Rekor Pertemuan Argentina vs Prancis Jelang Final Piala Dunia 2022: Tim Tango Memimpin

Argentina dan Prancis bertarung untuk ke-13 kalinya pada final Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Minggu (18/12/2022). La Albiceleste unggul pada ajang resmi dan juga secara keseluruhan. Namun, Les Bleus tertawa pada duel terakhir.

oleh Mohamad Taufik diperbarui 18 Des 2022, 18:15 WIB
Diterbitkan 18 Des 2022, 18:15 WIB
Prancis Vs Argentina
Gelandang Timnas Argentina, Cristian Pavon (tengah) mendapat tekanan dari duo Prancis, Blaise Matuidi (kanan) dan N'Golo Kante, pada laga 16 Besar Piala Dunia 2018, di Kazan Arena, Sabtu (30/6/2018) malam WIB. (AFP/Roman Kruchinin)

Liputan6.com, Jakarta - Argentina dan Prancis bertarung untuk ke-13 kalinya pada final Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Minggu (18/12/2022). La Albiceleste unggul pada ajang resmi dan juga secara keseluruhan. Namun, Les Bleus tertawa pada duel terakhir.

Kedua negara sudah bertanding pada Piala Dunia pertama tahun 1930. Argentina keluar sebagai pemenang berkat gol tunggal Luis Felipe Monti. Hasil itu turut membantu mereka mencapai final dengan Prancis tersisih di fase grup.

Tim Tango kembali mengalahkan Prancis pada pertemuan di Piala Dunia, kali ini edisi 1978. Tampil di kandang sendiri, Argentina kali ini berjaya berkat gol Daniel Passarella dan Leopoldo Luque. Prancis mendapat gol hiburan dari Michel Platini.

Lagi-lagi hasil ini berbuah manis bagi Argentina. Tidak hanya lolos ke partai pamungkas, mereka juga membawa pulang gelar. Sedangkan Prancis tersisih di grup.

Prancis akhirnya bisa membalas di Rusia empat tahun lalu. Pada laga 16 besar, Antoine Griezmann, Benjamin Pavard, dan Kylian Mbappe (2) menyumbang gol bagi Prancis. Argentina cuma bisa membalas melalui Angel Di Maria, Gabriel Mercado, dan Sergio Aguero

Total dalam 12 pertemuan, Argentina meraih enam kemenangan berbanding tiga milik Prancis. Sedangkan sisanya berakhir imbang. 

Lalu, siapa yang menang pada pertemuan di laga puncak Piala Dunia 2022 nanti?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Layak Berduel di Final

Argentina vs Prancis
Argentina vs Prancis. (Liputan6.com/Trie Yasni)

Argentina dan Prancis menunjukkan kepatutan bermain di laga puncak setelah melewati berbagai cobaan. Argentina takluk pada laga pembuka Grup C dan menderita salah satu kejutan terbesar sepanjang sejarah Piala Dunia karena dikalahkan Arab Saudi.

Namun setelah itu La Albiceleste bangkit. Mereka tetap keluar sebagai juara grup setelah membungkam Meksiko dan Polandia. Selanjutnya anak asuh Lionel Scaloni menyisihkan Australia, lolos dari duel panas dan adu penalti kontra Belanda, serta membekuk Kroasia.

Juara bertahan Prancis tidak kalah mengesankan. Diterpa cedera yang menghalangi partisipasi sejumlah pilar, Les Bleus tetap melenggang mulus dari Grup D setelah menaklukkan Australia dan Denmark.

Kekalahan melawan Tunisia pada partai pamungkas grup tidak jadi masalah. Sesudahnya Prancis menyingkirkan Polandia, Inggris, dan Maroko.


Bukan Sekedar Messi vs Mbappe

Messi
Lionel Messi dan Kylian Mbappe bertemu di Piala Dunia 2018. (AFP/Luis Acosta)

Fokus final Piala Dunia 2022 tertuju pada duel Lionel Messi dan Kylian Mbappe. Sama-sama mengoleksi lima gol di Qatar, kedua pemain memang layak jadi andalan masing-masing tim.

Meski begitu, pertarungan nanti dipastikan lebih dari itu. Messi dan Mbappe butuh bantuan rekan-rekan demi mengangkat trofi yang diidamkan.

Argentina punya Emiliano Martinez solid di bawah mistar. Nicolas Otamendi tidak membiarkan usia mengurangi ketangguhannya meredam serangan lawan. Enzo Fernandez bakal jadi incaran klub-klub raksasa dengan kualitas komplit. Sementara Julian Alvarez siap mengurangi beban Messi dalam merobek gawang lawan.

Prancis memiliki kepemimpinan Hugo Lloris, dengan Dayot Upamecano dan Ibrahima Konate bergantian mendampingi Raphael Varane sebagai palang pintu. Adrien Rabiot dan Aurelien Tchouameni mengisi lubang yang ditinggalkan duo Paul Pogba-N'Golo Kante. Sedangkan Olivier Giroud masih tajam meski pemegang Ballon d'Or 2022 Karim Benzema menghilang.

Infografis Head to Head Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022
Infografis Head to Head Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya