Dinantikan di MotoGP Mandalika, Simak 4 Fakta Menarik Enea Bastianini!

Simak lima fakta menarik soal Enea Bastianini jelang balapan di Sirkuit Mandalika, melalui artikel berikut!

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 11 Mar 2022, 18:00 WIB
Diterbitkan 11 Mar 2022, 18:00 WIB
Foto: Enea Bastianini Juara di Seri Pembuka MotoGP 2022 Qatar, Gresini Akhiri Puasa Gelar 16 Tahun
Istri mendiang Fausto Gresini, Nadia Padovani (kanan) pun larut dalam kebahagiaan bercampur haru dengan sang pembalap, Enea Bastianini. (AP/Hussein Sayed)

Liputan6.com, Jakarta Enea Bastianini tampil gemilang dalam seri pembuka MotoGP 2022 di Losail International Circuit, Qatar, pada Minggu (6/3/2022). Pembalap asal Italia itu berhasil finis dengan catatan waktu 42 menit 13,198 detik.

Bastianini unggul atas Brad Binder dan Pol Espargaro, yang menempati posisi kedua dan ketiga usai tertinggal 0,345 dan 1,341 detik. Capaian tersebut membawa Bastianini meraih kemenangan perdananya di seri pembuka musim ini.

Keberhasilan Bastianini tak luput dari perhatian para penggemar MotoGP di Indonesia. Pasalnya, pembalap berusia 24 tahun itu memang diketahui punya ikatan erat dengan nuansa Tanah Air berkat kehadiran sejumlah sponsor asal Indonesia.

Salah satu hal yang paling menonjol adalah tulisan “Wonderful Indonesia” yang terpampang pada motor Ducati Desmosedici miliknya. Tulisan tersebut merupakan tagline yang kerap digunakan untuk mempromosikan pariwisata Nusantara.

Tak heran jika Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiago Uno berjanji bakal mengirim hadiah spesial bagi sang rider Gresini Racing untuk merayakan kemenangannya saat di Indonesia.

Dalam MotoGP Mandalika 2022 yang dijadwalkan berlangsung pada 18–20 Maret 2022, Enea Bastianini kembali dijagokan menempati posisi terdepan. Simak lima fakta menarik soal Bastianini jelang balapan di Indonesia, seperti dilansir dari situs resmi MotoGP!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Pecinta Binatang

MotoGP Qatar
Pembalap tim Gresini Racing, Enea Bastianini berselebrasi di podium setelah memenangkan MotoGP Qatar di Sirkuit Internasional Lusail, Minggu (6/3/2022). Bastianini menyelesaikan balapan dengan waktu 42 menit 13,198 detik untuk merebut kemenangan perdana di kelas MotoGP. (KARIM JAAFAR/AFP)

Meski gacor di lintasan balap, Enea Bastianini merupakan sosok lembut dan penyayang biantang. Ia diketahui memiliki dua anjing peliharaan yang dinamai Fendi dan Hagrid. Nama Hagrid nampaknya diambil dari karakter film fantasi populer Harry Potter.

Dikutip dari situs resmi MotoGP, Bastianini memang penggemar berat Harry Potter. Sang pembalap asal Italia juga diklaim amat menyukai tokoh Hagrid. Tak heran jika nama itu lantas diadopsi sebagai panggilan untuk hewan peliharaannya.


2. Teman Dekat

MotoGP Qatar
Pembalap tim Gresini Racing, Enea Bastianini merayakan kemenangan pada MotoGP Qatar di Sirkuit Internasional Lusail, Minggu (6/3/2022). Bastianini menyelesaikan balapan dengan waktu 42 menit 13,198 detik untuk merebut kemenangan perdana di kelas MotoGP. (AP Photo/Hussein Sayed)

Layaknya pria sesuainya, Enea Bastianini juga diketahui memiliki sejumlah sahabat karib. Tatsuki Suzuki, Nicolo Bulega, dan Mattia Casadei merupakan deretan pembalap yang akrab dengan sang juara seri pembuka MotoGP musim ini.

Dikutip dari situs resmi MotGP, Suzuki dan Bulega bahkan dilaporkan ikut serta dalam acara makan malam guna merayakan kemenangan Bastianini di Qatar.


3. Ingin Cat Rambut

Foto: Enea Bastianini Juara di Seri Pembuka MotoGP 2022 Qatar, Gresini Akhiri Puasa Gelar 16 Tahun
Pembalap Italia dari tim Gresini Racing, Enea Bastianini menjadi yang tercepat dalam seri pertama MotoGP 2022 di Sirkuit Losail, Doha, Qatar, Minggu (6/3/2022) malam WIB. Kemenangan tersebut juga menjadi yang pertama bagi Gresini sejak 16 tahun yang lalu. (AFP/Karim Jaafar)

Jalan untuk menjadi juara MotoGP 2022 memang masih panjang. Meski demikian, Enea Bastianini sudah berjanji akan mewarnai rambutnya dengan warna bendera Italia, jika dirinya berhasil merebut gelar musim ini.

Melansir situs resmi MotoGP, hal tersebut sejatinya sudah pernah dilakukan oleh Valentino Rossi. Salah satu pembalap terbaik sepanjang masa itu mengecat rambutnya dengan warna bendera kebangsaan pada 1999 silam.


4. Nomor Favorit

MotoGP Qatar
Pembalap tim Gresini Racing, Enea Bastianini berkompetisi selama MotoGP Qatar di Sirkuit Internasional Lusail, Minggu (6/3/2022). Bastianini menjadi yang terdepan menyelesaikan balapan dengan waktu 42 menit 13,198 detik untuk merebut kemenangan perdana di kelas MotoGP. (KARIM JAAFAR/AFP)

Bastianini sangat menyukai nomor 33. Alasannya, ia pernah memenangkan gelar Moto2 saat mengenakan nomor tersebut. Ia juga diketahui mulai mengendarai sepeda motor pertamanya saat berusia 3 tahun dan 3 bulan.

Sayangnya, Bastianini tak bisa memakai nomor 33 saat berkarier di kelas MotoGP lantaran telah digunakan oleh Brad Binder. Dikutip dari situs resmi MotoGP, Bastianini lantas memilih nomor 23 sebagai gantinya karena ia merasa terinspirasi oleh Michael Jordan.


Infografis

Motogp
Infografis MotoGP Indonesia Mandalika 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya