Keberadaan Patung Persib Masih Diliputi Misteri

Patung Persib yang berada di persimpangan Jalan Tamblong, masih menjadi perhatian para pecinta bola di Bandung.

oleh a.yani diperbarui 30 Jul 2013, 08:30 WIB
Diterbitkan 30 Jul 2013, 08:30 WIB
patung-persib-130729c.jpg
Di Kota Bandung, Jawa Barat, ada sebuah patung orang yang sedang bermain sepakbola. Letak patung tersebut berada di persimpangan Jalan Tamblong, Bandung.

Patung yang kerap disebut "patung Persib" itu, sering menjadi perhatian para pecinta bola di Bandung, termasuk kelompok suporter Persib, Viking Persib Club. Setiap peringatan ulang tahun Viking maupun Persib, Bobotoh selalu memandikan patung yang menjadi simbol gelora sepakbola di Bandung.

Panglima Viking Persib Club, Ayi Beutik, mengatakan, kegiatan memandikan atau membersihkan patung yang menjadi ikon sepakbola Bandung itu, memang sudah menjadi ritual khusus bagi kelompok suporter terbesar Persib ini.

"Acara membersihkan patung yang juga menjadi ikon Persib memang sudah menjadi ritual Viking setiap tahunnya. Ritual itu sendiri dilakukan saat Viking merayakan hari jadinya. Kita akan kembali melakukan ritual itu untuk tahun-tahun berikutnya," kata Ayi.

Namun, terlepas dari masalah itu. Patung bola itu masih diliputi mitseri. Sampai sekarang siapa sebenarnya sosok yang digambarkan dalam patung tersebut dan mengapa didirikan, masih belum terjawab.

Patung itu disebut-sebut sebagai sosok legenda Adjat Sudradjat tersebut. Namun, ada pula yang mengatakan patung itu adalah patung Robby Darwis. Menurut salah seorang pengurus PSSI Jabar, Maulana Kustiawan, kepada Persib.co.id, Senin (29/7/2013), patung itu bukan untuk perorangan, namun untuk warga Jabar khususnya Bandung.

"Hanya waktu itu yang menjadi model pembuatan patung adalah Ajat Sudradjat," kata Maulana.

Adik dari mantan pemain Persib, Dede Iskandar ini, menjelaskan, penghargaan berupa patung kepada Jabar khusunya Bandung, karena dinilai menjadi salah satu daerah pemasok pemain bola terbaik dan terbanyak saat itu.

Menurut dia, anggapan patung di Jalan Tamblong sebagai patung Ajat Sudrajat, karena kualitas permainannya dianggap lebih baik dibanding pemain lainnya saat itu. Patung itu pun menjadi bentuk apresiasi atas kebangkitan tim sepak bola kebanggaan warga Kota Bandung dan Jabar tersebut.

"Salah satu sponsor kompetisi waktu itu ingin memberikan apresiasi. Kalau kebijakan menempatkan di Jalan Tamblong itu dari pemerintah saat itu Wali Kota Bandung adalah Pak Ateng Wahyudi," ungkapnya.

Selain itu, patung karya seniman terkemuka, I Nyoman Nuarta tersebut pun untuk menunjukkan jika Bandung adalah kota sepakbola. Terlebih saat awal 1990-an Persib merayakan kemenangan menjuarai Liga Perserikatan edisi 1993-1994 dan Liga Indonesia 1994-1995.(Persib.co.id)

Baca juga:
* <a href="http://bit.ly/18O5Sn2">Inilah Sosok Incaran Spurs Jika Ditinggal Bale</a>
* <a href="http://bit.ly/16g59Y6">Pencetak Gol Pertama Liga Inggris Akhirnya Terungkap</a>
* <a href="http://bit.ly/11r141v">Lupakan Thiago Silva, Barcelona Fokus Pada Bek Chelsea</a>
* <a href="http://bit.ly/1bDKPEQ">Gaji Baru Bagi Ibrahimovic</a>
* <a href="http://bit.ly/13qLHDZ">Benitez Meninggal, Valencia dan Falcao Tak Percaya</a>
* <a href="http://bit.ly/18O74XO">Ninas, Kumpulan Wanita Indonesia Pengagum Real Madrid</a>
* &lt;a href="http://bit.ly/11r1Jjn"&gt;Capello: Dominasi Tiki-Taka Telah Berakhir&lt;/a&gt;

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya