Timnas Basket Indonesia Lolos ke FIBA Asia Cup U-18 2024

Timnas basket Indonesia mendampingi Filipina sebagai wakil Asia Tenggara di FIBA Asia Cup U-18 2024.

oleh Thomas diperbarui 22 Jul 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2024, 12:00 WIB
Pemain timnas Indonesia U-18 basket Cliffton Wijaya beraksi di Malaysia
Pemain timnas Indonesia U-18 basket Cliffton Wijaya beraksi di Malaysia

Liputan6.com, Jakarta Kabar menggembirakan datang darim timnas basket U-18 Indonesia. Cliffton Wijaya dan kawan-kawan berhasil merebut satu tiket berlaga di FIBA Asia Cup U-18 2024 di Yordania. Indonesia menjadi runner-up FIBA U18 Asia Cup SEABA Qualifiers 2024 Kuala Lumpur, Malaysia, 19-21 Juli 2024.

Pada FIBA U18 Asia Cup SEABA Qualifiers 2024 Kuala Lumpur, Indonesia meraih dua kemenangan dan sekali kalah. Indonesia lolos setelah menang atas Thailand 70-56 dan taklukkan tuan rumah Malaysia dengan 77-64.

Di laga terakhir, Indonesia kalah atas Filipina. Kekalahan 64-87 atas Filipina di MABA Stadium minggu sore (21/7), tidak pengaruhi kelolosan Indonesia ke FIBA U18 Asia Cup 2024 Yordania.

Indonesia ke Yordania ditemani Filipina dengan status juara di FIBA U18 Asia Cup SEABA Qualifiers 2024.

Pelatih Timnas Basket U-18 Andrie Ekayana usai laga mengapresiasi perjuangan anak asuhnya di FIBA U18 Asia Cup SEABA Qualifiers 2024. Mereka telah berusaha keras sepanjang pertandingan. Terutama saat melawan Filipina.

“Salut dan terima kasih buat semua pemain yang sudah berusaha mati-matian di lapangan untuk mengeluarkan yang terbaik yang mereka punya,” terang Yayan, sapaan karib Coach Andrie Ekayana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perbaiki Tim

Timnas basket U-18 Indonesia
Timnas basket U-18 Indonesia

Kata Coach Yayan, secara kualitas memang Filipina berada satu tingkat di atas Indonesia. Namun jika Indonesia mampu memaksimalkan waktu menatap FIBA U18 Asia Cup 2024, bukan tidak mungkin perbedaan itu bisa dipangkas.

“Memang harus diakui mereka di atas kita. Beberapa perubahan strategi sudah berusaha kita lakukan, tapi mereka selalu menemukan jawaban,” ungkapnya.

“Saya bertanggung jawab penuh tentang hasil ini,” terang Yayan.

Setelah dipastikan lolos ke Yordania, Yayan mengaku tim asuhannya perlu perbaikan agar bisa berbicara banyak. Di antaranya terkait strength, speed endurance, dan kualitas eksekusi.

“Untuk menatap FIBA U18 Asia Cup Yordania nanti, akan ada program penguatan sebelum para pemain kembali ke training camp. Setelah kejuaraan ini, para pemain melanjutkan kegiatan di tempat masing-masing,” terangnya.


Sudah Maksimal

Manajer Timnas U-18 Putra Murni Setiono mengatakan, perjuangan para pemain sudah maksimal di Kuala Lumpur ini. Mereka mampu mencatatkan sejarah dengan melaju ke FIBA Asia Cup melalui kualifikasi di SEABA U-18 untuk kali pertama.

“Ini merupakan rute ke FIBA U18 Asia Cup melalui SEABA U-18 untuk kali pertama dan anak-anak bisa melakukan itu dengan baik. Semua ini karena permainan anak-anak solid dan saling percaya sebagai satu tim,” jelas Murni.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya