Alasan Timnas Indonesia Tantang Australia di SUGBK pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Timnas Indonesia bakal menghadapi Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde ketiga, 10 September mendatang.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 06 Agu 2024, 23:00 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2024, 23:00 WIB
Rumput Lapangan Stadion GBK Dirombak Total
Pekerja melakukan pengerjaan revitalisasi rumput lapangan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu (26/6/2024). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia bakal menghadapi Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde ketiga, 10 September mendatang.

Laga tersebut semula dijadwalkan bergulir di Gelora Bung Tomo, Surabaya, karena SUGBK akan dipakai untuk menyambut tamu negara Paus Fransiskus.

Namun, demi memaksimalkan dukungan suporter, PSSI mengubah lokasi pertandingan timnas Indonesia. "Perubahan tempat. Pertandingan Kualifikasi Ronde 3 Piala Dunia 2026 sekarang akan dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta," tulis dari akun resmi Instagram @socceroos.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga menyatakan pihaknya intens berkomunikasi dengan Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK) dan juga sudah berkomunikasi dengan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) terkait pemilihan GBK.

"Kita sekarang intens banget koordinasi dengan GBK dan melihat peluang dari GBK untuk dipakai sebagai venue untuk round 3 melawan Australia pada 10 September," kata Arya.

"Kami sudah mengajukannya ke AFC juga sehingga mungkin Australia dapat informasi dari AFC ya soal lapangan tersebut. Tapi kemarin kita sudah kunjungan ke GBK dan mereka lagi progres terus untuk memperbaiki rumput."

"Mereka kabarnya juga akan mencari rumput tertentu di daerah Jawa untuk bisa dipakai secepatnya untuk memperbaiki GBK, sehingga bisa dipakai untuk round 3," lanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Alasan Timnas Indonesia Jamu Australia di SUGBK

Timnas Indonesia vs Filipina: Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026
Suporter Timnas Indonesia saat melawan Filipina pada laga terakhir Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Terkait kembali dipilihnya GBK, Arya mengatakan pihaknya ingin memberikan ruang lebih besar bagi suporter untuk mendukung di stadion.

"Kenapa ke GBK, karena kita ingin memberikan ruang-ruang besar kepada suporter dan penonton supaya secara kapasitas bisa menonton di GBK karena di sana bisa sampai 75 ribu kapasitasnya," jelasnya.

"Dengan itu kita harapkan makin banyak orang yang berpartisipasi. Jadi satu sisi lebih ke persiapan teknis dan kedua adalah karena kita ingin jumlah orang yang nonton itu banyak kalau di GBK," tambahnya.


Misi Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia vs Vietnam: Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia
Dua pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner (kiri) dan Rizky Ridho berbaris merayakan kemenangan 1-0 atas Vietnam di hadapan para suporter setelah berakhirnya laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Timnas Indonesia membutuhkan banyak dukungan demi mewujudkan impian tampil di Piala Dunia 2026. Ronde ketiga kualifikasi zona Asia merupakan kesempatan pertama bagi pasukan Shin Tae-yong untuk merebut tiket ke turnamen di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Indonesia bakal lolos jika menempati dua besar Grup C. Selain Australia, Rizky Ridho dan kawan-kawan juga mesti bersaing melawan Jepang, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya