bintang.

Kaka mendapat penghargaan Ballon d'Or pada 2007. Ia juga menjadi permata klub, saat AC Milan masih mendominasi kompetisi Serie A, yakni di pertengahan 2000-an.

Selama era Ancelotti, Kaka tercatat tampil dalam 270 pertandingan, mencetak 95 gol dan 66 assist. 

 


Gelandang Tengah: Andrea Pirlo

Juventus
Andrea Pirlo - Meninggalkan AC Milan pada musim 2010/2011 dirinya membuat kejutan dengan gabung bersama Juventus. Bersama Si Nyonya Tua dirinya menjadi pemain terbaik Serie A tahun 2012, 2013 dan 2014. (Photo by PACO SERINELLI / AFP)

Andrea Pirlo layak masuk starting XI karena merupakan salah satu gelandang terhebat di era sepak bola modern. Dia tampil ciamik saat AC Milan yang diasuh Carlo Ancelotti menjuarai Liga Champions 2007. 

 


Gelandang Tengah: Zinedine Zidane

FOTO: 10 Legenda Juventus yang Bermain dalam 20 Tahun Terakhir
Zinedine Zidane - Salah satu dari pesepak bola terbaik sepanjang sejarah ini mulai bersinar saat membela Juventus. Tahun 2001 dirinya memecahkan rekor menjadi pemain termahal dunia saat memutuskan hijrah ke Real Madrid dengan mahar 78 juta euro. (AFP/Gabriel Bouys)

Carlo Ancelotti menukangi Juventus sejak 1999 hingga 2001. Sementara Zinedine Zidane merumput bersama La Vecchia Signora dari 1996 hingga 2001. Itu 

Ancelotti pernah menjadi manajer dari pelatih Real Madrid tersebut. Tak berlebihan jika sejumlah pengemat menyebut Ancelotti turut andil dalam performa ciamik Zidane.


Gelandang Kiri: Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo dan Carlo Ancelotti
Cristiano Ronaldo dan Carlo Ancelotti (GERARD JULIEN / AFP)

Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo, pernah dilatih Carlo Ancelotti. Keduanya bekerja sama saat di Real Madrid.

Ronaldo merumput bersama Los Blancos sejak 2009 hingga 2018. Sementara Ancelotti sempat menangani Real Madrid dari 2013 hingga 2015. Artinya, Ronaldo dan Ancelotti sempat bekerjasama selama dua tahun.

Ronaldo mencetak 112 gol hanya dalam 101 lagi di bawah besutan Ancelotti. Bahkan, Ronaldo menyumbangkan gol di final Liga Champions 2014 dan dua kali memenangi Sepatu Emas Eropa. 

 


Striker: Andriy Shevchenko

Andriy Shevchenko (© AFP 2008)
Andriy Shevchenko saat mempeekuat AC Milan. (AFP/ Fabrice Coffrini)

Satu lagi pemain yang memenangi Ballon d'Or di bawah besutan Carlo Ancelotti. Shevchenko bisa dibilang sejauh ini merupakan pemain nomor 9 terbaik di AC Milan. Dia menghabiskan tujuh tahun di San Siro. 

Kenangan manis pemain yang akrab disapa Sheva itu adalah penaltinya pada final Liga Champions 2003. 

 


Striker: Didier Drogba

Chelsea
Didier Drogba (AFP/Paul Ellis)

Didier Drogba juga menjadi salah satu pesepak bola yang pernah dilatih Carlo Ancelotti yakni sejak 2009 hingga 2011 di Chelsea.

Bersama Ancelotti, Drogba menjelma menjadi pemain yang cukup tangguh. Pada perhelatan kompetisi Premier League musim 2009-2010, Drogba berhasil mencetak 37 gol dalam 44 pertandingan.

Disadur dari: Bola.com (penulis Hesti, editor Yus Mei, published 18/12/2019)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya