Cek Fakta: Tidak Benar Pembalap Indonesia Juara di F1 Austria

Beredar di media sosial postingan yang menyebut pembalap Indonesia juara di F1 Austria. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

oleh Liputan6.com diperbarui 15 Jul 2022, 15:00 WIB
Diterbitkan 15 Jul 2022, 15:00 WIB
Cek Fakta pembalap Indonesia juara F1 Austria
Cek Fakta pembalap Indonesia juara F1 Austria

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan yang menyebut pembalap Indonesia juara di F1 Austria. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 11 Juli 2022.

Dalam postingannya terdapat foto bendera merah putih di atas podium. Postingan tersebut disertai narasi:

"Akhirnya Indonesia berjaya di ajang Formula 1 pada grandprix f1 #austria tadi malem....Oopss...tapi boong, ada yg tau itu bendera negara mana? Yg persis sprti indonesia"

Lalu benarkah postingan yang menyebut pembalap Indonesia juara di F1 Austria?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan mengunjungi website resmi F1, Formula1.com. Dalam website tersebut terdapat artikel berjudul "Leclerc shrugs off late reliability scare to overhaul Verstappen for Austrian Grand Prix victory" yang tayang pada 10 Juli 2022.

Dalam artikel dijelaskan bahwa pemenang dalam F1 Austria adalah Charles Leclerc dari tim Ferrari. Sementara di posisi kedua adalah Max Verstappen dan diikuti Lewis Hamilton di posisi ketiga.

Lecrec sendiri adalah pembalap asal Monako yang punya bendera negara identik dengan Indonesia yakni Merah Putih.

Dilansir dari artikel Liputan6.com berjudul "Seperti RI dan Monako, Negara Ini Memiliki Warna Bendera yang Mirip" yang tayang pada 21 Agustus 2020, bendera Indonesia dan Monako memang mirip.

Namun yang membedakan dari bendera Indonesia dan Monako adalah dimensi bendera Indonesia lebih panjang. Selain itu Bendera Monako didasarkan pada warna heraldik pada perisai lengan Pangeran Monegasque, dan bendera Indonesia berasal dari asosiasinya dengan kerajaan Majapahit.

Sumber:

https://www.formula1.com/en/latest/article.leclerc-shrugs-off-late- reliability-scare-to-overhaul-verstappen- for.15sh3VKHXNeDyFc4FJO65i.html

https://www.liputan6.com/global/read/4334785/seperti-ri-dan- monako-negara-ini-memiliki-warna-bendera-yang-mirip


Kesimpulan

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Postingan yang menyebut pembalap Indonesia juara di F1 Austria adalah tidak benar. Faktanya yang juara adalah Charles Leclerc dari Monako yang punya bendera mirip dengan Indonesia yakni Merah Putih.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya