Kondisi Son Heung-min Bikin Was-Was Timnas Korea Selatan Jelang Piala Dunia 2022

Son Heung-min mengalami cedera saat tampil memperkuat Tottenham Hotspur di Liga Champions.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 03 Nov 2022, 11:30 WIB
Diterbitkan 03 Nov 2022, 11:30 WIB
Marseille vs Tottenham Hotspur
Son Heung-min menerima perawatan setelah mengalami cedera saat pertandingan sepak bola Grup D Liga Champions antara Marseille dan Tottenham Hotspur di Stade Velodrome di Marseille, Prancis, Selasa, 1 November 2022. (AP Photo/Daniel Cole)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Korea Selatan tengah dibuat cemas oleh kondisi sang kapten, Son Heung-min. Pemain Tottenham Hotspur itu mengalami cedera yang cukup parah di Liga Champions.

Dalam laga tersebut, Son ditarik pada menit ke-29 saat bertanding melawan Olympique Marseille, Rabu (2/11/2022). Wajah Son terlihat bengkak setelah mengalami benturan dengan bahu pemain lawan, Kansel Mbemba.

Hingga konferensi pers setelah pertandingan, seperti dilansir Korea JoongAng Daily, Rabu (2/11), tidak ada informasi lebih lanjut tentang keadaan cedera Son yang telah dikonfirmasi oleh klub.

Asisten Manajer Tottenham Hotspur, Cristian Stellini, usai laga hanya menjelaskan bahwa tingkat cedera Son tidak jelas tetapi dia merasa lebih baik.

"Saat ini, kami tidak tahu," kata Stellini. "Kami harus menunggu penilaian medis, dan kami harus menunggu sampai besok. Sonny merasa lebih baik sekarang. Saya melihatnya di ruang ganti. Dia merayakannya bersama kami. Jadi kita tunggu saja besok," tambahnya

Usai kejadian Son lansung ditarik ke luar dan dalam pengawasan tim medis. Hasil pemeriksaan lanjutan kondisi yang sedikit mengkhawatirkan. Son ternyata mengalami patah tulang sekitar di mata kiri.

 


Jalani Operasi

Foto: Daftar 5 Pemain Tottenham Hotspur dengan Nilai Pasar Tertinggi Musim 2022 / 2023, Harry Kane Masih di Puncak
Son Heung-min. Sayap kiri Korea Selatan berusia 30 tahun yang telah membela Tottenham Hospur selama 8 musim sejak didatangkan dari Bayer Leverkusen pada awal musim 2015/2016 ini kini mempunyai nilai pasar 75 juta euro atau setara Rp1,12 triliun. Pada musim 2022/2023 ini ia telah bermain dalam 11 laga di semua ajang dengan torehan 3 gol dan 1 assist. (AFP/Isabel Infantes)

Klub telah mengabarkan, dia akan segera naik meja operasi. "Kami bisa memastikan kalau Son Heung-min akan menjalani operasi untuk memperbaiki tulang yang patah di sekitar mata kirinya," bunyi pernyataan klub Tottenham Hotspur.

"Setelah operasi, Son akan menjalani rehabilitasi bersama staf medis kami dan kami akan menyampaikan perkembangannya kepada para suporter," Spurs menambahkan.

 


Bikin Was-was

Korea Selatan
Penyerang Korea Selatan, Son Heung-min (kiri) melakukan selebrasi bersama rekannya, Suk Hyun-Jun (tengah) dan Ryu Seung-Woo, usai mencetak gol ke gawang Fiji, pada pertandingan sepak bola Olimpiade Rio 2016. Korsel tampil mengejutkan di event multicabang

Kondisi Son Heung-ming tentu saja membuat timnas Korea Selatan kelimpungan. Sebab Piala Dunia 2022 tinggal 2 pekan lagi.

Korea Selatan akan mengawali kiprahnya di ajang ini pada 24 November 2022. Sementara proses recovery untuk cedera seperti ini biasanya memakan waktu 3-4 pekan lamanya.

Karena itu, Son Heung-min masih jadi tanda tanya, apakah dia sudah bisa tampil atau tidak di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022.

Kehilangan Son-Heung min tentu bakal jadi kabar buruk bagi Korea Selatan. Sebab pemain berusia 30 tahun itu adalah Jimat Taeguk Warrior. Dia telah tampil bersama Korsel dalam 105 laga dan mencetak 35 gol.

Di Piala Dunia, Son juga sudah membukukan 3 gol dan menjadi top scorer timnas Korsel bersama Park Ji-sung dan Ahn Jung-hwan.

Bagi pelatih kepala tim nasional Korea, Paulo Bento, kondisi Son tentu membuatnya cemas. Sebab dalam satu dekade terakhir, Son menjadi pusat bagi lini serang Korea Selatan. Meski punya stok gelandang, tidak banyak yang punya kemampuan komplet dan pengalaman seperti Son Heung-min.

 


Spurs Sisakan 3 Laga

Sementara berita buruk untuk Son dan Korea, pertandingan hari Selasa adalah hasil yang baik untuk Tottenham. Klub London kemudian mengalahkan Marseille 2-1 untuk memuncaki Grup D dan mendapatkan tempat di babak sistem gugur Liga Champions awal tahun depan.

Spurs memiliki tiga pertandingan yang dijadwalkan setelah itu; melawan Liverpool pada hari Minggu, Nottingham Forest pada 9 November dan Leeds pada 12 November.

Infografis Piala Dunia 2022
Infografis Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya