Reaksi Pelatih Besiktas Usai Striker Andalan Wout Weghorst Dibajak MU

Pelatih Besiktas Senol Gunes memastikan kalau kepindahan Wout Weghorst ke MU masih belum pasti.

oleh Defri Saefullah diperbarui 10 Jan 2023, 13:00 WIB
Diterbitkan 10 Jan 2023, 13:00 WIB
Foto Piala Eropa: Menang Meyakinkan, Hasil Uji Coba Terakhir Skuat De Oranje Menyambut Euro 2020, Depay Jadi Aktor Terciptanya Gol
Setelah babak ke dua, Belanda mampu menggandakan keunggulan lewat Wout Weghorst pada menit ke-55. Umpan terobosan dari Depay berhasil ia tuntaskan ke gawang Georgia. Gol ini merupakan gol pertama Wout Weghorst di Timnas Belanda. (Foto: AP/Peter Dejong)

Liputan6.com, Besiktas- Manchester United diyakini bakal mendapatkan striker Belanda dan Besiktas, Wout Weghorst. Namun hal berlainan dikatakan pelatih Besiktas Senol Gunes.

Dia membantah kalau Wout Weghorst pasti dipinjamkan ke MU. Meski klub dikabarkan mempertimbangkan untuk memulangkan Weghorst ke Liga Inggris.

Kabar soal bakal bergabungnya Weghorst ke Man Utd mencuat sejak Sabtu lalu. Kabarnya, Mu sudah mendapatkan lampu hijau untuk meminjam Weghorst, meski sang pemain juga dalam status pinjaman dari Burnley.

MU melakukan pencarian striker yang bagus untuk gantikan Cristiano Ronaldo. Saat ini, manajer MU Erik Ten Hag masih kekurangan tenaga di lini depan yang tinggal menyisakan Anthony Martial dan Marcus Rashford.

Namun persetujuan untuk pinjamkan Weghorst dari Besiktas ke MU tak semudah membalikkan tangan. Klub asal Turki itu harus setuju dulu untuk mempersingkat peminjaman sang pemain dari Burnley.

 


Kompensasi

Perempatfinal Piala Dunia 2022: Belanda vs Argentina
Pemain Timnas Belanda, Wout Weghorst (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama Belanda ke gawang Timnas Argentina dalam laga babak perempatfinal Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Lusail, Qatar, Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB. (AFP/Juan Mabromata)

 

Kabarnya, Besiktas keberatan untuk meminjamkan Weghorst ke MU. Namun mereka juga mempertimbangkan kemungkinan uang ganti 10 juta euro untuk memberikan sang pemain kepada MU.

Weghorst sedang dibutuhkan Besiktas musim ini. Saat ini, mereka berada di posisi kelima Liga Turki Super Lig dan tertinggal 7 poin dari Galatasaray.

Dalam 16 kali penampilan, Weghorst sudah mencetak 8 gol dan 4 assist untuk Besiktas. Weghorst memberi sinyal akan pergi usai cetak gol lawan Kimpansa, tapi Gunes memastikan kepindahannya tak semudah itu.

"Weghorst pemain penting buat kami. Ini tak mudah hanya sekadar ucapkan selamat tinggal kepada fans. Dia juga harus bicara dengan klub," kata Gunes.

 


Belum Jelas

Wout Weghorst
Arsenal kabarnya siap mendatangkan penyerang Wolfsburg, Wout Weghorst, jika gagal mempertahankan Pierre-Emmerick Aubameyang. (AFP/Jasper Jacobs)

 

Gunes meyakini semua yang diberitakan soal Weghorst belum pasti. Kalaupun harus serahkan pemain ke MU, Setan Merah harus membayar kompensasi ke Besiktas.

Weghorst sebelumnya main dengan Wolfsburg di Bundesliga. Dia mencetak 59 gol dari 118 kali penampilan dengan klub sebelum gabung Burnley setahun lalu. Dia juga tampil bagus saat main lawan Argentina di Piala Dunia 2022 lalu.

Sementara itu, Burnley kabarnya tak keberatan jika Setan Merah ingin gantian menyewa jasanya. Laporan mengeklaim kedua pihak telah sepakat soal peminjaman Weghorst.

Walau begitu, bukan berarti MU langsung bisa melangkah tanpa hambatan. Raksasa Liga Inggris lebih dulu harus meyakinkan Besiktas. Agen sang pemain, Simon Cziommer, pun mencoba turun tangan mengatasi hal ini.

Cziommer dilaporkan pergi menemui Direktur Olahraga Ceyhun Kazanci pada Senin (9/1/2023). TRT Spor mengeklaim perwakilan Weghorst menghabiskan waktu kurang lebih satu jam di fasilitas pelatihan klub.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengkomunikasikan keinginan kliennya untuk hijrah dari Turki bulan ini. Namun, Kazanci dengan tegas mengajukan syarat sebelum membiarkan Setan Merah membajak pesepak bola berusia 30 tahun.


Dua Syarat

Top Skor Sementara Bundesliga, Lewandowski Kokoh di Puncak
5. Wout Weghorst (14 gol) - Wout Weghorst mampu menunjukan penampilan apiknya di beberapa laga Wolfsburg. Weghorst telah mengkoleksi 14 gol di musim ini. (AFP/Swen Pfortner/pool)

Menurut Metro, terdapat setidaknya dua syarat yang dituntut Besiktas agar Weghorst diizinkan pergi ke Old Trafford pada bursa transfer Januari. Yang pertama, klub asal Turki hanya bakal melepas sang pemain jika mereka berhasil mendapat pengganti.

Usut punya usut, Vincent Aboubakar merupakan sosok yang diincar Besiktas saat ini. Penggawa internasional Kamerun itu harusnya tersedia untuk direkrut, mengingat kontraknya baru saja diputus oleh Al-Nassr sebagai buntut kedatangan Cristiano Ronaldo.

Adapun syarat kedua menyangkut biaya. Besiktas berharap menerima bayaran dari pihak yang terkait dengan transfer Weghorst. Hal ini menjadi semacam kompensasi bagi mereka untuk mengakhiri masa pinjaman Weghorst lebih awal.


Komentar Besiktas

Burnley Taklukkan Tottenham Hotspur 1-0
Gelandang Tottenham Hotspur, Rodrigo Bentancur (kiri) berebut bola dengan penyerang Burnley, Wout Weghorst selama pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Turf Moor, Inggris, Kamis (24/2/2022). Burnley menang tipis atas Tottenham 1-0. (AFP/Nigel Roddis)

Besiktas, melalui Kazanci, sebelumnya memang telah mengeluarkan pernyataan terkait peminjaman Weghorst. Ia menegaskan bahwa klub lain tak bisa begitu saja memboyong sang pemain, meski sudah berdiskusi dengan Burnley.

“Jika Manchester United atau tim lain menginginkan Weghorst, mereka akan bertemu dengan Burnley. Kemudian Burnley akan menghubungi kami dan mendiskusikan persyaratan untuk berpisah,” ujar Kazanci, seperti dilansir dari Metro.

“Apabila kami menerima hal itu, kontraknya akan diakhiri. Namun jika tidak, (kesepakatan) itu bakal berlanjut hingga akhir musim. Dia (Weghorst) tidak bisa pergi begitu saja,” pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya