Kagumi Shin Tae-yong, Pelatih Korea Selatan Ingin Jadikan Piala Dunia U-17 2023 sebagai Ajang Pembuktian

Pelatih Timnas Korea Selatan U-17 Byun Sung-hwan mengaku ingin menjadikan Piala Dunia U-17 2023 sebagai ajang pembuktian kualitasnya sebagai juru taktik di hadapan Shin Tae-yong.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 15 Nov 2023, 00:01 WIB
Diterbitkan 15 Nov 2023, 00:01 WIB
Pelatih Korea Selatan U-17 Byun Sung-hwan
Pelatih Timnas Korea Selatan U-17 Byun Sung-hwan mengaku ingin menjadikan Piala Dunia U-17 2023 sebagai ajang pembuktian kepada Shin Tae-yong. (Liputan6.com/Melinda Indrasari

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Korea Selatan U-17 Byun Sung-hwan ingin menjadikan Piala Dunia U-17 2023 sebagai ajang pembuktian kualitasnya sebagai juru taktik di hadapan Shin Tae-yong.

Pasalnya, pelatih tim muda Taeguk Warriors itu mengagumi STY. Dia mengaku ingin mengikuti jejak mantan juru taktik Timnas Korea Selatan itu di ajang sepak bola muda bergengsi.

Sebagai informasi, Byun Sung-hwan memang sudah terang-terangan mengeklaim punya hubungan baik dengan Shin Tae-yong. Kedua pihak pernah bekerja sama kala masih berkarier di klub Negeri Ginseng.

STY yang kini menduduki kursi kepelatihan Timnas Indonesia sempat menjabat sebagai pelatih di Seongham Ilhwa Chunma dari periode 2008-2012. Sementara itu, Byung Sung-hwan tercatat sebagai pemain di klub yang sama pada medio 2012.

Pelatih Timnas Korea Selatan U-17 pun menilai tinggi peran Shin Tae-yong dalam karier manajerialnya. Juru taktik berusia 53 tahun dianggap sebagai guru.

"Seperti yang saya katakan di laga perdana, saya tidak bisa bertemu dengan dia (Shin Tae-yong) karena jadwal kami sangat padat. Namun, ketika saya aktif bermain di Seongnam Ilhwa Chunma, dia adalah pelatih saya," ucap Byun Sung-hwan saat ditemui di sela-sela sesi latihan Timnas Korea Selatan U-17, Selasa (14/11/2023).

"Sampai sekarang, hubungan kami masih sangat baik. Saya ingin membuktikan diri saya kepada dia yang saya anggap seorang guru," sambung juru taktik berusia 43 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sempat Dikunjungi Shin Tae-yong

Timnas Indonesia U-17 Vs Korea Selatan U-17
Pelatiih Timnas Korea Selatan U-17, Byun Sung-hwan, memberikan keterangan ke awak media sebelum pertandingan melawan Timnas Indonesia U-17 di di Hotel Sultan, Jakarta pada Selasa (28/08/2023). (Bola.com/Abdul Aziz).

Meski tak sempat berjumpa di periode Piala Dunia U-17 2023, Byun Sung-hwan mengaku pernah dikunjungi Shin Tae-yong kala menjalani pemusatan latihan (TC) di Tanah Air pada September lalu.

Juru taktik Timnas Indonesia ini bahkan memberi makan kepada anak-anak asuh Byun Sung-hwan. Shin Tae-yong juga disebut memberi saran dan turut menonton pertandingan Korea Selatan U-17 di Tanah Air.

"Di bulan September, ketika kami datang ke sini untuk latihan, dia mendatangi kami, memberi makan kepada para pemain, menonton pertandingan kami, dan memberi saran kepada kami," ujar Byun Sung-hwan.


Doakan Kesuksesan Shin Tae-yong

Shin Tae-yong - Timnas Indonesia - Piala AFF U-23 2023
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan arahan dalam latihan di lapangan kompleks sekitar Stadion Internasional Basra, Irak, Minggu (12/11) pukul 16:00 waktu setempat. Timnas Indonesia akan menghadapi Irak pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Kamis, 16 November. (foto: PSSI)

Sekadar informasi, Byun Sung-hwan memang nyaris tak mungkin berjumpa dengan Shin Tae-yong dalam waktu dekat. Juru taktik Timnas Indonesia saat ini sedang berada di Irak untuk melakoni duel putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pelatih Timnas Korea Selatan U-17 pun sebelumnya juga sempat melontarkan dukungan buat STY. Dia berharap Timnas Indonesia bisa memperoleh hasil terbaik di bawah asuhan juru taktik berusia 53 tahun.

"Saya dengar, sekarang dia (Shin Tae-yong) mempersiapkan tim untuk Kualifikasi Piala Dunia. Saya harap dia dapat hasil bagus, dan tentu untuk Timnas Indonesia juga," tutur Byun Sung-hwan kepada awak media beberapa waktu lalu.

Infografis Negara Paling Sering Juara Piala Dunia U-17
Infografis Negara Paling Sering Juara Piala Dunia U-17 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya