Raja Smash Liem Swie King Ungkap Momen Paling Berkesan Sepanjang Kariernya: Termasuk Duel Kontra Rudy Hartono

Legenda bulu tangkis Indonesia Liem Swie King baru-baru ini mengungkap momen paling berkesan selama karier profesionalnya. Salah satunya ialah keberhasilan menjuarai turnamen bergengsi, All England.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 14 Sep 2024, 05:00 WIB
Diterbitkan 14 Sep 2024, 05:00 WIB
Liem Swie King
Liem Swie King menyebut keberhasilan menjuarai gelar-gelar bergengsi sepert All England dan Thomas Cup menjadi bagian dari momen tak terlupakan sepanjang kariernya. (Bola.com/Reza Bachtiar)

Liputan6.com, Jakarta - Mantan pebulu tangkis legendaris Indonesia, Liem Swie King, baru-baru ini membeberkan momen paling berkesan sepanjang karier profesionalnya di kancah badminton.

Pria yang pernah dijuluki king of smash berkat gaya permainan yang kental dengan smash kuat itu menyebut keberhasilan memenangkan gelar-gelar bergengsi umumnya jadi peristiwa yang tak terlupakan.

Namun di luar itu, kesuksesan menaklukkan senior sekaligus sosok idolanya Rudy Hartono di final All England juga turut menjadi pegalaman spesial dalam kiprahnya sebagai pebulu tangkis.

Sekadar informasi, rivalitas Liem Swie King dan Rudy Hartono memang sempat tersaji di partai puncak turnamen badminton tertua edisi 1976 dan 1978. King yang tergolong prima dan ada di performa terbaik ketika itu kalah secara mengejutkan dari seniornya di pelatnas.

Dia takluk relatif cepat dengan 7-15 dan 5-15, padahal sebelumnya sempat melewati pemain-pemain kuat tanpa hambatan berarti di babak perempat final serta semifinal.

Kekalahan tersebut sebenarnya sempat jadi semacam kontroversi lantaran ada kecurigaan Liem Swie King diminta mengalah pada seniornya demi menciptakan sejarah baru sebagai pemain yang mampu mengoleksi 8 gelar All England di nomor tunggal putra.

Akan tetapi, tak ditemukan bukti yang mendukung dugaan tersebut. Liem Swie King pada akhirnya mampu 'balas dendam' dengan menaklukkan Rudy Hartono di final kompetisi serupa pada 1978.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Momen Berkesan Liem Swie King

Liem Swie King
Legenda bulu tangkis Indonesia Liem Swie King mengaku heran dengan performa wakil tunggal putra Merah Putih di Olimpiade Paris 2024. Hal ini dia sampaikan saat diwawancarai awak media di sela-sela Audisi Umum PB Djarum 2024 di GOR Djarum, Jati, Kudus pada Kamis (12/9/2024). (Liputan6.com/Melinda Indrasari)

Keberhasilan menjuarai All England kala itu rupanya menjadi bagian dari pengalaman berkesan dalam karier gemilang Liem Swie King. Talenta jebolan PB Djarum itu juga menyebut, kesuksesan memenangkan Thomas Cup 1984 sebagai momen tak terlupakan saat menjadi pebulu tangkis.

"(Kejuaraan paling berkesan) banyak, terutama yang event besar seperti All England, Thomas Cup. Waktu itu yang besar (skalanya) kan itu-itu saja. Itu paling berkesan," ucap Liem Swie King saat diwawancarai awak media di sela-sela Audisi Umum PB Djarum di GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah.

"Pertama juara All England juga kan itu, dari anak muda begitu bisa juara. Dulu idola saya kan Rudy Hartono. Saya bisa ngalahin waktu itu, (padahal) dulu cuma bermimpi. Itu event-event yang saya tidak lupa sampai sekarang."

"Thomas Cup juga begitu, bisa memenangkan itu juga kenangan yang tidak terlupakan di (edisi) 1984," sambung mantan pebulu tangkis berusia 68 tahun tersebut.


Musuh Terberat

Liem Swie King - Superliga Junior 2018
Legenda bulu tangkis Indonesia Liem Swie King berpose dengan Piala Liem Swie King untuk U19 Putra Kejuaraan Superliga Junior 2018. (foto: istimewa)

Sementara itu terkait lawan, Liem Swie King juga blak-blakan mengaku tak suka menghadapi rival yang tampil ulet. Beberapa di antaranya termasuk Han Jian, Morten Frost, hingga Icuk Sugiarto.

"(Musuh yang paling malas ditemui) Han Jian, Morten (Frost) juga. Itu orang ulet-ulet, pemain ulet semua, Han Jian sama Morten," ucap King.

"Sesama Indonesia yang ulet waktu itu sih Icuk Sugiarto, tetapi kan dia muncul setelah saya sudah agak senior, tidak dalam fase galak. Ya tapi tipe ulet-ulet begitu yang saya tidak suka," tambahnya kepada awak media.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya