Gagal ke Final, Peluang Timnas Indonesia U-23 Lolos Olimpiade 2024 Masih Terbuka Lebar

Timnas Indonesia akan bertemu Irak pada perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 yang juga berarti tiket ke Olimpiade 2024.

oleh Thomas diperbarui 02 Mei 2024, 21:42 WIB
Diterbitkan 02 Mei 2024, 18:29 WIB
Yordania U-23 vs Timnas Indonesia U-23: Piala Asia U-23 2024
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-23, Witan Sulaeman (kiri) bersama Pratama Arhan setelah mencetak gol kedua ke gawang Yordania U-23 pada laga ketiga Grup A Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Minggu (21/4/2024). (AFP/Karim Jaafar)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-23 tampil luar biasa sepanjang perhelatan Piala Asia U-23 2024. Berstatus sebagai debutan, Indonesia melangkah jaug sampai semifinal sebelum dikalahkan kandidat juara Uzbekistan 0-2 pada awal pekan ini.

Sukses ke semifinal ini melebihi target yang dipatok. Pasukan Shin Tae-yong sebelum berangkat ke Qatar hanya ditarget lolos ke delapan besar Piala Asia U-23 AFC tahun 2024.

Walau kemudian takluk dari Uzbekistan, dan malam nanti harus melakoni laga melawan Irak untuk berebut posisi ketiga sekaligus tiket langsung Olimpiade 2024 Paris, Pencapaian Timnas U-23 Indonesia menurut pengamat sepak bola Mohamad Kusnaeni sudah luar biasa.

"Pencapaian timnas Indonesia U-23 sudah melebihi ekspektasi. Sebagai debutan, sudah luar biasa bisa mencapai posisi empat besar seperti saat ini," ujarnya ketika dihubungi Kamis (2/5/2024).

Namun timnas Indonesia U-23 harus segera melupakan kekalahan dari Uzbekistan, lanjut Bung Kus sapaan akrab Mohamad Kusnaeni. "Tantangan terbesar kita sekarang adalah mengalahkan Irak untuk meraih tiket Olimpiade Paris. Peluang lolos ke Paris cukup terbuka lebar. Secara teknis, Irak tidak sekuat Uzbekistan."

"Soal permainan, Uzbekistan sekelas di atas kita. Lebih rapih kerja samanya, lebih disiplin, dan sangat seimbang saat menyerang maupun bertahan. Irak tidak seperti itu. Permainan mereka kurang terorganisasi dan tidak superior di lapangan tengah. Makanya sempat dikalahkan juga oleh Thailand di fase grup," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sektor Pertahanan Timnas Indonesia Jadi Sorotan

Yordania U-23 vs Timnas Indonesia U-23: Piala Asia U-23 2024
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinan (tengah) bersama Witan Sulaeman (kiri) dan Justin Hubner setelah mencetak gol pertama ke gawang Yordania U-23 lewat eksekusi penalti pada laga ketiga Grup A Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Minggu (21/4/2024). (AFP/Karim Jaafar)

Menghadapi Irak, Timnas Indonesia akan menghadapi pekerjaan berat. Bek andalan sekaligus kapten tim Rizki Ridho harus absen setelah terkena kartu merah di laga kontra Uzbekistan.

"Untuk mengalahkan Irak, kita perlu benahi pertahanan karena nanti Rizki Ridho tidak bisa main. Bisa dengan menggeser Nathan atau pasang trio bek Ferarri-Justin-Komang. Saya lebih condong Nathan tetap di tengah. Kita perlu kuat dan menguasai lini tengah saat menghadapi Irak agar aliran serangan lebih baik," jelas Bung Kus mengenai absennya sang kapten karena kartu merah.

"Kita juga perlu benahi penyelesaian akhir. Pertandingan akan ketat, peluang tidak banyak. Jadi, lebih efektiflah dalam finishing. Semoga Rafael bisa kembali tajam seperti saat melawan Korea Selatan. Pemain lain seperti Witan dan Marselino juga diharapkan lebih pintar memanfaatkan celah di pertahanan lawan," tegasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya