Daftar Para Juara Turnamen Keseruan 3 Dekade Dash Basketball

3 Dekade Dash Basketball mempertandingankan 10 kategori. Diharapkan bisa mengairahkan bola basket di Indonesia.

oleh Thomas diperbarui 29 Agu 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2024, 14:00 WIB
Keseruan 3 Dekade Dash Basketball
Keseruan 3 Dekade Dash Basketball

Liputan6.com, Jakarta- 3 Dekade Dash Basketball sukses digelar pada momen HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-19 pada 17 dan 18 Agustus 2024. Tim alumni SMAN 3 Jakarta tampil jadi juara bersama tim alumni kampus Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran dan Universitas Trisakti.

Digelar sejak pertengahan Juli, kompetisi 3 Dekade Dash Basketball yang digagas oleh Dash Sports adalah turnamen pertama di Indonesia yang memperkenalkan format kompetisi antara tim alumni sekolah menengah dan universitas, serta tim komunitas dan beragam kelompok umur dari SMP dan SMA.

Melanjutkan legenda kompetisi, ajang yang hadir menjadi platform reuni akbar bagi tim bola basket sekolah ini terbukti mendapatkan apresiasi dan antusiasme tinggi dari berbagai kalangan yang tidak hanya hadir meramaikan arena kompetisi namun sekitar lebih dari 5000 pengunjung gelaran turut mensemarakkan tribun penonton di 3 lokasi penyelenggaraan; GOR Otista, Pulogadung dan Bulungan Jaksel. Mengangkat semangat persahabatan dan nostalgia, acara ini diakui memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta bola basket di seluruh tanah air, khususnya di wilayah Jabodetabek.

Event Management Dash Sports & Event Director 3Dekade Dash Basketball, Andrie Rhesa Prastanto menjelaskan bahwa 3 Dekade Dash Basketball yang digelar mulai 13 Juli ini membawa 20 tim dari keseluruhan 60 tim yang berlaga dalam 10 kategori ke babak final yang digelar tepat pada momen HUT Kemerdekaan RI ke-79, yaitu pada tanggal 17 dan 18 Agustus 2024 di Gelanggang Olahraga Bulungan Jakarta Selatan.

“Selamat kepada tim terbaik, terutama tim alumni SMA 3 Jakarta, tim alumni Universitas Trisakti dan Padjajaran Bandung, serta SMAN 6 Jakarta, Damon Ballors, CGR dan ROAR. Menghadirkan 3 Dekade Basketball, Dash Sports turut meramaikan industri dan olahraga bola basket Indonesia. Menjawab antusiasme besar masyarakat dan industri olahraga nasional, Dash Sports berkomitmen untuk memberikan platform kejuaraan olahraga, dimana pada kategori beragam kelompok umur (10 tahun, 12 dan 14 tahun serta SMA), diharapkan dapat bermunculan atlet muda berbakat dari event kita ya, KU ada yang U-10, 12, 14. Kami juga mendapatkan dukungan dari sponsor untuk misi yang satu ini, semoga bisa konsisten dan bisa melahirkan bibit atlet dari event-event olahraga yang digagas oleh Dash Sports ini," ujar CEO dan penggagas Dash Sports, Alit Aryaguna menyampaikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


10 Kategori

Keseruan 3 Dekade Dash Basketball
Keseruan 3 Dekade Dash Basketball

3 Dekade Dash Basketball mempertandingkan 10 kategori yang terbagi dalam High School Alumni yang terbagi dalam sub-kategori Men 1993-2002, University Alumni terbagi dalam sub-kategori Men 2003-2012 dan 2013-2022 dan Open Community dengan sub kategori Men umur 30+ dan 40+, High School Student Men serta Kategori Umur 10 Mix & 12 dan 14 Putera serta Eksibisi, menyediakan total hadiah senilai lebih dari Rp100 juta.

Peserta tim alumni SMA 34 dari kategori angkatan 1993-2002 sekaligus musisi, Fadli Wardhana menyampaikan, “Ajang 3 Dekade sempat jadi pionir untuk kompetisi basket, event brand sudah bagus, makanya musti terus digelar ke depan, jangan sampai berhenti. Sangat positif untuk perkembangan olahraga bola basket di Indonesia, karna mempertemukan pegiat basket lintas umur, bukan hanya nostalgia tetapi juga bisa menjadi wahana pembibitan. Perlu kolaborasi dengan pihak-pihak strategis lainnya, misalnya dengan IBL, Federasi, sponsor besar biar tambah mantap.”


Para Tim yang Sukses Jadi Juara

Senada dengan Fadli, rekan satu tim, alumni SMA 34 sekaligus artis dan penyanyi, Yosi “Project Pop” Mokalu menuturkan bahwa ajang 3 Dekade membuktikan komitmen penyelenggaraan event olahraga yang baik, sekaligus memperlihatkan animo peserta dan penonton yang demikian tinggi. Oleh karena itu dirinya berharap di waktu mendatang event 3 Dekade Dash Basketball masih akan berlangsung, menjaga terus komitmen dan konsistensi, karena begitu banyak pegiat olahraga ini yang masih membutuhkan platform kompetisi sambil menjalin hubungan baik dengan teman-teman.

“Saya mendukung sekali akan hal ini dan siap berpartisipasi demi tidak hanya perkembangan positif olahraga bola basket nasional, namun juga nilai-nilai sportifitas dari olahraga bola basket yang dapat menginspirasi, respect the game. Semoga ajang 3 Dekade Dash Basketball semakin bergengsi!” tutup Yosi bersemangat.

Ajang final 3 Dekade Dash Basketball yang digelar pada 17-18 Agustus 2024 mempertemukan SMA 3 Jakarta menghadapi SMA 34 Jakarta di kategori Alumni SMA angkatan 1993-2002, dengan skor akhir 63-49 untuk SMA 3.

Selain itu di kategori alumni Universitas 2003-2012, Universitas Trisakti memenangkan pertandingan melawan Universitas Moestopo dengan skor akhir 62-54, di kategori alumni Universitas 2003-2012, Universitas Padjajaran Bandung berhasil unggul melawan Universitas Indonesia dengan skor akhir 49-42.

Kategori SMA dimenangkan oleh SMAN 6 Jakarta, mengalahkan SMA Al-Izhar dengan skor 76-29. Di kategori kelompok umur 10 tahun tim CGR menjadi juara setelah mempecundangi tim Cougar Merah dengan skor 28-24, di kategori umur 12 tahun, tim basket Roar meraih tempat terbaik, mengalahkan tim Cougar dengan skor akhir 67-27, dan di kategori umur 14 tahun, tim CGR menang melawan tim SABC Jaguar dengan skor 40-35.

Sementara itu di kategori Komunitas, di kelompok umur 30+, tim Damon Ballers berhasil tampil juara, mengalahkan tim DOSS dengan skor 63-37, di kelompok umur 40+, tim Damon Ballers unggul melawan tim Gaya Motor dengan skor 64-41. Di kategori eksibisi, Tim Dash Sports menang melawan Tim Diadora dengan skor akhir 45-38.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya