Final Piala AFF 2020: Statistik Tunjukkan Indonesia Sudah Imbangi Kehebatan Thailand

Statistik permainan Indonesia saat menghadapi Thailand di leg 2 Final Piala AFF 2020 membaik dibandingkan leg 1.

oleh Defri Saefullah diperbarui 01 Jan 2022, 23:00 WIB
Diterbitkan 01 Jan 2022, 23:00 WIB
Gelandang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya ketika mencetak gol ke gawang Timnas Thailand di final Piala AFF 2020.
Gelandang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya ketika mencetak gol ke gawang Timnas Thailand di final Piala AFF 2020. (AFP/Roslan RAHMAN).

Liputan6.com, Jakarta Hasil imbang 2-2 antara Timnas Indonesia melawan Thailand di leg 2 final Piala AFF 2020 menunjukkan perubahan yang signifikan dari Timnas Garuda. Berdasarkan statistik, Indonesia terlihat mulai imbangi kehebatan Thailand.

Seperti dilansir situs AFF, Thailand memang terlihat masih unggul dalam beberapa hal. Salah satunya penguasaan bola yang mencapai 64,3 persen.

Selain itu, Thailand juga tercatat lebih unggul dalam keakuratan umpan. Tim Gajah Perang berhasil mencetak 86,4 persen akurasi, dibandingkan 24,3 persen Indonesia.

Karena keunggulan ini pula, Thailand berhasil mencetak 2 gol ke gawang Indonesia. Thailand malah unggul terlebih dahulu 2-1 sebelum disamakan Egy Maulana pad leg 2 Final Piala AFF 2020.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Keunggulan Indonesia

Timnas Thailand ketika mencetak gol ke gawang Timnas Indonesia di final Piala AFF 2020.
Timnas Thailand ketika mencetak gol ke gawang Timnas Indonesia di final Piala AFF 2020. (AFP/Roslan RAHMAN).

 

Di sisi lain, Indonesia tampak lebih menyerang di pertandingan ini. Karena itu, Indonesia mendapatkan tendangan bebas lebih banyak 19 dibandingkan 18.

Indonesia juga tercatat lebih akurat saat menembak. Indonesia unggul tipis 28,6 persen dibandingkan Thailand 27,8 persen.

Permainan ofensif Indonesia juga terlihat dari jumlah tembakan ke target yang berjumlah 2 dan tembakan melenceng 3. Jumlah ini hanya kalah tipis dari Thailand yang melepas 5 tembakan ke arah gawang dan 5 tembakan melenceng.

 


Nadeo Gemilang

Foto: Rekam Jejak Nadeo Argawinata, Pahlawan Kemenangan Indonesia di Semifinal Piala AFF 2020
Nadeo Argawinata menjadi pahlawan kemenangan Timnas Indonesia usai berhasil menangkis tendangan penalti yang dilesatkan oleh Faris Ramli pada injury time. Hal tersebut membuat pertandingan yang awalnya imbang 2-2 berhasil dimenangkan oleh skuat Garuda menjadi 4-2 di babak 2x15 menit. (affsuzukicup)

 

Duel leg 2 Thailand vs indonesia juga menunjukkan kehebatan Nadeo Argawanita. Kiper Indonesia ini berhasil melakukan 3 kali penyelamatan.

Sedangkan kiper kedua Thailand, Tedsungnoen sama sekali tak melakukan penyelamatan. Bahkan, dia gagal antisipasi tembakan Ricky Kambuaya dengan baik di awal babak pertama.

 


Infografis

Infografis Jatuh Bangun Skuad Garuda di Piala AFF
Infografis Jatuh Bangun Skuad Garuda di Piala AFF (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya