Hasil Babak 1 Final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis: Messi Cetak Gol, Tim Tango Unggul 2-0

Argentina tampil digdaya pada final Piala Dunia 2022 di Lusail Iconic Stadium, Minggu (18/12/2022). Tim Tango unggul 2-0 atas juara bertahan Prancis.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 19 Des 2022, 00:11 WIB
Diterbitkan 18 Des 2022, 22:54 WIB
Final Piala Dunia 2022: Argentina vs Prancis
Pemain Timnas Argentina, Lionel Messi melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Prancis melalui eksekusi penalti dalam laga final Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Lusail, Qatar, Minggu (18/12/2022) malam WIB. (AP Photo/Manu Fernandez)

Liputan6.com, Lusail - Argentina tampil digdaya pada final Piala Dunia 2022 di Lusail Iconic Stadium, Minggu (18/12/2022). Tim Tango unggul 2-0 atas juara bertahan Prancis.

Tim Tango mendapat peluang pertama. Namun, Julian Alvarez sudah dalam posisi offside saat menerima umpan rekan.

Selanjutnya giliran Alexis Mac Allister melepas tendangan jarak jauh. Sayang usahanya tepat mengarah ke pelukan kiper Hugo Lloris.

Argentina terus menguasai bola. Rodrigo De Paul tidak mau ketinggalan. Tendangannya membentur Raphael Varane menghasilkan sepak pojok.

La Albiceleste menguasai bola ddengan Les Bleus kesulitan keluar dari wilayah sendiri. Kylian Mbappe coba menciptakan peluang, tapi penjaga gawang Emiliano Martinez cepat memotong.

Pressing Argentina kembali memaksa Prancis melakukan blunder. Beruntung bola jatuh di kaki kanan Angel Di Maria yang sebenarnya kidal. Eksekusi pemain Juventus itu pun melambung.

Prancis coba membalas. Kolaborasi Mbappe dan Theo Hernandez berbuah tendangan bebas. Antoine Griezmann yang mengambil mengirim bola ke Olivier Giroud, yang kemudian dianggap melakukan pelanggaran.

Kehadiran Di Maria di tim utama Argentina berbuah manis. Aksinya menipu Ousmane Dembele memaksa pemain Barcelona tersebut melakukan pelanggaran.di area terlarang.

Lionel Messi yang jadi algojo tidak menyia-nyiakan kesempatan dan mencatatkan nama di papan skor melalui penalti di menit ke-23.

Gol tersebut membangunkan Prancis. Namun, mereka kesulitan memberi ancaman berarti ke pertahanan Argentina.

Lewat serangan balik, Tim Tango justru sukses menggandakan keunggulan.Kombinasi Messi, Alvarez, dan Mac Allister diselesaikan Di Maria pada menit ke-36.

Dalam keadaan terdesak, pelatih Prancis Didier Deschamps mengambil langkah darurat. Dia menarik Dembele dan Giroud. Sebagai gantinya hadir Marcus Thuram dan Randal Kolo Muani.

Namun, kehadiran mereka gagal memberi pengaruh berarti di sisa babak pertama. Tim Tango unggul 2-0 pada babak pertama Argentina vs Prancis di final Piala Dunia 2022.


Keputusan Scaloni

Final Piala Dunia 2022: Argentina vs Prancis
Pemain Timnas Argentina, Lionel Messi mencetak gol melalui eksekusi penalti ke gawang Timnas Prancis dalam laga final Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Lusail, Qatar, Minggu (18/12/2022) malam WIB. (AP Photo/Manu Fernandez)

Pelatih Argentina Lionel Scaloni mengambil keputusan berani di dua posisi. Dia mendahulukan Nicolas Tagliafico ketimbang Marcos Acuna. Angel Di Maria juga bermain sejak menit pertama menggantikan Leandro Paredes.

Sementara di kubu Prancis tidak ada kejutan berarti. Dayot Upamecano dan Raphael Varane pulih tepat waktu usai terjangkit virus. Artinya, Ibrahima Konate tergusur ke bangku cadangan meski tampil solid pada semifinal melawan Maroko. Adrien Rabiot juga sudah sembuh dan kembali mengisi lini tengah Les Bleus.

Di luar itu, masing-masing tim tetap mengandalkan bintang utama. Argentina punya Lionel Messi dan Prancis mengandalkan Kylian Mbappe.

Pecinta sepak bola Tanah Air bisa mendapatkan jawaban dengan menyaksikan final Piala Dunia 2022 melalui SCM Group. Pertandingan disiarkan SCTV, Moji, streaming Vidio, atau layanan televisi satelit Nex Parabola.

 

Susunan Pemain

Argentina (4-3-3): Emiliano Martínez; Nahuel Molina, Cristian Romero, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico; Rodrigo de Paul, Enzo Fernandez, Alexis Mac Allister; Lionel Messi, Julian Alvarez, Angel Di Maria

Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris; Jules Kounde, Raphaël Varane, Dayot Upamecano, Theo Hernandez; Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot; Ousmane Dembele (Marcus Thuram 41), Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud (Randal Kolo Muani 41)

Infografis Duel Sesama Juara 2 Kali Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022
Infografis Duel Sesama Juara 2 Kali Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya