Kenapa Neymar Tidak Tendang Penalti Saat Kroasia vs Brasil di Piala Dunia 2022?

Neymar tak sempat mengambil penalti pada saat Brasil kalah adu penalti dari Kroasia di babak perempat final Piala Dunia 2022.

oleh Thomas diperbarui 10 Des 2022, 16:48 WIB
Diterbitkan 10 Des 2022, 16:43 WIB
Tangisan Neymar Setelah Brasil Tersingkir dari Piala Dunia 2022
Penyerang Brasil Neymar bereaksi setelah adu penalti di samping kiper Ederson dan Thiago Silva pada perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Education City, Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB. Kroasia unggul 4-2 setelah bermain 1-1 selama 120 menit. (AP Photo/Martin Meissner)

Liputan6.com, Jakarta Brasil harus menelan pil pahit tersingkir di babak perempat final Piala Dunia 2022. Tim Samba didepak oleh Kroasia setelah kalah adu penalti 2-4 pada laga yang berlangsung di Stadion Education City pada Jumat (9/12/2022) malam WIB.

Secara mengejutkan Brasil tak mampu menjebol gawang Kroasia selama 90 menit. Kebuntuan Brasil baru terpecahkan pada menit 105 melalui aksi individu menawan Neymar Jr.

Sayangnya keunggulan ini tak bisa dipertahankan dengan baik. Kroasia bisa menyamakannya di menit 117 melalui sepekan Bruno Petkovic yang membentur bek Brasil Marquinhos. Akibatnya laga dilanjutkan ke adu penalti.

Pada adu penalti, nasib apes menimpa Brasil. Eksekutor pertama mereka Rodrygo Goes gagal menunaikan tugasnya. Sepakan pemain Real Madrid itu bisa dimentahkan kiper Dominik Livakovic.

Brasil tersingkir setelah penendang keempat Marquinhos juga gagal. Tendangan pemain Paris Saint Germain itu membentur tiang gawang. Sedangkan keempat algojo Kroasia semuanya mampu memperdaya Alisson Becker.

Tersingkirnya Brasil membuat para pecinta sepak bola bertanya-tanya kenapa Neymar tidak sempat mengeksekusi penalti. Padahal Neymar masih ada di lapangan dan merupakan eksekutor utama penalti Brasil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Algojo Kelima

Foto: Tangis Neymar Pecah saat Brasil Dipulangkan Kroasia dari Piala Dunia 2022
Pemain Brasil, Neymar (kiri) dan rekannnya, Antony menangis setelah tim mereka kalah dari Kroasia saat laga perempat final Piala Dunia Qatar 2022 yang berlangsung di Education City Stadium, Al-Rayyan, Jumat (09/12/2022) waktu setempat. Brasil kalah 2-4 dari Kroasia saat babak adu penalti. (AFP/Jewel Samad)

Usut punya usut ternyata pelatih Brasil Tite memiliki strategi menaruh Neymar sebagai penendang kelima di adu penalti. Sayangnya karena dua eksekutor awal sudah gagal, Neymar tak sempat mengambil penalti karena Kroasia sudah lebih dulu dipastikan lolos pada penendang keempat.

Tite punya pertimbangan sendiri menempatkan Neymar sebagai eksekutor kelima. Dia awalnya memperkirakan adu penalti akan terus berlangsung dan ditentukan oleh algojo kelima. Tebakan Tite ternyata meleset.

"Dia akan memiliki penalti kelima dan paling menentukan. Pemain dengan keterampilan dan kapasitas mental paling banyak harus mengambil yang ini karena ini adalah tekanan yang lebih berat," ujar Tite seusai pertandingan.


Beda Nasib

Tangisan Neymar Setelah Brasil Tersingkir dari Piala Dunia 2022
Penyerang Brasil #10 Neymar menangis setelah timnya kalah dari Kroasia pada perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Education City, Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB. Kroasia unggul 4-2 setelah bermain 1-1 selama 120 menit. (Adrian DENNIS / AFP)

Dalam adu penalti, penendang pertama dan kelima memang yang paling menentukan. Biasanya pemain bintang atau pemain yang paling piawai mengeksekusi penalti yang akan ditempatkan sebagai eksekutor pertama dan kelima.

Contohnya pada laga Argentina melawan Belanda tadi malam. Argentina memilih menaruh Lionel Messi sebagai algojo pertama. Lautaro Martinez yang ditaruh sebagai penendang kelima.

Berbeda dengan Brasil, taktik Argentina terbukti sukses. Martinez memastikan Argentina lolos ke semifinal sebagai algojo kelima. Messi juga sukses melakukan tendangan penalti pertama untuk Argentina.


Daftar Top Skor

5 gol:

Kylian Mbappe (Prancis)

 

4 gol:

Lionel Messi (Argentina)

 

3 gol:

Enner Valencia (Ekuador)

Richarlison (Brasil)

Marcus Rashford (Inggris)

Bukayo Saka (Inggris)

Olivier Giroud (Prancis)

Cody Gakpo (Belanda)

Alvaro Morata (Spanyol)

Goncalo Ramos (Portugal)

 

2 gol:

Mehdi Taremi (Iran)

Olivier Giroud (Inggris)

Ferran Tores (Spanyol)

Andrej Kramaric (Kroasia)

Bruno Fernandes (Portugal)

Cho Gue-Sung (Korea Selatan)

Mohammed Kudus (Ghana)

Salem Al Dawsari (Arab Saudi)

Ritsu Doan (Jepang)

Niclas Füllkrug (Jerman)

Kai Havertz (Jerman)

Julian Alvarez (Argentina) 

Aleksandar Mitrovic (Serbia) 

Breel Embolo (Swiss)

Giorgian de Arrascaeta (Uruguay)

Breel Embolo (Swiss)

Rafael Leao (Brasil)

Infografis Potensi Duel Messi vs Ronaldo di Final Piala Dunia 2022
Infografis Potensi Duel Messi vs Ronaldo di Final Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya