Erik ten Hag Dapat Angin Surga dari Bos Manchester United, Berpeluang Dipertahankan Musim Depan

Erik ten Hag mendapat angin segar dari pemilik saham minoritas Manchester United Sir Jim Ratcliffe. Miliarder asal Inggris itu membuka peluang pihaknya mungkin mempertahankan juru taktik MU musim depan.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 19 Mei 2024, 13:30 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2024, 13:30 WIB
Investor Manchester United Sir Jim Ratcliffe
Sir Jim Ratcliffe (tengah) mengirim sinyal pihaknya berpeluang mempertahankan Erik ten Hag sebagai pelatih Manchester United musim depan. (AFP/Valery Hache)

Liputan6.com, Jakarta Pemilik saham minoritas Manchester United Sir Jim Ratcliffe baru-baru ini memberi angin segar buat pelatih Setan Merah Erik ten Hag. CEO INEOS itu mengeluarkan pernyataan yang memberi sinyal sang juru taktik masih berpeluang lanjut menukangi MU musim depan.

Seperti diketahui, masa depan Ten Hag belakangan ramai menjadi perbincangan. Juru taktik asal Belanda diyakini bakal didepak tak lama lagi, menyusul kinerjanya yang anjlok sepanjang kampanye 2023/2024.

Erik ten Hag gagal mengantar anak-anak asuhnya mempertahankan gelar Carabao Cup. Mereka juga tersingkir dari Liga Champions sejak fase grup, dan dipastikan tak lolos ke ajang serupa musim depan lantaran masih terkunci di urutan 8 klasemen hingga mendekati pekan terakhir Liga Inggris.

Situasi tersebut membuat sejumlah nama sempat santer dikaitkan dengan jabatan juru taktik baru Manchester United. Thomas Tuchel, Graham Potter, Thomas Frank, hingga Gareth Southgate jadi deretan sosok pelatih yang dianggap cocok menduduki kursi panas Old Trafford.

Walau begitu, bos MU belum lama ini justru mengirim sinyal dirinya kemungkinan bakal mempertahankan Erik ten Hag hingga setelah musim panas. Pasalnya, mantan pelatih Ajax dinilai bukan satu-satunya pihak yang bertanggung jawab atas situasi buruk Setan Merah saat ini.

"Ini bukan soal manajer. Jika Anda lihat Manchester United dalam 11 tahun terakhir, kinerjanya tidak terlalu buruk. Akan tetapi, belum ada pula manajer yang berhasil menjalankan tugasnya dengan begitu baik," ucap Ratcliffe.

"Padahal ada beberapa pelatih bagus yang didatangkan ke Manchester United (namun hasilnya tetap sama). Jadi Anda tahu, kesimpulannya yang belum bagus (dari MU) adalah lingkungan di sekitar pelatih, karena tak satu pun dari pelatih-pelatih tersebut mampu sukses (bersama Setan Merah)," tandas dia, dikutip dari Football Transfers.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sir Jim Ratcliffe Ingin Buat Perubahan Lain

Foto: Sir Jim Ratcliffe, Miliarder Inggris yang Dikabarkan Tertarik Beli Manchester United
Ketertarikan miliarder kaya raya asal Inggris, Sir Jim Ratcliffe terhadap MU tampaknya juga harus mendapat persaingan. Perusahaan Amerikas Serikat, Apollo dikabarkan juga memiliki ketertarikan untuk membeli sejumlah saham Manchester United. Bahkan, diskusi awal antara Apollo dan Glazer dikabarkan sudah terjadi. (AFP/Valery Hache)

Lebih lanjut, Sir Jim Ratcliffe juga mengindikasikan pihaknya untuk saat ini lebih ingin membuat perubahan di aspek lain untuk Manchester United.

Alih-alih terus mengganti pelatih, miliarder asal Inggris menilai lebih mendesak bagi Setan Merah melakukan perubahan struktur yang nantinya bakal turut memengaruhi lingkungan kerja sang juru taktik.

"Anda tahu, Erik (ten Hag) bekerja di lingkungan yang sama (dengan pelatih-pelatih sebelumnya)," tutur pemilik saham minoritas MU, melansir Football Transfers.

"Jadi fokus kami adalah bagaimana mengubah lingkungan tersebut serta (memperbaiki) struktur yang nantinya menciptakan lingkungan kerja tertentu buat pelatih," tandas Sir Jim Ratcliffe dalam pernyataannya.


Erik ten Hag Singgung Badai Cedera MU

Pelatih Manchester United Erik ten Hag
Pelatih Kepala Manchester United, Erik Ten Hag memberikan instruksi dari garis samping saat pertandingan sepak bola final Piala Liga Inggris antara Manchester United dan Newcastle United di Stadion Wembley di London, Minggu, 26 Februari 2023. Ten Hag menjadi manajer kedelapan United yang memenangkan trofi besar setelah Ernest Mangnall, Sir Matt Busby, Tommy Docherty, Ron Atkinson, Sir Alex Ferguson, Louis van Gaal dan Jose Mourinho. (AP Photo/Scott Heppell)

Sebelumnya, manajer Manchester United Erik ten Hag juga sempat mengutarakan keyakinan soal masa depan di Old Trafford. Juru taktik asal Belanda cukup optimistis dirinya tak bakal serta-merta dipecat oleh bos MU lantaran ada faktor lain yang melatarbelakangi kinerja buruk timnya.

Ten Hag menyinggung badai cedera yang melanda Setan Merah sepanjang kampanye 2023/2024. Menurut dia, situasi tersebut jadi faktor kunci yang menyulitkan sang pelatih membawa skuad racikannya tampil moncer memasuki musim kedua di Old Trafford.

"Tidak (saya tidak takut dipecat). Saya pikir mereka (petinggi MU) punya akal sehat," ucap Erik ten Hag, seperti dilansir dari pemberitaan Metro beberapa waktu lalu.

"Mereka bisa lihat ketika Anda punya 32 main lini belakang berbeda, atau ketika Anda kehilangan 8 bek tengah. Mereka lihat ketika kami menggunakan 13 kemitraan berbeda di pos bek tengah, atau ketika kami tidak memiliki bek sayap kiri, serta ketika kami menghadapi begitu banyak cedera."

"Mereka tahu situasi itu akan berdampak negatif pada hasil. Akan tetapi, kami tetap berjuang dan (berhasil mencapai) final Piala FA yang sangat besar," tambahnya.


Posisi MU di Liga Inggris 2023/2024

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya