Akhirnya Menpora Tetap Akan Dilantik Jokowi

Jokowi akan melantik Menpora baru pada 3 April 2023 sore. Kandidat terkuat yang muncul adalah Dito Ariotedjo.

oleh Thomas diperbarui 03 Apr 2023, 13:00 WIB
Diterbitkan 03 Apr 2023, 13:00 WIB
Grand Launching Jersey Rans Nusantara FC Bersama Ronaldinho
Ronaldinho (tengah) berfoto sambil memegang Jersey Rans Nusantara FC bersama Raffi Ahmad (kanan kedua), Rudy Salim (kanan), Dito Ariotedjo (kiri kedua), dan Roofi Ardian saat Grand Launching Jersey Rans Nusantara FC bersama Ronaldinho di Menara Mandiri Level 9, Sudirman, Jakarta, Jumat (24/06/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta- Teka-teki siapa yang akan menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) tetap akhirnya mulai terjawab. Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melantik kader Partai Golkar Dito Ariotedjo sebagai pengganti Zainudin Amali.

Seperti diketahui kursi Menpora lowong sejak Zainudin Amali mengundurkan diri. Pria asal Gorontalo itu memilih fokus untuk menjalani tugas barunya sebagai wakil ketua umum PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) mendampingi Erick Thohir.

Zainudin Amali memilih lengser karena merasa jika terus bertahan sebagai Menpora akan muncul konflik kepentingan. Pasalnya PSSI juga berada di bawah Kemenpora.

Usai Zainudin Amali mundur, Jokowi tidak langsung menetapkan Menpora pengganti. Dalam sebulan ini, Muhadjir Effendy yang menjabat sebagai Plt Menpora. Muhadjir sebelumnya adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia atau Menko PMK.

Dari informasi yang beredar pada Senin (3/4/2023) pagi, Dito Ariotedjo yang akan dilantik Jokowi menjadi Menpora baru hingga 2024. Pelatikan akan dilakukan Senin sore pukul 16.00 WIB bersamaan dengan pelantikan Kepala Badan Penanggulangan Teroris (BNPT).

Kode keras Dito yang akan dilantik sebagai Menpora diungkap Vice President Communication Formula E Jakarta Iman Sjafei. Di Twitter, Iman mengunggah video sedang berolahraga bareng Dito. Keterangan yang dituliskan Iman adalah "Olahraga bersama Menpora".

Dito Ariotedjo memang merupakan sosok yang diajukan partai Golkar sebagai calon Menpora. Ada tiga nama yang kabarnya disetor Golkar. Dua lainnya adalah Ilham Permana dan Putri Komarudin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Profil Dito

Erick Thohir
Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir (duduk kedua dari kanan) bersama Dito Ariotedjo (duduk kiri) sebagai Ketua Kontingen (Chef de Mission/CdM) Olimpiade Remaja ke-3. (KOI)

Dito masih berusia muda sehingga dinilai cocok jadi Menpora. Dia baru berumur 32 tahun. Sosok Dito dikenal sebagai mantan Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI). Sejak kuliah, Dito telah aktif berorganisasi seperti pernah menjadi Bendahara Umum Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Dito memiliki perhatian yang besar pada pengembangan pemuda. Hal tersebut dibuktikannya dengan kontribusi yang diberikan bersama AMPI. Bersama dengan AMPI, Dito membangun ruang kreatif bernama Open Lab yang diresmikan pada Desember 2017 oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.


Kinerja

Kinerja gemilangnya bersama AMPI membuat Golkar percaya untuk mengangkat dirinya menjadi Ketua DPP Partai Golkar Bidang Inovasi Sosial dan Ormas. Pengangkatan Dito tersebut menjadikannya sebagai Ketua Bidang termuda sepanjang sejarah Partai Golkar.

Perhatian dan kepedulian yang dimiliki Dito terhadap pengembangan anak muda dinilai sangat cocok sebagai fundamental seorang Menpora.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya