Neymar Jr Jadi Korban Tuyul Dunia Maya, Rekening Gembos Tanpa Disadari

Neymar Jr tengah menjalani proses pemulihan di kampung halamannya, Brasil.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 10 Feb 2022, 19:30 WIB
Diterbitkan 10 Feb 2022, 19:30 WIB
Foto: 5 Penyerang Brasil yang Bersinar di Kompetisi Eropa, Hampir Pasti Jadi Andalan di Putaran Final Piala Dunia Qatar 2022
Neymar. Pemain berusia 30 tahun ini kini menjalani musim ke-5 bersama Paris Saint-Germain. Total telah tampil 130 laga di semua ajang dengan torehan 90 gol dan 55 assist. Bersama Timnas Brasil telah mengoleksi 116 caps, dengan torehan 70 gol dan 52 assist. (AP/Franck Fife)

Liputan6.com, Jakarta Pesepak bola ternama asal Brasil, Neymar Jr menjadi pencurian rekening secara online di negaranya. Pemain Paris Saint Germain (PSG) itu mengalami kerugian hingga 37 ribu euro atau sekitar Rp605 juta.

Seperti dilansir dari AS, Neymar awalnya tidak mengetahui kalau uang di tabungannya berkurang. Dia baru menyadari ada kejanggalan pada beberapa hari lalu. Pemain yang tengah menjalani masa pemulihan di Brasil itupun segera melapor ke pihak berwajib yang segera menangkap pelakunya. 

Belakangan diketahui kalau pencurian itu dilakukan oleh salah seorang pegawai administrasi. Modusnya adalah dengan melakukan transaksi dalam jumlah kecil secara berulang agar tidak terdeteksi. Pelaku yang masih berusia muda tersebut diduga merupakan bagian dari jaringan organisasi kriminal. 

Neymar bukan satu-satunya korban tuyul-tuyul dunia maya. Penipuan perbankan secara online seperti ini belakangan sedang marak di Brasil. Saat menjalankan aksinya, para pelaku biasanya menggunakan password milik mitra bisnis yang tengah melakukan transaksi. Selanjutnya mereka pun leluasa mengakses rekening korbannya sekaligus mengalihkan sejumlah kecil isinya ke rekening lain. 

 


Sindikat Kriminal

Foto: 5 Pesepak Bola yang Dinilai Paling Egois di Dunia, termasuk Cristiano Ronaldo dan Mohamed Salah
Neymar. Striker PSG ini terkenal dengan keterampilan menggiring bola yang ciamik, ciri khas para pemain Amerika Selatan. Namun kelebihan tersebut membuatnya dicap egois oleh para kritikus. Kegoisannya dengan bola justru menjadi sumber frustrasi rekan setim, Kylian Mbappe. (AP/Michel Euler)

Pelaku biasanya menggunakan sistem transaksi digital sederhana yang disebut PIX. Saat ini pelaku telah diamankan oleh Departemen Investigasi Kriminal Regional. Unik ini sengaja dibentuk untuk menginvestigasi berbagai aktivitas penipuan seperti ini yang menyasar nasabah sejumlah bank. 

Pelaku diamankan di lingkungan Zona Leste, Sao Paulo, Brasil. Dari hasil pemeriksaan sementara, polisi mendapati kalau pelaku tidak bekerja sendirian. Dia merupakan bagian dari sindikat kriminal. 

 


Belum ada Respons

Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari Neymar terkait hal ini. Neymar seperti diketahui tengah berada di Brasil untuk menjalani proses pemulihan setelah mengalami cedera di PSG. 

Sejauh ini proses recovery berjalan dengan baik. Diprediksi, mantan pemain Barcelona itu sudah bisa kembali memperkuat PSG saat bertemu Real Madrid di babak 16 Besar Liga Champions pekan depan. 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya