3 Pemain Terhukum SEA Games Dipastikan Bisa Tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23

Sebanyak tiga pemain Timnas Indonesia U-23 yang dijatuhi hukuman sebagai buntut dari kericuhan di final SEA Games 2023 kontra Thailand dipastikan bisa tampil dalam kualifikasi Piala Asia U-23 September mendatang.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 04 Sep 2023, 21:24 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2023, 08:00 WIB
SEA Games 2023: Timnas Indonesia U-22 vs Kamboja
Selebrasi striker Timnas Indonesia U-22, Titan Agung Fawwazi setelah mencetak gol pertama Timnas Indonesia U-22 ke gawang Kamboja pada laga keempat Grup A SEA Games 2023 di Olympic National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Rabu (10/5/2023). Titan Agung bersama Komang Teguh dan Taufany Muslihuddin dijatuhi hukuman skors sebagai buntut dari kericuhan di final SEA Games 2023. Walau demikian, PSSI memastikan trio pemain tetap bisa tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23. (Bola.com/Abdul Aziz)

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak tiga pemain Timnas Indonesia U-23 yang dijatuhi hukuman sebagai buntut dari kericuhan di final SEA Games 2023 kontra Thailand dipastikan bisa tampil dalam kualifikasi Piala Asia U-23 September mendatang.

Hal ini sebagaimana disampaikan Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji saat ditemui awak media di sela-sela pertandingan FIBA World Cup 2023 di bilangan Senayan, Jakarta, Kamis (31/8/2023) malam WIB.

Seperti diketahui, terdapat trio nama penggawa Garuda Muda yang sebelumnya dijatuhi sanksi larangan bertanding enam kali oleh AFC akibat adanya gesekan dengan Thaliland dalam partai puncak ajang olahraga multi event se-Asia Tenggara beberapa waktu lalu.

Adapun ketiga pemain yang dimaksud ialah Titan Agung, Komang Teguh, dan Taufany Muslihuddin. Kendati begitu, nama-nama tersebut kembali dipanggil oleh pelatih Shin Tae-yong untuk memperkuat skuad racikannya dalam kualifikasi Piala Asia U-23 2023.

Sumardji pun memastikan tidak akan ada masalah dalam pemanggilan itu lantaran PSSI sudah melakukan konfirmasi via surat dengan komisi disiplin AFC.

"(Soal pemain) yang kena sanksi, 3 hari yang lalu, begitu kami kirim pemanggilan ke beberapa klub, kami juga langsung mengonfirmasi kembali, bersurat kembali ke komdis AFC dan kemarin malam sudah dijawab," papar Sumardji.

"Intinya bahwa kualifikasi AFC masuk dalam kalender FIFA, sehingga yang dikatakan friendly match itu bukan kalender FIFA. Artinya, (Titan, Komang, dan Taufany) bisa dimainkan (di kualifikasi Piala Asia U-23)" tambah dia.


Misi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23

SEA Games 2023: Final: Timnas Indonesia U-22 vs Thailand
Bek Timnas Indonesia U-22, Komang Teguh Trisnanda melepaskan tendangan ke gawang Thailand pada laga final cabor sepak bola SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

Sekadar informasi, Timnas Indonesia U-23 mengusung misi penting di kualifikasi Piala Asia U-23 pada 6-12 September mendatang. Skuad racikaan Shin Tae-yong diharapkan mampu tembus ke putaran final yang diagendakan berlangsung di Qatar pada 2024.

Pasalnya, penampilan di Piala Asia U-23 Qatar menjadi langkah penting bagi Timnas Indonesia jika ingin memperbesar peluang berpartisipasi dalam ajang multi event terbesar Olimpiade Paris 2024.

Demi mewujudkan hal tersebut, skuad Garuda Muda pun wajib finis sebagai juara grup di kualifikasi Piala Asia U-23. Kalau pun gagal, anak-anak asuh Shin Tae-yong setidaknya harus bisa mengamankan tempat sebagai empat runner-up terbaik.


Daftar Skuad Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2023

Timnas Indonesia U-22 Vs Timnas Vietnam U-22 Semifinal SEA Games 2023
Pemain Timnas Indonesia U-22, Komang Teguh Trisnanda (kanan) melakukan selebrasi bersama Pratama Arhan setelah mencetak gol ke gawang Timnas Vietnam U-22 pada laga semifinal sepak bola SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (13/05/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

1. Rafael William Struick - Ado Den Haag

2. Arkhan Fikri - Arema FC

3. Muhammad Dzaky Asraf - PSM Makassar

4. Nuri Agus Wibowo - Bekasi FC

5. Titan Agung Bagus Fawwazi - Bhayangkara Presisi FC

6. Komang Teguh Trisnanda - Borneo FC

7. Muhammad Fajar Fathur Rachman - Borneo FC

8. Daffa Fasya Sumawijaya - Borneo FC

9. Muhammad Taufany Muslihuddin - Borneo FC

10. Ivar Jenner - FC Utrecht

11. Elkan William Tio Baggott - Ipswich Town

12. Marselino Ferdinan - K.M.Z.K Deinze

13. Ernando Ari Sutaryadi - Persebaya Surabaya

14. Beckham Putra Nugraha – Persib Bandung

15. Rizky Ridho Ramadhani – Persija Jakarta

16. Muhammad Ferarri – Persija Jakarta

17. Doni Tri Pamungkas – Persija Jakarta

18. Muhammad Rayhan Hannan – Persija Jakarta

19. Ilham Rio Fahmi – Persija Jakarta

20. Muhammad Akbar Arjunsyah – Persija Jakarta

21. Witan Sulaeman – Persija Jakarta

22. Jeam Kelly Sroyer – Persik Kediri

23. Muhammad Ramadhan Sananta – Persis Solo

24. Alfeandra Dewangga Santosa – PSIS Semarang

25. Victor Benjamin Dethan – PSM Makassar

26. Hokky Caraka Bintang Bryliant – PSS Sleman

27. Pratama Arhan Alif Rifai - Tokyo Verdy

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya