Sir Alex Ferguson Balik Lagi ke MU dengan "Kuasa Tak Terbatas"

Sir Alex Ferguson dikabarkan kembali lagi ke jajaran manajemen Manchester United. Ferguson mendapatkan posisi dengan pengaruh serta tanggung jawab yang tidak terbatas di MU. Hal ini, dilakukan di tengah rumor kepergian Cristiano Ronaldo dari Old Trafford.

oleh Jefry Hutabarat diperbarui 01 Agu 2022, 07:30 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2022, 07:30 WIB
img_ferguson-phelan.jpg
Manajer Manchester United Sir Alex Ferguson (tengah) sedang bersenda gurau dengan asistennya Mike Phelan (kiri) jelang laga lanjutan premiership melawan Sunderland.

Liputan6.com, Jakarta Sir Alex Ferguson dikabarkan kembali lagi ke jajaran manajemen Manchester United. Ferguson mendapatkan posisi dengan pengaruh serta tanggung jawab yang tidak terbatas di MU. Hal ini, dilakukan di tengah rumor kepergian Cristiano Ronaldo dari Old Trafford.

Menurut Mirror, Sabtu (30/7/2022), Ferguson diberikan jabatan sebagai petinggi Setan Merah dengan lebih banyak pengaruh dan power di Old Trafford.

Direktur Olahrga MU, Richard Arnold, telah membentuk semacam dewa penasehat yang melibatkan Ferguson, David Gill, Bryan Robson, dan John Murtough untuk membantu klub meraih kejayaan lagi.

Khusus untuk Ferguson, dengan jabatannya itu, dia dilaporkan akan punya pengaruh tak terbatas di Old Trafford sejak ia mengundurkan diri sebagai pelatih hampir satu dekade lalu.

Ferguson sempat diberi peran duta besar di Old Trafford usai memutuskan pensiun dari karier kepelatihan di 2013 beberapa waktu lalu, tapi sekarang dia berada di dewan penasehat.

Ferguson pernah menjadi pelatih Man United selama 26 tahun. Dalam jangka waktu tersebut, Ferguson berhasil mempersembahkan puluhan trofi untuk Setan Merah.

Di Liga Inggris, Ferguson berhasil membawa Manchester United meraih gelar juara sebanyak 13 kali.

Catatan itu membuat Ferguson menjadi pelatih dengan koleksi trofi Liga Inggris paling banyak. Sedangkan di dua kompetisi domestik lainnya yaitu Piala FA dan Piala Liga Inggris, Ferguson masing-maisng mempersembahkan lima dan empat trofi.

Adapun di kompetisi Eropa, Ferguson sukses mendapatkan dua gelar Liga Champions. Penunjukkan Ferguson ini diperkirakan sebagai bentuk agar Ronaldo tak hengkang di awal musim ini di tengah riuhnya isu transfer kapten timnas Portugal tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ferguson Turun Tangan Bujuk Ronaldo

Foto: Sosok-sosok Penting di Balik Kepulangan Cristiano Ronaldo ke Manchester United
Manajer legendaris Setan Merah, Sir Alex Ferguson disebut-sebut telah menelpon Ronaldo pada Jumat pagi terkait kansnya pulang ke klub lamanya, Manchester United. Ferguson juga memerintahkan manajmen MU untuk mendatangkan sang bintang tersebut. (Foto: AFP/Odd Andersen)

Nama Sir Alex Ferguson harus turun tangan menyelesaikan masalah Ronaldo di MU. Ferguson dikabarkan menjadi salah satu orang yang diminta MU untuk membantu membujuk Ronaldo agar dapat bertahan di Old Trafford musim depan.

Ini bukan pertama kali Ferguson menentukan nasib Ronaldo. Musim lalu, sang pemain sudah hampir pasti pindah ke Manchester City. Tapi, Ferguson langsung menghubungi sang pemain dan alhasil Ronaldo memilih kembali ke MU setelah meninggalkan Juventus.

Ferguson tiba di markas latihan Carrington untuk membahas masa depan Ronaldo, Selasa (26/7/2022). Di sisi lain, Ten Hag terus mencari solusi mengenai masalah Ronaldo di MU.

Banyak klub sudah menolak Ronaldo mulai dari Real Madrid, Paris Saint Germain, Bayern Muenchen serta Chelsea. Hanya satu klub yang berminat mendapatkanya yakni Atletico Madrid dengan opsi pinjaman.

Jika hasilnya buntu, MU sedang mempertimbangkan opsi untuk mengizinkan Ronaldo meninggalkan Old Trafford dengan status pinjaman jika ini menjadi opsi yang terbaik bagi kedua belah pihak.


Erik Ten Hag Dibantu Tangan Kanan Ferguson

Steve McLaren
Steve McLaren (FRANCISCO LEONG / AFP)

Erik Ten Hag mendapatkan bantuan dari mantan tangan kanan sir Alex Ferguson, Steve McLaren. Sebelumnya, Manchester United sudah meresmikan Steve McClaren sebagai staf kepelatihan Ten Hag.

Dipilihnya McClaren sebagai asisten Ten Hag tidaklah mengejutkan. McClaren sudah sangat mengenal kondisi di Old Trafford. Dia pernah jadi asisten Sir Alex Ferguson.

 


Sempat Beri Saran Bagi Ten Hag

Jose Mourinho - Sir Alex Ferguson
Manajer Chelsea Jose Mourinho (kiri) dan manajer Manchester United Sir Alex Ferguson saat keduanya bertemu pada 2007. (AFP/Carl de Souza)

Sir Alex Ferguson telah mendesak Erik ten Hag untuk ‘mengendalikan’ Manchester United begitu dia pindah ke Old Trafford di musim panas. 

Ten Hag sudah menghadapi tugas berat dengan United yang hampir pasti kehilangan tempat di Liga Champions musim depan. 

Sementara itu, Sir Alex Ferguson sudah memenangkan 38 trofi utama selama waktunya di MU. Tak hanya itu, pelatih berusia 80 tahun itu menegaskan Ten Hag harus segera mencap otoritasnya di MU. 

"Ya, saya harap dia melakukannya dengan baik karena klub membutuhkan seseorang untuk memegang kendali. Saya harap dia melakukannya dengan baik," ujar Ferguson.

Infografis transfer MU - November 2021
Infografis transfer MU. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya