Kualifikasi Euro 2024: Laga Belgia vs Swedia Ditunda Usai Insiden Penembakan yang Tewaskan 2 Orang

Pertandingan Belgia vs Swedia di laga kualifikasi Euro 2024 dihentikan hingga babak pertama setelah dua fans Swedia terbunuh di Brussels

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 17 Okt 2023, 08:00 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2023, 08:00 WIB
Belgia vs Swedia
Seorang suporter merasa terhibur di tribun setelah penangguhan pertandingan sepak bola kualifikasi grup F Euro 2024 antara Belgia dan Swedia di Stadion King Baudouin di Brussel, Senin, 16 Oktober 2023. Pertandingan dihentikan pada babak kedua setelah dua pemain Swedia terbunuh dalam pertandingan tersebut. penembakan di pusat kota Brussel sebelum kickoff. (Foto AP/Geert Vanden Wijngaert)

Liputan6.com, Jakarta Swedia telah mengambil keputusan untuk tidak melanjutkan pertandingan di paruh kedua laga Kualifikasi Euro 2024 melawan Belgia di King Baudouin, Brussels, Selasa (17/10/2023). Ini setelah ada informasi insiden penembakan di Brussels.

Pertandingan Swedia lawan Belgia sudah berjalan hingga turun minum. Skor saat itu sama kuat 1-1.

Namun, beredar informasi seorang pria bersenjata membunuh dua orang yang mengenakan kaos sepak bola Swedia.

Belum ada tersangka yang ditangkap karena pelaku penembakan masih buron. Usai penembakan, ibu kota Belgia berada dalam status siaga terorisme tertinggi.

Polisi dilaporkan telah menutup lokasi kejadian. Seorang juru bicara polisi mengkonfirmasi bahwa dua orang tewas secara tragis dalam penembakan.

Tapi, juru bicara jaksa juga menolak memberikan rincian mengenai para korban atau kemungkinan motif apa pun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lokasi Stadion Berjarak 3 Mil dari Lokasi Penembakan

Foto: Ngeri! Dua Warga Swedia Jadi Korban Penembakan, Laga Timnas Belgia vs Timnas Swedia di Kualifikasi Euro 2024 Dihentikan
UEFA pun memutuskan, selain dihentikan, laga antara Timnas Belgia dan Swedia juga dibatalkan dan akan ditentukan di kemudian hari. (AFP/John Thys)

Pertandingan Belgia vs Swedia yang berlangsung di Stadion King Baudouin, hanya sekitar tiga mil dari lokasi penembakan.Namun pertandingan hanya bertahan 45 menit dengan skor 1-1.

Mantan bintang Coventry City Viktor Gyokeres membuka skor saat membawa Swedia unggul pada menit ke-15.

Romelu Lukaku yang dipinjamkan ke AS Roma menyamakan kedudukan melalui titik putih pada menit ke-31.

 


Pernyataan UEFA Usai Insiden Penembakan

Foto: Ngeri! Dua Warga Swedia Jadi Korban Penembakan, Laga Timnas Belgia vs Timnas Swedia di Kualifikasi Euro 2024 Dihentikan
Setelah kejadian, kepolisian Belgia meminta para suporter Timnas Swedia untuk tetap bertahan di dalam stadion demi keamanan mereka. (AFP/John Thys)

Pertandingan tidak dilanjutkan setelah jeda karena para pemain memutuskan tidak ingin melanjutkan bentrokan karena baku tembak yang terjadi sebelum kick-off.

UEFA merilis pernyataan tak lama setelah ditinggalkannya Belgia vs Swedia. "Menyusul dugaan serangan teroris di Brussels malam ini, telah diputuskan, setelah berkonsultasi dengan kedua tim dan otoritas kepolisian setempat, bahwa pertandingan kualifikasi UEFA EURO 2024 antara Belgia dan Swedia dibatalkan. Komunikasi lebih lanjut akan dilakukan dibuat pada waktunya."


Perdana Menteri Belgia Sampaikan Duka Cita

Insiden Penembakan saat Laga Belgia vs Swedia
Para suporter diminta untuk bertahan di dalam stadion setelah pengumuman para pemain tidak akan kembali masuk ke lapangan untuk babak kedua. (JOHN THYS / AFP)

Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo menulis: "Saya turut berduka cita yang terdalam kepada keluarga atas upaya pembunuhan pengecut di Brussels.

“Kami sedang memantau situasi dan ingin meminta warga Brussel untuk waspada.”

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya