Manchester United Bersih-Bersih, Ratcliffe Berani PHK Sir Alex Ferguson

Ratcliffe memutuskan tidak lagi memakai jasa Sir Alex Ferguson demi menyeimbangkan neraca keuangan Manchester United.

oleh Thomas diperbarui 16 Okt 2024, 09:00 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2024, 09:00 WIB
Foto: 5 Manajer Tercepat yang Mampu Kantongi 500 Poin dalam Sejarah Liga Inggris
Sir Alex Ferguson saat masih melatih Manchester United (AFP/Patricia De Melo Moreira)

Liputan6.com, Jakarta- Sir Jim Ratcliffe melanjutkan perombakan besar-besaran di Manchester United. Dia berani mengambil keputusan tak populer demi menyeimbangkan neraca keuangan klub. Yang terbaru, Ratcliffe mendepak manajer legendaris Sir Alex Ferguson.

Selama ini Ferguson dikenal sebagai pelatih terbaik sepanjang masa di MU. Setelah pensiun di tahun 2013, Ferguson masih bekerja untuk MU. Pria Skotlandia itu menjabat sebagai duta global klub dan juga direktur klub.

MU mengeluarkan dana jutaan poundsterling untuk menggaji Ferguson sebagai duta global klub. Meski rincian gaji Sir Alex tak diungkap. Ferguson juga sering menyaksikan langsung aksi MU di Old Trafford setiap tahunnya.

Kini kehadiran Ratcliffe mengubah segalanya. Membuat Ferguson harus benar-benar tidak lagi terikat pekerjaan dengan MU. Ratcliffe memutuskan mendepak Sir Alex Ferguson sebagai duta global dan direktur klub pada akhir musim ini.

Keputusan ini muncul setelah terjadi pembicaraan langsung antara Ferguson dengan Ratcliffe. Hasil pertemuan diputuskan Ferguson tidak lagi bekerja untuk MU karena Ratcliffe ingin memangkas biaya yang dirasa tidak terlalu diperlukan demi menginvestasikan uang untuk membangun ulang tim.

Meski sudah tidak lagi bekerja sebagai duta global, Sir Alex Ferguson akan tetap disambut dengan baik bila ingin menyaksikan langsung pertandingan Setan Merah di Stadion Old Trafford.

MU Sebelumnya Pecat 250 Pegawai

Banner pemilik baru Manchester United Sir Jim Ratcliffe
Banner pemilik baru Manchester United Sir Jim Ratcliffe (AFP)

Pemecatan Ferguson ini sebagai bagian lanjutan dari langkah strategis Ratcliffe membenahi keuangan MU. Sebelumnya Ratcliffe juga sudah memecat 250 pegawai MU demi menghemat pengeluaran sebesar 10 juta poundsterling per tahunnya.

Keuangan klub jadi salah satu yang disorot Ratcliffe sejak resmi dipercaya mengurus MU pada awal tahun ini. Ratcliffe tidak ingin The Red Devils menghambur-hamburkan uang untuk pengeluaran yang tidak berguna.

Varane dan Martial Juga Terbuang dari Manchester United

Tak cuma staf dan Ferguson yang jadi korban ketegasan Sir Jim Ratcliffe. Pemain-pemain MU yang bergaji besar tapi minim kontribusi juga bakal ditendang dari Old Trafofrd.

Di musim panas 2024, ada dua nama yang sudah jadi korban yakni bek tengah Raphael Varane dan striker Anthony Martial. Kontrak keduanya tidak diperpanjang oleh Ratcliffe karena bergaji besar tapi jarang bermain.

Klasemen Liga Inggris

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya