Ragam Hoaks Janjikan Hadiah Menggiurkan: Mulai dari Saldo DANA Gratis hingga Uang Rp 50 Juta

Belakangan banyak sekali hoaks yang tersebar di media sosial maupun aplikasi percakapan yang menjanjikan hadiah

oleh Liputan6.com diperbarui 13 Mar 2021, 16:00 WIB
Diterbitkan 13 Mar 2021, 16:00 WIB
Ilustrasi hoax
Ilustrasi hoax. (via: istimewa)

Liputan6.com, Jakarta- Belakangan banyak sekali pesan hoaks yang tersebar di media sosial maupun aplikasi percakapan yang menjanjikan hadiah tertentu seperti barang dan uang tunai. Pesan ini dibuat oknum tertentu untuk meraup keuntungan dengan jalan penipuan.

Tak jarang, pesan berantai ini mencatut nama perusahaan besar agar masyarakat terperdaya. Dalam hal ini, tentu kita harus berhati-hati. Berikut ragam hoaks yang menjanjikan hadiah yang belakangan ramai di media sosial.

1. Hoaks Undian Berhadiah Uang hingga Mobil dari Bank Indonesia

Beredar sebuah pesan undian berhadiah melalui SMS hingga WhatsApp mengatasnamakan Bank Indonesia. Disebutkan kalau penerima pesan ini memenangkan hadiah uang tunai hingga mobil.

Berikut ini pesan yang mengatasnamakan Bank Indonesia:

"YTH nasabah BANK INDONESIA

Anda resmi terpilih pemenang ke(2) dengan PIN Pemenang:02579120 dari BANK INDONESIAINFO lengkap klik www.program-bi.online".

Di pesan lainnya, ada yang menyebutkan hadiah dalam bentuk mobil. Pesan itu juga menyisipkan sebuah link untuk diklik.

Lalu, benarkah pesan yang mengklaim undian berhadiah dari Bank Indonesia? Simak dalam artikel berikut ini: https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4435859/cek-fakta-hoaks-undian-berhadiah-uang-hingga-mobil-dari-bank-indonesia

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Selanjutnya

Ilustrasi Hoax
Ilustrasi Hoax. (Liputan6.com/Rita Ayuningtyas)

2. Hoaks Pesan Berantai DANA Bagikan Uang Tunai via Telegram

Beredar di aplikasi percakapan Whatsapp pesan berantai soal dompet digital DANA membagikan uang tunai gratis. Pesan berantai tersebut ramai dibagikan sejak beberapa waktu lalu.

Dalam pesan berantai terdapat link tautan untuk diisi pengguna sebelum mendapatkan uang tunai. Berikut isi pesan berantainya:

"Penghasil saldo Dana nih🔥Sekali Klik dapat 10 RB, syaratnya yang penting punya aplikasi TELEGRAM 👉🏻https://t.me/uangtunai_bot?start=r01515775230"

Lalu benarkah Dana sedang mengadakan program tersebut seperti yang tersebar dalam pesan berantai? Simak dalam artikel berikut ini: https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4466750/cek-fakta-hoaks-pesan-berantai-dana-bagikan-uang-tunai-via-telegram

3. Hoaks Pesan Berantai Bank CIMB Niaga Janjikan Hadiah Rp 50 Juta

Beredar melalui media sosial akun yang mengatasnamakan Bank CIMB Niaga. Akun instagram tersebut mengirimkan pesan pribadi menjanjikan hadiah pada pengguna.

Dalam pesan berantai yang dikirim melalui DM Instagram, akun palsu itu mengklaim Bank CIMB Niaga sedang memberikan hadiah sebesar Rp 50 juta. Dalam pesan berantai tersebut juga menyertakan tautan ke halaman tertentu.

Akun itu menjelaskan tautan yang ada harus diisi dan digunakan untuk data pemenang sehingga hadiah bisa dicairkan.

Lalu benarkah Bank CIMB Niaga sedang membagikan hadiah Rp 50 juta dan meminta pengguna mengisi data melalui link yang disertakan? simak dalam artikel berikut ini https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4501145/cek-fakta-waspada-pesan-berantai-palsu-catut-bank-cimb-niaga-janjikan-hadiah-rp-50-juta?source=search

 

 


Selanjutnya

4. Hoaks Pesan Berantai KFC Mengadakan Promo Gratis Family Bucket

Dan yang terbaru, melalui pesan berantai bahwa KFC mengadakan promo gratis family bucket untuk memperingati hari perempuan sedunia dengan mengisi survei.

Informasi tersebut beredar melalui aplikasi percakapan WhatsApp. Isi informasi promo KFC gratis family bucket untuk memperingati hari perempuan sedunia berupa tautan yang disertakan dengan keterangan sebagai berikut:

"KFC women's DayMenangkan KFC Kombo Super Family Bucket

dengan Menyelesaikan Survei

https://bit.ly/KFC-GratisFamilyBucket?c=www.kfcku.com"

Lalu benarkah KFC mengadakan promo gratis family bucket untuk memperingati hari perempuan sedunia? Simak dalam artikel berikut ini https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4501335/cek-fakta-hoaks-promo-kfc-gratis-family-bucket-untuk-memperingati-hari-perempuan-sedunia

(MG/Retno Dwi Marcelina)


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya