ANOC Kecewa Indonesia Batalkan Bali World Beach Games 2023: Minggu Lalu Masih Baik-Baik Saja

Pembatalan ANOC World Beach Games 2023 juga mengecewakan atlet dari 100 NOC yang telah lolos kualifikasi.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 05 Jul 2023, 10:00 WIB
Diterbitkan 05 Jul 2023, 10:00 WIB
Delegasi ANOC World Beach Games 2023 meninjau provinsi Bali
Delegasi ANOC World Beach Games 2023 meninjau provinsi Bali (Dok NOC Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta Kabar mengejutkan datang dari olahraga Tanah Air. Kurang dari sebulan lagi, Indonesia memutuskaan batal menggelar ajang kelas dunia, ANOC World Beach Games 2023. Agenda ini sejatinya berlangsung di Bali pada 5-12 Agustus mendatang.

Association of National Olympic Committees (ANOC) mengumumkan keputusan ini lewat akun Instagram-nya, Selasa malam (4/7/2023). Dalam unggahan tersebut, ANOC menyebut kalau pembatalan datang dari panitia lokal (LOC) menyusul tidak turunnya anggaran yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan acara tersebut.

Keputusan yang mendadak ini membuat ANOC tidak punya pilihan selain membatalkan penyelenggaraan World Beach Games 2023. Sementara penyelenggaraan General Assembly ANOC yang rencananya berlangsung di Bali di sela-sela World Beach Games juga batal dan akan dijadwal ulang dalam waktu dekat ini.

"ANOC sangat kecewa dengan tindakan LOC (Komite Olimpiade Indonesia) yang membuat atlet dari 100 NOC yang telah lolos kualifikasi tidak dapat memenuhi ambisi mereka untuk berkompetisi di Olimpiade," tulis ANOC dalam pernyataan resminya.

"ANOC dengan tulus memohon maaf kepada NOC, atlet, dan Federasi Internasional (IF) yang telah menjadi mitra dan berkomitmen untuk acara tersebut, dan kepada para fans di seluruh dunia," ANOC menambahkan.

ANOC juga terkejut dengan pembatalan ini. Sebab selama ini, pihaknya mengaku selalu mendapat masukan positif dari pihak penyelenggara LOC meski ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi.

"ANOC dan LOC bertemu untuk rapat koordinasi mingguan, baru-baru ini minggu lalu, dan LOC sama sekali tidak menunjukkan adanya masalah yang akan mengarah pada hasil seperti ini," tulis ANOC.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berawal dari Kunjungan Delegasi ANOC ke Bali

ANOC World Beach Games pertama kali digelar di Doha, Qatar, 2019 lalu. Pada bulan Juli lalu, anggota dewan eksekutif ANOC dan kepala komisi events, Timothy Fok, serta Sekretaris Jenderal Gunila Lindberg menyatakan Bali siap menjadi tuan rumah edisi berikutnya setelah mengunjungi Pulau Dewata.

Awalnya, ANOC World Beach Games 2023 diperkirakan akan dihadiri 1.200 atlet, 1.400 ofisial dari 100 negara. Selain itu, bersamaan dengan ANOC World Beach Games 2023 akan ada General Assembly ANOC yang dihadiri perwakilan 205 NOC dan 36 federasi internasional olahraga.

ANOC World Beach Games 2023 akan mempertandingkan 10 cabang olahraga mandatory yakni aquathlon, bola tangan pantai, sepakbola pantai, tenis pantai, voli pantai 4x4, polo air pantai, gulat pantai, karate disiplin kata perorangan, selancar layang, hingga renang perairan terbuka 5km.

 


Dukungan dari Presiden RI Joko Widodo

Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari sebelumnya mengatakan, kalau hajatan ini telah mendapat dukungan penuh dari Presiden RI, Joko Widodo.

"Koordinasi awal yang luar biasa. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo untuk membawa banyak event olahraga internasional ke Indonesia sehingga dapat memberikan multi-layer effects bagi Indonesia, baik dari sektor olahraga hingga pariwisata dan ekonomi,” kata Okto dalam pembukaan Move for Peace Photo Exhibition di Kantor NOC Indonesia, Rabu (13/07).

(Selengkapnya baca di sini).

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya