Barcelona Lolos 16 Besar Liga Champions, Xavi Tidak Puji 2 Joao Tapi Pemain Muda Ini

Barcelona akhirnya bisa mengakhiri tekanan tak lolos 16 besar Liga Champions di dua musim sebelumnya. Barca kini lolos dengan meyakinkan usai kalahkan Porto.

oleh Defri Saefullah diperbarui 29 Nov 2023, 20:00 WIB
Diterbitkan 29 Nov 2023, 20:00 WIB
Liga Champions Barcelona vs Porto
Para pemain Barcelona merayakan akhir duel matchday 5 Grup H Liga Champions 2023/2024 melawan Porto di Stadion Montjuic pada Rabu (29/11) dinihari WIB. (LLUIS GENE / AFP)

Liputan6.com, Barcelona- Barcelona berhasil memastikan lolos ke-16 besar Liga Champions usai kalahkan Porto 2-1 pada matchday kelima grup H di stadion Olimpic Lluis Companys, Rabu (28/11/2023) dini hari WIB. Dua gol dari Joao Cancelo dan Joao Felix selamatkan muka Barca di Liga Champions.

Sebelumnya, Porto terlebih dahulu unggul lewat Pepe Aquino. Namun Barcelona mampu bangkit sekaligus menyegel tiket ke 16 besar Liga Champions.

Menyisakan satu pertandingan lagi, posisi Barcelona sudah aman. Meski kalah di laga terakhir melawan Antwerp, sesuatu yang mungkin tak akan dibiarkan Barcelona, posisi tim asuhan Xavi Hernandez masih aman.

Porto dan Shakhtar Donetsk akan berebut posisi dua atau mungkin pertama kalau bisa lewati torehan gol Barcelona. Kedua tim saat ini ada di posisi dua dan tiga dengan nilai 9 poin.

Meski duo Joao jadi pahlawan, Xavi Hernandez ternyata lebih suka melihat penampilan kiper mudanya, Inaki Pena. Pemain jebolan La Masia ini tampil gemilang untuk gantikan posisi Marc Andre Ter-Stegen yang mengalami cedera punggung.

"Inaki Pena sudah tampil luar biasa. Tak hanya penyelamatannya, tapi juga saat membangun serangan. Dia sudah menunjukkan karakter yang hebat," kata Xavi seperti dikutip Football Espana.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Titik Balik Barcelona

Inaki Pena, Barcelona
Kiper muda Barcelona, Inaki Pena (AFP)

 

Kemenangan ini menjadi titik balik bagi Barcelona dan Xavi. Hasil imbang 1-1 melawan Rayo Vallecano di Liga Spanyol konon membuat posisi Xavi tertekan.

Namun kemenangan lawan Porto menjadi bukti racikan Xavi di Barcelona tetap bisa diandalkan. Apalagi Barca dalam posisi tertinggal lebih dahulu lawan Porto.

"Setelah kami tertinggal, semuanya terlihat suram, tapi kami punya mental menang di pertandingan ini. Di babak kedua, kami tampil lebih baik. Saya bahagia, sangat bahagia hari ini," ujarnya.

 


Rumor Xavi Digeser Sirna

Foto: Daftar 5 Pelatih Termuda di Liga Champions Musim 2023 / 2024, Termasuk Juru Taktik Arsenal Mikel Arteta
Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez tercatat menjadi pelatih termuda keempat pada Liga Champions 2023/2024. Saat ini juru taktik yang mulai menangani Blaugrana sejak awal musim 2021/2022 menginjak usia 43 tahun. Hingga kini ia telah mencatatkan 62 kali menang, 18 imbang dan 19 kali kalah dalam 99 laga di semua ajang kompetisi. Pada matchday pertama Liga Champions 2023/2024 Barcelona menang telak 5-0 atas FC Antwerp. (AFP/Javier Soriano)

 

Sebelum pertandingan melawan Porto, santer diberitakan presiden Joan Laporta dan Deco sangat kecewa dengan hasil imbang 1-1 lawan Rayo Vallecano. Hasil ini membuat Barcelona makin tertingggal dari Real Madrid di perburuan gelar La Liga.

Namun Deco membantah Barcelona ingin menggeser Xavi dari posisi pelatih.

"Di Barcelona, selalu ada rumor. Kalau kami memperbarui kontrak Xavi itu karena kami mempercayai dia," ujarnya.

 


Joao Cancelo Bikin Khawatir

Liga Champions Barcelona vs Porto
Barca langsung membalas melalui Joao Cancelo di menit ke-32 dan mengunci kemenangan di babak kedua lewat aksi Joao Felix (57'). (AP Photo/Joan Monfort)

 

Meski menang, ada pemandangan mengkhawatirkan di pertandingan lawan Porto. Joao Cancelo yang mencetak 1 gol dan assist ini harus ditarik keluar di menit ke-82 karena tampak kesakitan.

Fans sempat khawatir karena butuh bek kiri Portugal ini untuk pertandingan lawan Atletico Madrid. Namun Cancelo menepis kekhawatiran fans.

"Saat membela Portugal dan melawan Rayo Vallecano, saya sudah merasakan hamstring saya sedikit sakit dan sekarang tambah lagi. Tapi saya akan siap main lawan Atletico Madrid," ujar Cancelo.

 

Infografis  Barcelona
Infografis transfer pemain termahal di Barcelona (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya