Hasil Piala Uber 2024: Fadia/Ribka Dihajar Pasangan Nomor 1 Dunia, Indonesia 0-2 China di Final

Indonesia tertinggal makin jauh dengan 0-2 dari China dalam laga semifinal Piala Uber 2024 yang dihelat di Hi-Tech Zone Sports Centre Gymnasium, China, pada Minggu (5/5/2024) pagi WIB usai ganda putri Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto kalah di partai kedua.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 05 Mei 2024, 10:13 WIB
Diterbitkan 05 Mei 2024, 10:13 WIB
Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto
Ganda putri Indonesia Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto merupakan pasangan lama yang sempat berkiprah sebelum Fadia dipasangkan dengan Apriyani Rahayu. Mereka kembali bereuni sebagai partner di final Piala Uber 2024, tetapi gagal menyumbangkan poin saat melawan pasangan nomor 1 dunia Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. (foto: PBSI)

Liputan6.com, Jakarta Indonesia tertinggal makin jauh dengan 0-2 dari China dalam laga semifinal Piala Uber 2024 yang dihelat di Hi-Tech Zone Sports Centre Gymnasium, China, pada Minggu (5/5/2024) pagi WIB.

Hal itu lantaran ganda putri Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto gagal melewati adangan pasangan nomor 1 dunia Chen Qing Chen Jia Yi Fan di partai kedua. Fadia/Ribka dipaksa takluk dua game langsung dengan 11-21, 8-21.

Menilik jalannya laga, Fadia/Ribka yang diberi kesempatan bereuni dalam laga puncak Piala Uber 2024 sempat menunjukkan perlawanan sengit di awal game pertama. Mereka memimpin dengan 3-4, sebelum Chen Qing Chen/Jia Yi Fan mulai membalikkan keadaan.

Wakil tuan rumah terus memimpin hingga mendekati interval. Upaya serangan dilancarkan Fadia/Ribka demi mengejar ketertinggalan, tetapi ganda putri Indonesia masih berada di posisi minor 7-11 saat interval.

Permainan duo Tiongkok makin tak terbendung pasca jeda. Pasangan peringkat 1 dunia itu tidak terlalu kesulitan memaksa Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto tertinggal setengah skor dengan 7-11. Dalam waktu relatif singkat, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan sudah berhasil mencuri kemenangan di game pembuka. Fadia Ribka dipaksa takluk dengan selisih realtif jauh, 11-21.

Chen Qing Chen/Jia Yi Fan langsung tancap gas memasuki awal set kedua. Mereka tampil agesif, sehingga membuat Fadia/Ribka tertinggal cepat pada permulaan permainan.

Upaya-upaya yang dilakukan demi mengikis ketertinggalan pun tak terlalu berdampak signifikan. Rangkaian smash tajam dari pasangan tuan rumah membawa ganda putri Indonesia kembali berada di posisi minor 4-11 saat interval.

Chen/Jia bermain makin solid pasca jeda. Sebaliknya, ganda putri bulu tangkis Indonesia mulai kehabisan cara untuk mengejar ketertinggalan. Kedua pasangan terpaut 10 angka di kedudukan 6-16 untuk keunggulan wakil China.

Chen Qing Chen/Jia Yi Fan pun tak butuh waktu lama untuk menyegel angka tambahan bagi timnya. Hal itu lantaran Fadia/Ribka mampu dipaksa tunduk dengan 8-21 di game kedua.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gregoria Sudah Kalah, Ester Jadi Harapan Terakhir

Gregoria Mariska Tunjung - Piala Uber 2024
Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung gagal memenangkan partai pertama final Piala Uber 2024 kontra wakil China Chen Yu Fei pada Minggu (5/5/2024) pagi WIB. (foto: PP PBSI)

Sebelumnya, tunggal putri andalan Indonesia Gregoria Mariska Tunjung sudah lebih dulu takluk di partai pembuka melawan jagoan China Chen Yu Fei di final Piala Uber 2024.

Pebulu tangkis berusia 24 tahun yang saat ini menduduki ranking 9 dunia kalah lewat dua game langsung 7-21 dan 16-21 dari lawannya yang bertengger di urutan 2 dunia.

Alhasil, dengan kekalahan kedua Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto atas Chen/Jia, Indonesia kini hanya memiliki satu harapan tersisa di nomor tunggal putri kedua yang diwakili oleh Ester Nurumi Tri Wardoyo.

Adik Chico Aura Dwi Wardoyo akan menantang He Bing Jiao sekaligus menjadi penentu kelanjutan napas Merah Putih di laga final. Apabila gagal, Indonesia harus puas menyandang status sebagai runner-up Piala Uber 2024.

Sebaliknya jika berhasil menang, laga akan dilanjutkan ke partai keempat ganda putri 2 dengan menampilkan duel Lanny Tria Mayasari/Rachel Allessya Rose vs Liu Sheng Shu/Zhang Shu Xian.


Hasil Final Piala Uber 2024 Indonesia vs China

Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti
Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti menjuarai PBSI Home Tournament, Jumat (17/7/2020). (PBSI)

Tunggal 1: Gregoria Mariska Tunjung vs Chen Yu Fei 7-21, 16-21

Ganda 1: Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto vs Chen Qing Chen/Jia Yi Fan; 11-21

Tunggal 2: Ester Nurumi Tri Wardoyo vs He Bing Jiao

Ganda 2: Lanny Tria Mayasari /Rachel Allessya Rose vs Liu Sheng Shu/Zhang Shu Xian

Tunggal 2: Komang Ayu Cahya Dewi vs Han Yue

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya