Ada Peran Penting Lionel Messi di Balik Kesuksesan Lamine Yamal

Yamal mengakui Messi memiliki peran dalam pengembangan kariernya. Dirinya begitu terinspirasi Messi.

oleh Thomas diperbarui 05 Des 2023, 15:00 WIB
Diterbitkan 05 Des 2023, 15:00 WIB
Foto: Melihat Aksi Lamine Yamal, Bocil 16 Tahun yang Bawa Barcelona Comeback di Markas Villarreal
Pemain Barcelona, Lamine Yamal, merayakan gol ke gawang Villarreal pada laga Liga Spanyol 2023/2024 di Stadion La Ceramica, Minggu (27/8/2023). Barca menang dengan skor 4-3. (AFP/Javier Soriano)

Liputan6.com, Jakarta- Bintang muda Barcelona Lamine Yamal sangat berterima kasih kepada Lionel Messi. Ternyata ada peran besar Messi dalam kesuksesan Yamal menjadi salah satu pemain muda paling berbakat di dunia saat ini.

Yamal menarik perhatian setelah berhasil menembus tim utama Barcelona musim ini meski usianya baru 16 tahun. Yamal memecahkan sederet rekor termuda baik bersama Barcelona, timnas Spanyol maupun di ajang penghargaan lain.

Yang teranyar Yamal menjadi pemain termuda yang masuk nominasi Golden Boy Award yang digelar media Italia, Tuttosport. Yamal memang gagal menang penghargaan utama tapi dia mendapat penghargaan The Youngest dari Tuttosport.

Saay menghadiri malan anugrah Golden Boy Award, Yamal menuturkan kariernya banyak terpengaruh oleh sosok Messi. Tanpa Messi, Yamal tidak akan bisa menjadi seperti sekarang ini.

"Lionel Messi telah dan terus menjadi panutan saya, dialah yang menginspirasi saya dan memberi saya semangat,” ujar Yamal seperti dikutip dari Tribal Football.

Yamal digadang sebagai calon penerus Messi di Barcelona. Sejauh ini Yamal bahkan melebihi pencapaian Messi dalam urusan debut di tim senior.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kiprah Dahsyat Yamal di Usia 16

Foto: Momen Sergio Ramos Cetak Gol Bunuh Diri untuk Kemenangan Barcelona di Liga Spanyol
Pemain Barcelona, Lamine Yamal melakukan selebrasi setelah pemain Sevilla, Sergio Ramos mencetak gol bunuh diri pada laga lanjutan Liga Spanyol 2023/2024 melawan Barcelona di Estadi Olimpic Lluis Companys, Barcelona, Spanyol, Sabtu (30/09/2023) dini hari WIB. Gol bunuh diri Ramos berawal dari umpan silang Lamine Yamal. (AFP/Pau Barrena)

Yamal mulai debut di tim senior Barcelona pada 29 April 2023. Dia masuk sebagai pemain pengganti menggantikan Gavi saat melawan Real Betis. Yamal langsung memecahkan rekor pemain termuda yang debut di Barcelona. Saat itu Yamal baru 15 tahun, 9 bulan and 16 hari.

Selain itu Yamal juga menorehkan tinta emas sebagai pemain termuda yang menjadi starter dan termuda yang membuat gol untuk Barcelona. Yamal pun turut jadi pemain termuda Barcelona yang main di El Clasico.

Tak cuma di Barcelona, Yamal juga memecahkan banyak rekor di timnas Spanyol. Meski baru 16 tahun, Yamal sudah dipanggil membela timnas senior La Furia Roja.


Rekor-Rekor Lamine Yamal

Yamal melakukan debut di timnas Spanyol pada 8 September 2023 saat melawan Georgia. Dia laga itu Yamal langsung bikin gol. Dua rekor langsung dipecahkan sebagai pemain termuda yang tampil dan juga termuda sebagai pencetak gol di usia 16 tahun 57 hari.

Rekor milik Gareth Bale sebagai pemain termuda yang mencetak gol di Kualifikasi Euro juga dipecahkan Yamal. Bale sebelumnya berumur 17 tahun dan 83 hari ketika membuat gol.


Klasemen LaLiga

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya