Larangan Dicabut, Suporter Indonesia Boleh Bawa Bendera Merah Putih ke Semifinal Piala AFF 2020

Melalui surat resmi yang bertanggal 20 Desember 2021, pihak AFF memutuskan untuk menghapus larangan pengibaran bendera Merah Putih oleh suporter selama pelaksanaan Piala AFF 2020.

oleh Liputan6.com diperbarui 22 Des 2021, 17:20 WIB
Diterbitkan 22 Des 2021, 17:00 WIB
Suporter Timnas, Fans Indonesia, Bola.com, AFF, Timnas Indonesia
Suporter Timnas Indonesia mengibarkan bendera raksasa saat melawan Thailand pada laga Final Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, (14/12/2016). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Liputan6.com, Jakarta - Pihak AFF baru-baru ini mencabut larangan pengibaran bendera Merah Putih oleh suporter selama pelaksanaan Piala AFF 2020. Keputusan ini dituangkan melalui surat resmi pada Senin 20 Desember 2021 yang ditandatangani oleh Direktur Turnamen Jeysing Muthiah.

Sebelumnya, Federasi Sepak Bola Singapura (FAS) sempat melarang suporter Indonesia dan Thailand untuk membawa bendera nasional ke stadion pertandingan di Piala AFF 2020, akibat sanksi dari Badan Antidoping Dunia (WADA).

Akan tetapi, AFF menilai pengibaran bendera nasional oleh suporter sama sekali tidak menyalahi aturan yang ditetapkan WADA. Larangan pengibaran hanya berlaku pada momen resmi, seperti acara pembukaan, penutupan, dan penyerahan medali di ajang olahraga.

"Telah menjadi perhatian AFF bahwa (keputusan) mengizinkan suporter Thailand dan Indonesia membawa bendera nasional di pertandingan tim masing-masing nampaknya tidak bertentangan dengan pemberitahuan WADA tentang larangan pengibaran bendera nasional.”

“Larangan WADA terkait bendera nasional Thailand dan Indonesia hanyalah untuk pengibaran bendera secara resmi oleh penyelenggara acara di venue atau stadion, baik saat kejuaraan regional, kontinental, atau dunia sedang berlangsung,” tulis AFF melalui suratnya.

Dengan demikian, pihak AFF resmi menghapus larangan pengibaran benderan di turnamen serta mengizinkan suporter Timnas Indonesia dan Thailand untuk membawa bendera masing-masing kala menyaksikan perjuangan timnas di semifinal Piala AFF 2020. 

 

Simak selengkapnya jadwal Piala AFF 2020/2021 dan jadwal Timnas Indonesia, juga hasil pertandingan dan klasemen dengan klik di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perbedaan Pemahaman

Foto: Sepak Terjang Pratama Arhan Sang Wonderkid Timnas Indonesia di Ajang Piala AFF 2020
Pratama Arhan berhasil mencuri perhatian usai tampil memukau di laga terakhir fase grup Piala AFF 2020 dengan mencetak satu gol dan satu assist untuk Irfan Jaya. Bermain sebagai bek kiri, ia berhasil menjadi pemain aktif dan agresif di lapangan. (Dok. PSSI)

Sebelumnya, Tim Satuan Gugus Tugas Percepatan Penyelesaian Sanksi WADA yang diwakili oleh Raja Sapta Oktohari juga sempat menyinggung soal adanya perbedaan pemahaman terkait penggunaan atribut Merah Putih di ajang olahraga.

Dalam konferensi pers virtual yang berlangsung pada Senin (13/12/2021) pekan lalu, Okto memaparkan bahwa Indonesia sejatinya masih diizinkan menggunakan atribut yang mengandung unsur Merah Putih kala hadir di pentas olahraga internasional.

“Ada pemahaman yang belum sama mengenai sanksi ini, dan kami sudah sampaikan kepada WADA pada saat kunjungan,” ujar Okto kepada awak media pekan lalu.

“WADA juga mau membantu komunikasi dengan federasi internasional agar pemahamannya sama dan tidak melarang tim Indonesia menggunakan atribut Merah Putih,” sambungnya.


Semifinal Kontra Singapura

Bungkam Malaysia, Timnas Indonesia Melaju ke Semifinal AFF 2020
Bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan berselebrasi usai mencetak gol ke gawang timnas Malaysia pada laga Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Nasional Singapura, Minggu (19/12/2021). Timnas Indonesia menaklukkan Malaysia 4-1 dan melaju ke semifinal. (Foto:Dok PSSI)

Indonesia saat ini tengah bersiap menghadapi semifinal Piala AFF 2020 kontra Singapura. Pertandingan ini akan berlangsung dalam dua leg, yakni pada Rabu (22/12/2021) dan Sabtu (25/12/2021), di Stadion Nasional Singapura.

Di sisi lain, Thailand juga dijadwalkan bersua dengan Vietnam di babak empat besar turnamen bergengsi se-Asia tenggara ini. Keduanya akan bertanding pada Kamis (23/12/2021) dan Minggu (26/12/2021) untuk memperebutkan tiket menuju babak final.

 

Penulis: Melinda Indrasari

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya