Vinicius Junior Ancam Real Madrid Bakal Tinggalkan Lapangan Jika Rasisme Kembali Terjadi

Vinicius Junior menyatakan dengan tegas bahwa dia dan rekan-rekannya di Real Madrid siap meninggalkan lapangan jika kembali menjadi korban pelecehan rasial dari penggemar LaLiga musim ini.

oleh Rahmat Fathurahman diperbarui 30 Agu 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2024, 12:00 WIB
Foto: Detik-detik Vinicius Junior Diusir Wasit setelah Sepanjang Laga Mendapat Perlakuan Rasis dari Suporter Valencia
Striker Real Madrid, Vinicius Junior menunjuk oknum suporter Valencia yang terus mengejeknya dengan ejekan rasis pada laga pekan ke-35 Liga Spanyol 2022/2023 di Mestalla Stadium, Valencia, Senin (22/5/2023) dini hari WIB. (AFP/Jose Jordan)

Liputan6.com, Jakarta - Vinicius Junior menyatakan dengan tegas bahwa dia dan rekan-rekannya di Real Madrid siap meninggalkan lapangan jika kembali menjadi korban pelecehan rasial dari penggemar LaLiga musim ini.

Pemain Brasil itu sudah beberapa kali menjadi sasaran pelecehan dari suporter tim lawan, termasuk insiden di Stadion Mestalla pada Mei 2023. Kini, Vinicius bertekad untuk melawan dengan tindakan nyata jika hal serupa terulang kembali.

Insiden tersebut menyebabkan tiga oknum dipenjara pada awal tahun ini, menjadikannya vonis pertama dari pelanggaran ini di Spanyol.

Vinicius terus mengalami serangan rasial di berbagai stadion, termasuk Barcelona, Mallorca, Real Valladolid, Pamplona, Sevilla, dan dalam derby melawan Atletico Madrid.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rasisme Terlalu Sering Terjadi di Spanyol

LaLiga Spanyol Valencia Vs Real Madrid
Penyerang Real Madrid Brasil #07 Vinicius Junior merayakan gol pertama timnya selama pertandingan sepak bola liga Spanyol antara Valencia CF dan Real Madrid di stadion Mestalla di Valencia, Minggu (3/3/2024) dini hari WIB. (Jose Jordan / AFP)

Dalam sebuah wawancara dengan CNN, Vinicius mengatakan jika insiden seperti di Valencia terulang kembali, ia dan timnya akan mengambil langkah yang berbeda.

"Di klub, kami lebih sering membicarakannya, bukan hanya saya, tetapi semua pemain mengatakan bahwa jika itu terjadi, lain kali semua harus meninggalkan lapangan, sehingga semua orang yang menghina kami harus membayar denda yang jauh lebih besar," tegas Vinicius.

"Dalam kasus yang terjadi di Valencia, setelah pertandingan -- setelah kami memikirkannya -- semua orang mengatakan bahwa hal yang benar untuk dilakukan adalah meninggalkan lapangan. Tetapi karena Anda ada di sana untuk membela sebuah tim, kami tahu bahwa tidak semua orang di stadion itu rasis dan hanya ada di sana untuk menonton pertandingan."

"Selalu sulit untuk mengakhiri pertandingan, tetapi dengan semua yang telah terjadi dan semakin memburuk, kami harus meninggalkan lapangan agar keadaan dapat berubah secepat mungkin." sambungnya, dilansir oleh ESPN.

 


Vinicius Jr Ubah Pola Pikir Spanyol

FOTO Real Madrid Vs Braga
Para pemain Real Madrid menyambut suka cita gol yang dicetak Vinicius Junior ke gawang Braga pada lanjutan Liga Champions 2023/2024 kontra Braga di Santiago Bernabeu, Kamis (9/11/2023) dini hari WIB. (AP Photo/Jose Breton)

LaLiga sudah coba beraksi dengan mengumpulkan bukti pelecehan rasis dan menyerahkannya kepada jaksa setempat. Tetapi, dalam beberapa kasus, jaksa memutuskan untuk tidak melanjutkan tuntutan.

Operator kompetisi pun meminta Pemerintah Spanyol untuk merevisi undang-undang agar bisa langsung menghukum pelaku, dan memuji langkah tegas Valencia yang memberi pesan kuat dengan menjerat perilaku di stadion.

"Hari ini saya sudah melihat dan merasakan perbedaan di Spanyol, hari ini -- mungkin [beberapa penggemar] masih rasis -- tetapi sekarang mereka takut mengekspresikan diri di lapangan sepak bola, dan di tempat-tempat yang banyak kameranya," kata Vinícius.

"Dan dengan itu, kita akan mengurangi rasisme, sedikit demi sedikit. Tentu saja, kita tidak akan mampu mengakhirinya, tetapi saya sudah senang karena saya mampu mengubah pola pikir orang Spanyol." sambungnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya